Pemprov Jabar Kembali Luncurkan Program Beasiswa

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM),-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan pada tahun 2010 ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali meluncurkan Program Beasiswa kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal itu dilaksanakan guna mendorong peningkatan akses masyarakat Jawa Barat dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Alokasi anggaran beasiswa yang disiapkan mencapai Rp 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS.

“Beasiswa yang diberikan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu beasiswa satu siklus, beasiswa reguler dan program bantuan tugas akhir, dengan jumlah anggaran mencapai Rp. 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS di Jawa Barat,. Dengan cara ini diharapkan kita mendapat lompatan besar peningkatan kualitas dan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Jawa Barat” JELAS Heryawan di Gedung Negara Pakuan, Bandung Jawa Barat, Sabtu (29/5).

Adapun rincian alokasi biaya dan jumlah mahasiswa sebagai berikut; Beasiswa Satu Siklus jenjang S-1 ITB, diberikan kepada 100 calon mahasiswa baru yang berprestasi dari keluarga tidak mampu (hasil seleksi), masing-masing sebesar Rp. 100 Juta. Untuk Beasiswa Program Reguler, diberikan kepada 1.000 mahasiswa eksisting yang berprestasi atau tidak mampu pada tahun pertama/kedua jenjang D3 dan S1, dari sekitar 50 (lima puluh) PTN dan PTS di Jawa Barat, @ sebesar Rp. 5 Juta. Sedangkan Program Bantuan Tugas Akhir, diberikan kepada 190 mahasiswa jenjang S1 dan S2, terdiri dari 100 mahasiswa jenjang S1 (@ sebesar Rp. 10 Juta), serta 90 mahasiswa jenjang S2 (@ sebesar Rp. 15 Juta).

Adapun prosedural yang harus ditempun untuk Beasiswa Program Reguler ini, yaitu melalui pengajuan calon penerima beasiswa dari Kopertis IV Bandung maupun Kopertais Wilayah Jawa Barat dan Banten kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Untuk Beasiswa Program Reguler ini, mekanisme yang akan kita tempuh yaitu melalui seleksi Proposal Tugas Akhir para mahasiswa, dengan salah satu indikator penilaian utama yaitu relevansi tema tugas akhir dengan upaya pencapaian sepuluh common goals pembangunan Jawa Barat. (A-122/kur)***

Baca Juga

Kec. Baleendah Adakan Jumat Bersih Massal

BANDUNG RAYA
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM

SOREANG,(PRLM).- Aparatur pemerintah bersama dengan sekolah dan warga masyarakat melakukan gerakan "Jumat bersih massal",Jumat (27/3/2015). Gerakan melibatkan ribuan orang yang membersihkan di lingkungannya masing-masing.

Lomba Fotografi dan Lukis Digelar Pelija

BANDUNG RAYA
NURYANI/PRLM

BANDUNG,(PRLM).-Ratusan peserta dari sejumlah kabupaten kota di Jawa Barat mengikuti Lomba Fotografi dan Melukis Lingkungan Piala Gubernur Jabar yang digelar Peduli Lingkungan Jabar di Gedung Sate Jln. Diponegoro Bandung, Minggu (29/3/2015).

Kepergok Curi Sabun Kecantikan, Aji Diamuk Massa

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Aji Lesmana (28) terpaksa menerima puluhan bogem mentah setelah tertangkap tangan mencuri satu dus sabun kecantikan di kios Pasar Atas Baru Jln. Kolonel Masturi Kota Cimahi, (30/3/2015). Dengan luka penuh lebam, Aji diamankan aparat kepolisian.

Sudah Hampir Sebulan

Perampokan Emas di Rongga Belum Terungkap

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sudah hampir sebulan, perampokan sembilan kilogram emas senilai lebih dari Rp 2 miliar di Toko Emas Barokah, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, belum terungkap oleh kepolisian.