2.500 Orang Menjadi Warga Negara Baru Australia

LUAR NEGERI

MELBOURNE, (PRLM).- Sekitar 2.500 orang telah menjadi warga negara Australia dalam sebuah upacara masal di stadion olah raga terbesar di Melbourne, MCG (Melbourne Cricket Ground).

Seperi dikutip Radio Australia, Minggu (20/6), di dalam stadion tersebut, ribuan orang tersebut berikrar setia kepada Australia
kemarin siang. Para warga negara baru Australia itu kemudian disambut oleh dua tim footbal Australia tertua, Collingwood dan Melbourne, serta para pejabat Departemen Imigrasi.

Warga negara baru Australia berasal dari berbagai negara,di dunia, mulai dari kawasan yang dilanda konflik di Asia dan Afrika, seperti Irak, Iran, Lebanon, Afghanistan, Sudan, Nigeria, Ethiophia, sampai negara Barat yang bebas dari krisis seperti Inggris.

Sejak 1980, Australia berkembang pesat menjadi negara yang sangat multikultural. Sistem ekonomi dan kesejahteraan sosial yang baik di negara tersebut menjadi daya tarik bagi bagi warga dunia dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, kaum profesional, bahkan pencari suaka, untuk menetap di sana.

Sedikit mengenai tim football Australia, jangan diasosiasikan dengan tim sepak bola yang umum dikenal seperti dalam ajang "World Cup" karena keduanya sangat berbeda. Olah raga yang dikenal dengan istilah footy ala Australia itu, memang sengaja dipilih menjadi pengisi acara dalam proses naturalisasi tersebut karena footy hanya ada di Australia dan merupakan olah raga terpopuler di Benua Kangguru itu. Bahkan, menjadi identitas kultural masyarakat Australia. (A-133/A-147)***

Baca Juga

Di Islandia Penistaan Agama Diijinkan Secara Hukum

LUAR NEGERI

REYKJAVIK, (PRLM).- Parlemen Islandia telah menghapus undang-undang tentang penistaan agama, meskipun mendapatkan pertentangan dari sejumlah gereja di negara tersebut.

Sebuah aturan baru diusulkan oleh minoritas Pirate Party, yang berkampanye untuk kebebaasan internet dan data.

Sikap Rakyat Yunani Terhadap Penghematan Uni Eropa Belum Jelas

LUAR NEGERI

ATHENA, (PRLM).- Masih belum jelas apakah rakyat Yunani akan menerima syarat-syarat penghematan yang ditentukan oleh Uni Eropa atau menghadapi kemungkinan dikeluarkan dari kelompok negara yang menggunakan mata uang Euro itu.

Prancis Minta Bantuan Internasional Perangi Boko Haram

LUAR NEGERI

YAOUNDE, (PRLM).- Presiden Prancis Francois Hollande mengimbau dukungan internasional yang lebih besar dalam perang melawan Boko Haram di Kamerun, Chad Nigeria dan Niger.

Tanah Mahal, Kawasan Pinggiran Inggris Jadi Kantung Pensiunan

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Sebagian besar pedesaan Inggris bisa menjadi daerah 'kantung pensiunan' dalam waktu beberapa tahun sebagai dampak melonjaknya nilai properti, sehingga memaksa banyak orang muda dan keluarga keluar dari daerah di mana mereka dibesarkan.