2.500 Orang Menjadi Warga Negara Baru Australia

LUAR NEGERI

MELBOURNE, (PRLM).- Sekitar 2.500 orang telah menjadi warga negara Australia dalam sebuah upacara masal di stadion olah raga terbesar di Melbourne, MCG (Melbourne Cricket Ground).

Seperi dikutip Radio Australia, Minggu (20/6), di dalam stadion tersebut, ribuan orang tersebut berikrar setia kepada Australia
kemarin siang. Para warga negara baru Australia itu kemudian disambut oleh dua tim footbal Australia tertua, Collingwood dan Melbourne, serta para pejabat Departemen Imigrasi.

Warga negara baru Australia berasal dari berbagai negara,di dunia, mulai dari kawasan yang dilanda konflik di Asia dan Afrika, seperti Irak, Iran, Lebanon, Afghanistan, Sudan, Nigeria, Ethiophia, sampai negara Barat yang bebas dari krisis seperti Inggris.

Sejak 1980, Australia berkembang pesat menjadi negara yang sangat multikultural. Sistem ekonomi dan kesejahteraan sosial yang baik di negara tersebut menjadi daya tarik bagi bagi warga dunia dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, kaum profesional, bahkan pencari suaka, untuk menetap di sana.

Sedikit mengenai tim football Australia, jangan diasosiasikan dengan tim sepak bola yang umum dikenal seperti dalam ajang "World Cup" karena keduanya sangat berbeda. Olah raga yang dikenal dengan istilah footy ala Australia itu, memang sengaja dipilih menjadi pengisi acara dalam proses naturalisasi tersebut karena footy hanya ada di Australia dan merupakan olah raga terpopuler di Benua Kangguru itu. Bahkan, menjadi identitas kultural masyarakat Australia. (A-133/A-147)***

Baca Juga

Perayaan Paskah di Kenya Dijaga Ketat

LUAR NEGERI

NAIROBI, (PRLM).- Usai serangan teroris Al-Shabab di kampus Garissa yang menewaskan 150 orang itu, penjagaan keamanan di Kenya pun ditingkatkan. Termasuk saat warga Kristen Kenya merayakan Paskah atau Hari Kebangkitan Isa Almasih pada Minggu (5/4/2015), semua gereja di Kenya dijaga ketat polisi.

Batalkan Eksekusi, Australia Gunakan Semua Opsi Diplomatik

LUAR NEGERI

CANBERRA, (PRLM).- Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, seperti dilaporkan News Network Australia, pihaknya kecewa tetapi tetap menghargai putusan otoritas Indonesia tersebut.

Di Bawah Presiden Xi, Perang Terhadap Korupsi Terus Berlanjut

LUAR NEGERI

BEIJING, (PRLM).- Sejak Presiden Tiongkok Xi Jinping berkuasa tiga tahun lalu, pemberantasan korupsi di Negeri Tirai Bambu itu terus dilakukan dengan gencar. Banyak pejabat Tiongkok dijebloskan ke penjara, dan sebagian lainnya dihukum mati.

Kondisi Kota Sanaa Mulai Tenang

LUAR NEGERI

SANAA, (PRLM).- Kondisi Ibu Kota Sanaa, Rabu (8/4/2015), dilaporkan relatif tenang ketimbang kawasan Aden. "Sejak semalam kondisi di Sanaa mulai relatif tenang ketimbang hari-hari sebelumnya," kata seorang warga setempat kepada Reuters, Rabu.