Pemprov Jabar Kembali Luncurkan Program Beasiswa

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM),-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan pada tahun 2010 ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali meluncurkan Program Beasiswa kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal itu dilaksanakan guna mendorong peningkatan akses masyarakat Jawa Barat dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Alokasi anggaran beasiswa yang disiapkan mencapai Rp 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS.

“Beasiswa yang diberikan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu beasiswa satu siklus, beasiswa reguler dan program bantuan tugas akhir, dengan jumlah anggaran mencapai Rp. 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS di Jawa Barat,. Dengan cara ini diharapkan kita mendapat lompatan besar peningkatan kualitas dan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Jawa Barat” JELAS Heryawan di Gedung Negara Pakuan, Bandung Jawa Barat, Sabtu (29/5).

Adapun rincian alokasi biaya dan jumlah mahasiswa sebagai berikut; Beasiswa Satu Siklus jenjang S-1 ITB, diberikan kepada 100 calon mahasiswa baru yang berprestasi dari keluarga tidak mampu (hasil seleksi), masing-masing sebesar Rp. 100 Juta. Untuk Beasiswa Program Reguler, diberikan kepada 1.000 mahasiswa eksisting yang berprestasi atau tidak mampu pada tahun pertama/kedua jenjang D3 dan S1, dari sekitar 50 (lima puluh) PTN dan PTS di Jawa Barat, @ sebesar Rp. 5 Juta. Sedangkan Program Bantuan Tugas Akhir, diberikan kepada 190 mahasiswa jenjang S1 dan S2, terdiri dari 100 mahasiswa jenjang S1 (@ sebesar Rp. 10 Juta), serta 90 mahasiswa jenjang S2 (@ sebesar Rp. 15 Juta).

Adapun prosedural yang harus ditempun untuk Beasiswa Program Reguler ini, yaitu melalui pengajuan calon penerima beasiswa dari Kopertis IV Bandung maupun Kopertais Wilayah Jawa Barat dan Banten kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Untuk Beasiswa Program Reguler ini, mekanisme yang akan kita tempuh yaitu melalui seleksi Proposal Tugas Akhir para mahasiswa, dengan salah satu indikator penilaian utama yaitu relevansi tema tugas akhir dengan upaya pencapaian sepuluh common goals pembangunan Jawa Barat. (A-122/kur)***

Baca Juga

Bandit Jalanan Kembali Beraksi di Jembatan Pasupati

BANDUNG RAYA
BANDUNG, (PRLM).– Setelah sekian lama Fly Over Pasupati telah aman dari aksi kejahatan jalanan, kini jembatan layang yang membelah Kota Bandung tersebut kembali tidak aman.
 

Gara-gara Layangan dengan Tali Kawat, Listrik Jadi Byar Pet

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Arus jaringan listrik sering terganggu akibat tali layangan yang menggunakan kawat. Hal itu berdampak pada terhentinya arus listrik akibat konsleting hingga putusnya kabel jaringan listrik ke rumah warga.

Perum Bulog Distribusikan 18.934 Karung Raskin

BANDUNG RAYA
PETUGAS menurunkan beras untuk keluarga miskin (raskin) di Perum Bulog Jln. Mahar Martanegara Kota Cimahi.*

CIMAHI, (PRLM).- Program beras untuk keluarga miskin (Raskin) kuota bulan Agustus 2015 disalurkan ke masyarakat Kota Cimahi, Selasa (4/8/2015). Penyaluran raskin tersebut merupakan jatah ke-9 dari 13 kali kuota raskin sepanjang 2015.

Menkumham, "Tanamkan Budi Pekerti pada Napi Anak"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia Yasona Laoly meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM untuk tidak memperlakukan tahanan anak seperti tahanan dewasa. Napi anak harus lebih pada pembinaan dan menerapkan budi pekerti.