Metode Baru Gagasan Dosen UGM

Persamaan Aljabar Mudahkan Belajar Akuntansi

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Matematika jenis persamaan aljabar menjadi metode pengajaran yang mampu mempermudah memahami akuntasi. Metode baru tersebut digagas oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi (FEB) UGM Dr. Sony Warsono, MAFIS menyatakan, persamaan aljabar merupakan pelajaran matematika dasar di sekolah dasar (SD). Ketika diterapkan sebagai basis memahami akuntansi, hasilnya sangat mencengangkan.

Berdasarkan percobaan dalam kuliah di fakultas tersebut, menurut dia, persamaan aljabar bisa mengantarkan mahasiswa lebih cepat memahami dasar-dasar akuntansi dan umumnya merasa bisa lebih mudah belajar ilmu ini. “Hal penting, persamaan aljabar menjadikan mahasiswa antusias dan secara benar memahami akuntansi keuangan,” ujar dia, Minggu (24/7).

Menurut dia metode tersebut termasuk temuan baru. Selama ini pengajaran akuntansi harus mengacu pada model standar. Dari penerapan persamaan aljabar, akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa metode pengajaran akuntansi harus dibarengi dan diimbangi pengetahuan matematika.

Dari penerapan persamaan aljabar, bisa ditarik pola baru dalam pengajaran akuntansi kepada mahasiswa jangan langsung mengarahkan ke model debet, kredit dan silabus-silabus standar akuntansi. Itu menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang mengenal akuntansi.

Penulis buku “Reformasi Akuntansi, membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi” menyatakan para mahasiswa jangan pesimis untuk memasuki ilmu akuntansi dengan adanya temuan pendekatan memahami ilmu ini dengan matematika dasar tersebut. (A-84/das)***

Baca Juga

Pemerintah Akan Bentuk Tim Selesaikan 7 Kasus Pelanggaran HAM

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) baru-baru ini melakukan rapat terbatas membahas pembentukan tim gabungan antara Komnas HAM dan Kejaksaan Agung terkait penyelesaian tujuh kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Transportasi Barang dan Jasa

Tol Ngawi-Kertosono, Proyek Kedua yang Diawali Jokowi dalam Sehari

NASIONAL

SABAHBALAU, (PRLM).- Seusai melakukan peletakan baru pertama (groundbreaking) pembangunan Jalan tol Trans Sumatera di Lampung Selatan dan Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, pada Kamis (30/4) pagi dan siang, Presiden Joko Widodo akan langsung menuju ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, karena

Pengamat: Penyidikan Bisa Berhenti Jika Ada Keadaan Memaksa

NASIONAL

BANDUNG, (PRLM).- Perintah Presiden Jokowi untuk segera melepaskan Novel Baswedan tidak serta merta diikuti oleh pimpinan Polri. Mereka beralasan penyidikan dan rekonstruksi Novel Baswedan yang tengah berlangsung.

Jokowi Minta Semua Rumah Sakit Layani Pasien Pemegang KIS

NASIONAL
PRESIDEN  Jokowi menunjukkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) saat penyerahan kartu tersebut bersama KIS dan KKS di Klatem.*

SOLO, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memaksa semua rumah sakit di Indonesia agar memberikan pelayanan terbaik kepada pasien yang menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS).