Metode Baru Gagasan Dosen UGM

Persamaan Aljabar Mudahkan Belajar Akuntansi

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Matematika jenis persamaan aljabar menjadi metode pengajaran yang mampu mempermudah memahami akuntasi. Metode baru tersebut digagas oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi (FEB) UGM Dr. Sony Warsono, MAFIS menyatakan, persamaan aljabar merupakan pelajaran matematika dasar di sekolah dasar (SD). Ketika diterapkan sebagai basis memahami akuntansi, hasilnya sangat mencengangkan.

Berdasarkan percobaan dalam kuliah di fakultas tersebut, menurut dia, persamaan aljabar bisa mengantarkan mahasiswa lebih cepat memahami dasar-dasar akuntansi dan umumnya merasa bisa lebih mudah belajar ilmu ini. “Hal penting, persamaan aljabar menjadikan mahasiswa antusias dan secara benar memahami akuntansi keuangan,” ujar dia, Minggu (24/7).

Menurut dia metode tersebut termasuk temuan baru. Selama ini pengajaran akuntansi harus mengacu pada model standar. Dari penerapan persamaan aljabar, akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa metode pengajaran akuntansi harus dibarengi dan diimbangi pengetahuan matematika.

Dari penerapan persamaan aljabar, bisa ditarik pola baru dalam pengajaran akuntansi kepada mahasiswa jangan langsung mengarahkan ke model debet, kredit dan silabus-silabus standar akuntansi. Itu menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang mengenal akuntansi.

Penulis buku “Reformasi Akuntansi, membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi” menyatakan para mahasiswa jangan pesimis untuk memasuki ilmu akuntansi dengan adanya temuan pendekatan memahami ilmu ini dengan matematika dasar tersebut. (A-84/das)***

Baca Juga

Melebar, Keterangan Saksi Kepolisian di Praperadilan Novel Baswedan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Sejumlah saksi dihadirkan Kuasa Hukum Kepolisian Republik Indonesia dalam sidang gugatan praperadilan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan. Keterangan para ahli justru melebar memasuki pokok perkara yang disangkakan kepada Novel.

Yogyakarta Gawangi Layanan Satu Atap Khusus TKI

NASIONAL

YOGYAKARTA,(PRLM).– Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), segera mengeluarkan peraturan layanan terbaru mengenai penyaluran calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan membentuk layanan satu atap pengurusan dokumen dan adminitsrasi khusus para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Helikopter AW139 Perkuat Basarnas

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Badan SAR Nasional (Basarnas) berkomitmen melaksanakan operasi Search and Rescue (SAR) yang efektif, efisien, cepat, andal dan aman.

Prambanan Butuh Air Bersih

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Masyarakat di kawasan perbukitan Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada musim kemarau tahun ini membutuhkan pasokan air bersih melalui mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.