Persamaan Aljabar Mudahkan Belajar Akuntansi

YOGYAKARTA, (PRLM).- Matematika jenis persamaan aljabar menjadi metode pengajaran yang mampu mempermudah memahami akuntasi. Metode baru tersebut digagas oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi (FEB) UGM Dr. Sony Warsono, MAFIS menyatakan, persamaan aljabar merupakan pelajaran matematika dasar di sekolah dasar (SD). Ketika diterapkan sebagai basis memahami akuntansi, hasilnya sangat mencengangkan.

Berdasarkan percobaan dalam kuliah di fakultas tersebut, menurut dia, persamaan aljabar bisa mengantarkan mahasiswa lebih cepat memahami dasar-dasar akuntansi dan umumnya merasa bisa lebih mudah belajar ilmu ini. “Hal penting, persamaan aljabar menjadikan mahasiswa antusias dan secara benar memahami akuntansi keuangan,” ujar dia, Minggu (24/7).

Menurut dia metode tersebut termasuk temuan baru. Selama ini pengajaran akuntansi harus mengacu pada model standar. Dari penerapan persamaan aljabar, akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa metode pengajaran akuntansi harus dibarengi dan diimbangi pengetahuan matematika.

Dari penerapan persamaan aljabar, bisa ditarik pola baru dalam pengajaran akuntansi kepada mahasiswa jangan langsung mengarahkan ke model debet, kredit dan silabus-silabus standar akuntansi. Itu menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang mengenal akuntansi.

Penulis buku “Reformasi Akuntansi, membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi” menyatakan para mahasiswa jangan pesimis untuk memasuki ilmu akuntansi dengan adanya temuan pendekatan memahami ilmu ini dengan matematika dasar tersebut. (A-84/das)***

Baca Juga

Penyelenggara Pemilu Jangan Buat Gaduh

BANDUNG, (PR).- Ketua Komisi I DPRD Banten Zaid Elhabib berharap penyelenggara Pilkada profesional. hanya dengan cara itu, Pilkada bisa berakhir damai.

Damai Dengan JLJ, Kartika Dewi Cabut Gugatan

JAKARTA, (PR).- PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) dan korban banjir jalan tol Cikunir, Kartika Dewi, telah sepakat untuk melakukan perdamaian. Kuasa hukum Kartika telah mencabut gugatan yang dilayangkan setelah PT JLJ memberikan ganti rugi dan berjanji memperbaiki mutu layanan publik.

TMP dan RMP Konsisten Kawal Sidang Ahok

JAKARTA, (PR).- Taruna Merah Putih (TMP) dan Relawan Merah Putih (RMP) berjanji akan konsisten untuk mengawal sidang Ahok hingga proses sidang berakhir.

Kapolda DIY: Semangat Serangan Oemoem 1 Maret Masih Relevan

YOGYAKARTA, (PR).- Semangat peristiwa Serangan Oemoem 1 Maret yang terjadi 68 tahun lalu masih relevan untuk diimplementasikan dalam kehidupan masa kini, khususnya perang melawan "hoax", seperti disampaikan Kapolda DIY Ahmad Dofiri.