Pemprov Jabar Kembali Luncurkan Program Beasiswa

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM),-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan pada tahun 2010 ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali meluncurkan Program Beasiswa kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal itu dilaksanakan guna mendorong peningkatan akses masyarakat Jawa Barat dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Alokasi anggaran beasiswa yang disiapkan mencapai Rp 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS.

“Beasiswa yang diberikan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu beasiswa satu siklus, beasiswa reguler dan program bantuan tugas akhir, dengan jumlah anggaran mencapai Rp. 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS di Jawa Barat,. Dengan cara ini diharapkan kita mendapat lompatan besar peningkatan kualitas dan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Jawa Barat” JELAS Heryawan di Gedung Negara Pakuan, Bandung Jawa Barat, Sabtu (29/5).

Adapun rincian alokasi biaya dan jumlah mahasiswa sebagai berikut; Beasiswa Satu Siklus jenjang S-1 ITB, diberikan kepada 100 calon mahasiswa baru yang berprestasi dari keluarga tidak mampu (hasil seleksi), masing-masing sebesar Rp. 100 Juta. Untuk Beasiswa Program Reguler, diberikan kepada 1.000 mahasiswa eksisting yang berprestasi atau tidak mampu pada tahun pertama/kedua jenjang D3 dan S1, dari sekitar 50 (lima puluh) PTN dan PTS di Jawa Barat, @ sebesar Rp. 5 Juta. Sedangkan Program Bantuan Tugas Akhir, diberikan kepada 190 mahasiswa jenjang S1 dan S2, terdiri dari 100 mahasiswa jenjang S1 (@ sebesar Rp. 10 Juta), serta 90 mahasiswa jenjang S2 (@ sebesar Rp. 15 Juta).

Adapun prosedural yang harus ditempun untuk Beasiswa Program Reguler ini, yaitu melalui pengajuan calon penerima beasiswa dari Kopertis IV Bandung maupun Kopertais Wilayah Jawa Barat dan Banten kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Untuk Beasiswa Program Reguler ini, mekanisme yang akan kita tempuh yaitu melalui seleksi Proposal Tugas Akhir para mahasiswa, dengan salah satu indikator penilaian utama yaitu relevansi tema tugas akhir dengan upaya pencapaian sepuluh common goals pembangunan Jawa Barat. (A-122/kur)***

Baca Juga

Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Siliwangi

BANDUNG RAYA
KESADARAN masyarakat membuang sampah masih rendah. Kondisi itu terlihat sepanjang pinggir  Jalan Siliwangi, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (13/1/2016), masih banyak tumpukan sampah berserakan.*

Gafatar Sempat Beroperasi di Cimahi Selama Dua Tahun

BANDUNG RAYA
SEJUMLAH warga terlihat berkerumun di depan rumah kontrakan yang sempat dijadikan sekretariat Gafatar Cimahi.*

CIMAHI, (PRLM).- Organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sempat muncul dan membentuk sekretariat di rumah kontrakan di Jln. Permai 1 RT 3 RW 14 Cibogo Kel. Leuwigajah Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Dai Jangan Gagap Teknologi

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang amat pesat memiliki konsekuensi tersendiri kepada metode dakwah. Para pelaku dakwah atau dai tak boleh gagap teknologi sehingga harus bisa memanfaatkan teknologi untuk kebaikan umat.

Proyek Mangkrak, Pemkab Diminta Mendaftarhitamkan Perusahaan dan Pemiliknya

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Kasus pembangunan Jalan Purabaya-Jati-Saguling yang mangkrak akibat kontraktor tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.