Persamaan Aljabar Mudahkan Belajar Akuntansi

YOGYAKARTA, (PRLM).- Matematika jenis persamaan aljabar menjadi metode pengajaran yang mampu mempermudah memahami akuntasi. Metode baru tersebut digagas oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi (FEB) UGM Dr. Sony Warsono, MAFIS menyatakan, persamaan aljabar merupakan pelajaran matematika dasar di sekolah dasar (SD). Ketika diterapkan sebagai basis memahami akuntansi, hasilnya sangat mencengangkan.

Berdasarkan percobaan dalam kuliah di fakultas tersebut, menurut dia, persamaan aljabar bisa mengantarkan mahasiswa lebih cepat memahami dasar-dasar akuntansi dan umumnya merasa bisa lebih mudah belajar ilmu ini. “Hal penting, persamaan aljabar menjadikan mahasiswa antusias dan secara benar memahami akuntansi keuangan,” ujar dia, Minggu (24/7).

Menurut dia metode tersebut termasuk temuan baru. Selama ini pengajaran akuntansi harus mengacu pada model standar. Dari penerapan persamaan aljabar, akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa metode pengajaran akuntansi harus dibarengi dan diimbangi pengetahuan matematika.

Dari penerapan persamaan aljabar, bisa ditarik pola baru dalam pengajaran akuntansi kepada mahasiswa jangan langsung mengarahkan ke model debet, kredit dan silabus-silabus standar akuntansi. Itu menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang mengenal akuntansi.

Penulis buku “Reformasi Akuntansi, membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi” menyatakan para mahasiswa jangan pesimis untuk memasuki ilmu akuntansi dengan adanya temuan pendekatan memahami ilmu ini dengan matematika dasar tersebut. (A-84/das)***

Baca Juga

Antisipasi Mudik, Organda Yogyakarta Siapkan 1.180 Bus

YOGYAKARTA, (PR).- Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY siap menambah jumlah armada untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2016.

Upaya yang dilakukan antara lain adalah dengan menyiapkan jumlah unit bus AKAP cadangan.

15 Pesan Menkes Agar Mudik Aman dan Tetap Sehat

JAKARTA, (PR).- Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia disibukkan dengan tradisi mudik. Pulang ke kampung halaman berkumpul dengan keluarga tercinta. Sayangnya, potensi kecelakaan dan gangguan kesehatan juga terjadi saat mudik.

Harmonisasi Peran Ayah-Ibu, Kunci Suksenya Pengasuhan

PERINGATAN hari ayah sedunia yang jatuh pada 19 Juni lalu diperingati oleh sebagian masyarakat Indonesia dengan berbagai cara. Peringatannya memang tak gegap gempita layaknya hari ibu yang lazim diperingati dengan berbagai kegiatan.

Polisi Amankan Ratusan Petasan dan Bubuk Mesiu

CILACAP, (PR).- Kepolisian Sektor Kedungreja Polres Cilacap Jawa Tengah menggrebek dua rumah pembuat mercon di Dusun Kedungdadap, Desa Rejamulya, Kecamatan Kedungreja. Dua orang pembuat dan pengedar petasan polisi menyita 7 kilogram bubuk mesiu dan ratusan petasan siap jual.