Metode Baru Gagasan Dosen UGM

Persamaan Aljabar Mudahkan Belajar Akuntansi

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Matematika jenis persamaan aljabar menjadi metode pengajaran yang mampu mempermudah memahami akuntasi. Metode baru tersebut digagas oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi (FEB) UGM Dr. Sony Warsono, MAFIS menyatakan, persamaan aljabar merupakan pelajaran matematika dasar di sekolah dasar (SD). Ketika diterapkan sebagai basis memahami akuntansi, hasilnya sangat mencengangkan.

Berdasarkan percobaan dalam kuliah di fakultas tersebut, menurut dia, persamaan aljabar bisa mengantarkan mahasiswa lebih cepat memahami dasar-dasar akuntansi dan umumnya merasa bisa lebih mudah belajar ilmu ini. “Hal penting, persamaan aljabar menjadikan mahasiswa antusias dan secara benar memahami akuntansi keuangan,” ujar dia, Minggu (24/7).

Menurut dia metode tersebut termasuk temuan baru. Selama ini pengajaran akuntansi harus mengacu pada model standar. Dari penerapan persamaan aljabar, akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa metode pengajaran akuntansi harus dibarengi dan diimbangi pengetahuan matematika.

Dari penerapan persamaan aljabar, bisa ditarik pola baru dalam pengajaran akuntansi kepada mahasiswa jangan langsung mengarahkan ke model debet, kredit dan silabus-silabus standar akuntansi. Itu menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang mengenal akuntansi.

Penulis buku “Reformasi Akuntansi, membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi” menyatakan para mahasiswa jangan pesimis untuk memasuki ilmu akuntansi dengan adanya temuan pendekatan memahami ilmu ini dengan matematika dasar tersebut. (A-84/das)***

Baca Juga

Almarhum Soefjan Tsauri Dikebumikan di Gresik

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Ilmuwan yang juga mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Soefjan Tsauri (73) wafat di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (10/1/2016) sore. Jenazah almarhum dikebumikan di kota kelahirannya Gresik, Jawa Timur, Senin (11/1/2016).

Teten, "Yang 'Naksir' Pak Presiden Langsung"

NASIONAL
Teten, "Yang 'Naksir' Pak Presiden Langsung"

JAKARTA, (PRLM).- Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki menjelaskan Presiden RI Joko Widodo memang menyukai rekam jejak Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi. Dalam proses penunjukan Johan, Teten diminta menjadi orang yang pertama berkomunikasi dengan Johan.

Presiden Bentuk Badan Restorasi Gambut

NASIONAL
Presiden Bentuk Badan Restorasi Gambut

JAKARTA, (PRLM).- Presiden RI Joko Widodo mengumumkan pembentukan badan baru, Badan Restorasi Gambut (BRG). Pimpinan Program Indonesia di Climate and Land Use Alliance (CLUA) Nazir Foead ditunjuknya memimpin BRG.

Pelaku Lebih dari Lima Orang, Belum Ada yang Ditangkap

NASIONAL
POLISI menyiapkan penyerbuan ke Gedung Djakarta Theater, yang diduga menjadi tempat perlindungan tersangka teroris.*

JAKARTA, (PRLM).- Kendati baku tembak sudah reda, pelaku yang berjumlah lebih dari lima orang belum ada yang ditangkap, sebagian lari dengan sepeda motor.