Pasien Operasi Tumor Rahang, Wantini, Berangsur Pulih

BANDUNG RAYA
DOKTER spesialis bedah mulut Rumah Sakit Imannuel Bandung, Borman Sumaji (kiri) mendampingi pasien penderita tumor rahang, Wantini (32), di Rumah Sakit Immanuel, Bandung.*
SISWA NIRMALA/PRLM
DOKTER spesialis bedah mulut Rumah Sakit Imannuel Bandung, Borman Sumaji (kiri) mendampingi pasien penderita tumor rahang, Wantini (32), di Rumah Sakit Immanuel, Bandung.*

BANDUNG, (PRLM).- Pasien operasi tumor rahang, Wantini (32), sudah bisa kembali berbicara dan berjalan dengan normal. Operasi yang dilaluinya minggu lalu terbukti tidak memberikan efek apapun. Wantini adalah warga asal Dumai, Riau, yang menderita Ossifying fibroma (tumor rahang yang bersifat jinak dan tumbuh lambat) selama enam tahun.

Tumor yang bersarang di bagian tengah rahang bawahnya itu telah diangkat melalui operasi reseksi mandibula (pemotongan tulang mandibula) dan rekonstruksi dengan tulang Iliac (tulang panggul) beserta pembuluh darah deep circumflex iliac arteri (DCIA), Senin (4/7), di Rumah Sakit Immanuel, Bandung.

Pada operasi tersebut, tulang rahangnya dipotong sepanjang tujuh sentimeter dan direkontruksi menggunakan tulang panggulnya. Teknik operasi tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia.

Ketua tim dokter spesialis bedah Rumah Sakit Imannuel Bandung yang menangani operasi itu, Borman Sumaji, mengatakan biasanya rahang yang dipotong diganti dengan plat dari titanium.

“Adapun operasi rekonstruksi tulang, umumnya itu menggunakan tulang kaki. Tulang panggul baru kali ini,” katanya, Jumat (9/7), ketika ditemui di ruangannya. Rekonstruksi dengan tulang kaki biasanya berpengaruh pada kaki pasien, tidak bisa berjalan normal. Dengan rekonstruksi tulang panggul, tidak ada efek pada kesehatan pasien.

Operasi tersebut melibatkan dua dokter spesialis tumor asal Cina Hanwei Peng, dan Guo Kai Peng; serta tiga dokter spesialis bedah mulut Rumah Sakit Immanuel Borman Sumaji, Marzela Mega Lestari, dan Melita.

Tumor rahang merupakan penyakit yang cukup jarang terjadi. Dalam satu tahun, hanya terjadi 10 kasus tumor rahang. (CA-08/das)***

Baca Juga

Pembunuh Sisca Yofie Surati Presiden

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Ade Ismayadi, terpidana 20 tahun penjara dalam kasus terbunuhnya Sisca Yofie, akan meminta grasi kepada Presiden RI. Selain itu, Ade juga akan menyurati Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Retakan Tanah di Pangalengan Kian Mengkhawatirkan

BANDUNG RAYA
Retakan Tanah di Pangalengan Kian Mengkhawatirkan

SOREANG, (PRLM).- Retakan tanah kembali terjadi di Desa Megarmukti Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung setelah sebelumnya terjadi pada 2011 lalu. Kondisi retakan tanah kian mengkhawatirkan meski lokasinya jauh dari permukiman warga.

Inilah Sebagian Foto-foto Peserta Lomba #PRKAA60

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- HU Pikiran Rakyat menyediakan lokasi mejeng dan berfoto di depan kantor Jln. Asia-Afrika No. 77, Kota Bandung, berupa dummy tampilan halaman depan koran, termasuk logo huruf "PR" warna merah.

Iwan Bule Janji Sikat Perusak Lingkungan

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Pol. Mochamad Iriawan berjanji akan menindak tegas setiap masyarakat atau kelompok yang merusak lingkungan. Masyarakat adat Jawa Barat diharapkan turut menjaga lingkungan dan kawasan hutan di wilayah adat.