Metode Baru Gagasan Dosen UGM

Persamaan Aljabar Mudahkan Belajar Akuntansi

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Matematika jenis persamaan aljabar menjadi metode pengajaran yang mampu mempermudah memahami akuntasi. Metode baru tersebut digagas oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi (FEB) UGM Dr. Sony Warsono, MAFIS menyatakan, persamaan aljabar merupakan pelajaran matematika dasar di sekolah dasar (SD). Ketika diterapkan sebagai basis memahami akuntansi, hasilnya sangat mencengangkan.

Berdasarkan percobaan dalam kuliah di fakultas tersebut, menurut dia, persamaan aljabar bisa mengantarkan mahasiswa lebih cepat memahami dasar-dasar akuntansi dan umumnya merasa bisa lebih mudah belajar ilmu ini. “Hal penting, persamaan aljabar menjadikan mahasiswa antusias dan secara benar memahami akuntansi keuangan,” ujar dia, Minggu (24/7).

Menurut dia metode tersebut termasuk temuan baru. Selama ini pengajaran akuntansi harus mengacu pada model standar. Dari penerapan persamaan aljabar, akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa metode pengajaran akuntansi harus dibarengi dan diimbangi pengetahuan matematika.

Dari penerapan persamaan aljabar, bisa ditarik pola baru dalam pengajaran akuntansi kepada mahasiswa jangan langsung mengarahkan ke model debet, kredit dan silabus-silabus standar akuntansi. Itu menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang mengenal akuntansi.

Penulis buku “Reformasi Akuntansi, membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi” menyatakan para mahasiswa jangan pesimis untuk memasuki ilmu akuntansi dengan adanya temuan pendekatan memahami ilmu ini dengan matematika dasar tersebut. (A-84/das)***

Baca Juga

Pembangunan Pasar Darurat Untuk Pedagang Klewer Berlarut-larut

NASIONAL

SOLO, (PRLM),-Pelaksanaan pembangunan pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer di Alun-alun Utara Keraton Surakarta, sampai saat ini berlarut-larut.

Earth Hour

Sabtu Malam, Semua Lampu Jalan Utama Kota Solo Dipadamkan

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Selama satu jam penuh dari pukul 20.30 sampai 21.30, Sabtu (28/3/2015) besok, seluruh lampu penerangan jalan umum di jantung Kota Solo akan dipadamkan total. Pemadaman, terutama di jalur ulama Jl. Slamet Riyadi, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Mayor Kusmanto dan ;l.

PT PPM Pertanyakan Pembayaran Insentif

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- PT Putra Perdana Motor (PPM) yang dilaporkan PT IMTV (BIG TV) merasa tersudutkan. Direktur PT PPM, Tri Wahono Wahyudi memberikan penjelasan untuk meluruskan terkait perselisihan BIG TV dengan sejumlah distributor.

Pemerintah Perketat Sistem Keimigrasian

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Hampir satu jam Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasona Laoly, mengunjungi kantor Imigrasi Surakarta, Selasa (31/3/2015). Yasona melihat satu per satu ruang pelayanan untuk masyarakat di kantor tersebut.