Pemprov Jabar Kembali Luncurkan Program Beasiswa

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM),-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan pada tahun 2010 ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali meluncurkan Program Beasiswa kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal itu dilaksanakan guna mendorong peningkatan akses masyarakat Jawa Barat dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Alokasi anggaran beasiswa yang disiapkan mencapai Rp 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS.

“Beasiswa yang diberikan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu beasiswa satu siklus, beasiswa reguler dan program bantuan tugas akhir, dengan jumlah anggaran mencapai Rp. 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS di Jawa Barat,. Dengan cara ini diharapkan kita mendapat lompatan besar peningkatan kualitas dan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Jawa Barat” JELAS Heryawan di Gedung Negara Pakuan, Bandung Jawa Barat, Sabtu (29/5).

Adapun rincian alokasi biaya dan jumlah mahasiswa sebagai berikut; Beasiswa Satu Siklus jenjang S-1 ITB, diberikan kepada 100 calon mahasiswa baru yang berprestasi dari keluarga tidak mampu (hasil seleksi), masing-masing sebesar Rp. 100 Juta. Untuk Beasiswa Program Reguler, diberikan kepada 1.000 mahasiswa eksisting yang berprestasi atau tidak mampu pada tahun pertama/kedua jenjang D3 dan S1, dari sekitar 50 (lima puluh) PTN dan PTS di Jawa Barat, @ sebesar Rp. 5 Juta. Sedangkan Program Bantuan Tugas Akhir, diberikan kepada 190 mahasiswa jenjang S1 dan S2, terdiri dari 100 mahasiswa jenjang S1 (@ sebesar Rp. 10 Juta), serta 90 mahasiswa jenjang S2 (@ sebesar Rp. 15 Juta).

Adapun prosedural yang harus ditempun untuk Beasiswa Program Reguler ini, yaitu melalui pengajuan calon penerima beasiswa dari Kopertis IV Bandung maupun Kopertais Wilayah Jawa Barat dan Banten kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Untuk Beasiswa Program Reguler ini, mekanisme yang akan kita tempuh yaitu melalui seleksi Proposal Tugas Akhir para mahasiswa, dengan salah satu indikator penilaian utama yaitu relevansi tema tugas akhir dengan upaya pencapaian sepuluh common goals pembangunan Jawa Barat. (A-122/kur)***

Baca Juga

Qasidah Al Alimiyah Meriahkan Imtihan

BANDUNG RAYA
GRUP Qasidah Al Alimiyah yang pernah ikut audisi D'Terong turut tampil memeriahkan acara Imtihan dan menyambut Bulan Ramadan di Pesantren Kutawaringan, Desa Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung.*

Mio dan Jupiter Tabrakan, Dua Orang Tewas Seketika

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraaan bermotor di kawasan Jalan PSM, depan Departemen Perhubungan Darat AD, Kiaracondong, sekira pukul 2.00 WIB, Selasa (9/6/2015).

Satpom AU Lanud Sulaiman Adakan "Sweeping"

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Personel Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau) Lanud Sulaiman melaksanakan “sweeping” pemeriksaan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, Rabu (10/6/2015) maupun untuk kelengkapan identitas diri, baik itu KTA (Kartu Tanda Anggota) maupun SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Tunjangan Babinsa Bakal Naik

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberi sinyal kenaikan remunerasi tunjangan operasional bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa). Nilainya sebesar Rp 1 juta//bulan, meningkat nyaris 20 kali dari tunjangan semula.