SMPN 42 Bandung Hanya Dijadikan Batu Loncatan

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).-Sekitar lima persen setahun Peserta Didik Baru (PDB) dari jalur akademik di SMPN 42 Bandung bermutasi ke SMPN lainnya. Perpindahan tersebut dikarenakan para orang tua siswa hanya mengejar sekolah favorit sehingga SMPN 42 hanya dijadikan batu loncatan.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Kepala SMPN 42 Bidang Kehumasan, Solichun, saat ditemui di tempat kerjanya, Rabu(7/7). Menurut dia, mutasi siswa diperbolehkan tapi dengan syarat dia berasal dari sekolah negeri. “Mutasi dari klaster empat ke klaster satu juga tidak apa-apa,” kata Solichun.

Dia menambahkan, pengurangan siswa tersebut sudah diperkirakan akan terjadi setiap tahun. Oleh karena itu, sampai kelas tiga hanya ada sembilan ruangan padahal pada saat penerimaan peserta didik baru selalu menyediakan sepuluh kelas atau mampu menampung 400 orang.

“Jadi setiap kelas berisi 40 orang dan setiap akhir ajaran baru atau kenaikan kelas, kami kehilangan 20 murid. Perpindahan tersebut bisa terjadi saat kenaikan dari kelas satu ke kelas dua serta dari kelas dua ke kelas tiga,” ujar Solichun.

Lebih lanjut dia menambahkan, tahun ajaran baru 2010 sudah ada 15 orang siswa yang pindah dan itu masih berpeluang untuk bertambah. “Karena penerimaan siswa baru untuk kelas 1 ke kelas 2 masih dibuka pendaftarannya,” katanya.

Selain itu, kadang-kadang ada beberapa siswa yang suka mundur di semester awal.”Tidak banyak sih, antara satu atau dua orang. Mungkin dia ingin pindah ke sekolah negeri lainnya,”

Menurut dia, kecenderungan siswa untuk pindah sekolah berasal dari orang yang bukan dari lingkungan masyarakat sekitar sekolah. “Mereka kebanyakan tinggalnya jauh dari sekolah, jadi setelah kenaikan mereka dipindahkan ke sekolah negeri lainnya yang dekat dengan rumah,” ujar Solichun. (CA-05/kur)***

Baca Juga

60 Tokoh Agama se-Asia Serukan Stop Kekerasan Ekstrim

BANDUNG RAYA
SEJUMLAH tokoh agama yang mewakili 20 negara Asia menggelar pertemuan di rumah dinas Wali Kota Bandung (Pendopo) Alun-alun Bandung.*

BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 60 peserta dari 20 negara di Asia yang tergabung dalam Asian Conference of Religion for Peace (ACRP) menggelar pertemuan di rumah dinas Wali Kota Bandung (Pendopo) Alun-alun Bandung.

Iwa, "WTP Adalah Buah dari Strategi yang matang"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Plt Sekda Jabar Iwa Karniwa menyatakan raihan opini WTP yang diraih Pemprov Jawa Barat untuk yang keempat kalinya adalah buah dari sejumlah strategi penyusunan laporan keuangan 2014 yang makin matang dan siap.

Kota Cimahi Berharap SPAM Regional Cepat Terealisasi

BANDUNG RAYA

‪CIMAHI, (PRLM).- Kota Cimahi berharap proyek Sistem penyediaan air minum (SPAM) regional bisa segera terealisasi. Hal itu dinilai sangat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat akan air minum.

Pergizi Pangan dan GAPPMI Berikan Penghargaan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Dalam rangka memberikan apresiasi terhadap peran swasta (industri pangan) dalam penyediaan pangan dan perbaikan gizi bangsa, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) bersama Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPPMI) mengadakan penganugerahan penghargaa