Metode Baru Gagasan Dosen UGM

Persamaan Aljabar Mudahkan Belajar Akuntansi

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Matematika jenis persamaan aljabar menjadi metode pengajaran yang mampu mempermudah memahami akuntasi. Metode baru tersebut digagas oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi (FEB) UGM Dr. Sony Warsono, MAFIS menyatakan, persamaan aljabar merupakan pelajaran matematika dasar di sekolah dasar (SD). Ketika diterapkan sebagai basis memahami akuntansi, hasilnya sangat mencengangkan.

Berdasarkan percobaan dalam kuliah di fakultas tersebut, menurut dia, persamaan aljabar bisa mengantarkan mahasiswa lebih cepat memahami dasar-dasar akuntansi dan umumnya merasa bisa lebih mudah belajar ilmu ini. “Hal penting, persamaan aljabar menjadikan mahasiswa antusias dan secara benar memahami akuntansi keuangan,” ujar dia, Minggu (24/7).

Menurut dia metode tersebut termasuk temuan baru. Selama ini pengajaran akuntansi harus mengacu pada model standar. Dari penerapan persamaan aljabar, akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa metode pengajaran akuntansi harus dibarengi dan diimbangi pengetahuan matematika.

Dari penerapan persamaan aljabar, bisa ditarik pola baru dalam pengajaran akuntansi kepada mahasiswa jangan langsung mengarahkan ke model debet, kredit dan silabus-silabus standar akuntansi. Itu menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang mengenal akuntansi.

Penulis buku “Reformasi Akuntansi, membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi” menyatakan para mahasiswa jangan pesimis untuk memasuki ilmu akuntansi dengan adanya temuan pendekatan memahami ilmu ini dengan matematika dasar tersebut. (A-84/das)***

Baca Juga

PDHI Siap Gelar Pameran Terbesar Hewan Kesayangan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) akan menorehkan sejarah di Indonesia dengan mengadakan Indo Pet Expo 2015 yang merupakan pameran pertama dan terbesar, mengenai dunia hewan kesayangan serta semua pelaku yang berkiprah dalam industri terkait. .

Data Tunggal Pertanian Mutlak Diperlukan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Ketersediaan data tunggal produk-produk pertanian mutlak diperlukan Indonesia. Hal itu untuk memajukan pertanian nasional terutama saat perjadi perubahan iklim dunia seperti saat ini. Tanpa data tunggal,

Polemik Pemberian Soekarno Award bagi Presiden Korea

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM)- Rencana pemberian penghargaan Soekarno Award kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, seharusnya dilatari kepentingan agar Korea Utara dapat lebih membuka diri kepada dunia.

Angin Puting Beliung Hebohkan Warga Mukomuko

NASIONAL
ANGIN yang berputar garis lurus itu membuat awan menjadi gelap di wilayah Mukomuko. Tidak hanya itu, awan hitam pusaran angin itu berbentuk seperti kerucut turun menuju bagian bawah.*
BENGKULU, (PRLM).- Warga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Minggu (2/8/2015), dihebohkan dengan angin puting beliung, yang muncul di sekitar Pantai Indah Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko.