RRI, RTB, dan RTM Lestarikan "Berbalas Pantun"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", merupakan program siaran bersama antara Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Radio Televisi Brunei Darussalam (RTB) dan Radio Televisi Malaysia (RTM) dalam rangka pelestarian seni budaya bersama negara serumpun. Kegiatan diselenggarakan sebagai bentuk pertanggungjawaban bersama terhadap seni budaya, khususnya budaya pantun.

"Puluhan tahun lalu program ini sudah dilaksanakan, namanya "Salam Muhibah" dan seiring dengan perubahan zaman nama program diubah. Awalnya program dibuat dalam rangka menjalin hubungan antar warga Indonesia yang ada di Malaysia dan Brunei yang belakangan sudah menetap dan menjadi warga negara dengan kerabat yang ada di Indonesia," ujar Kepala RRI Bandung, R.H. Gun Sukma Gunadi, di sela-sela pegelaran "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", bertempat di Gedung Lokantara Budaya RRI Bandung, Jalan Diponegoro, Rabu (26/5).

Berkenaan budaya berbalas pantun yang dijadikan kegiatan program bersama RRI dengan RTM dan RTB, Gun mengatakan bahwa baik RRI, RTM dan RTB mempunyai kesepakatan dalam pelestarian seni budaya Melayu, yang salah satunya adalah budaya berbalas pantun. Selain itu kegiatan diselenggarakan karena budaya berbalas pantun dikalangan generasi muda sudah sangat pudarn padahal selain memiliki tutur bahasanya begitu halus berbudi serta sangat jujur, juga memiliki kandungan nilai filosofi warisan orang tua terdahulu.(A-87/A-147)***

Baca Juga

Tanggap Darurat Usai, Nasib Korban Longsor Cililin tak Jelas

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Nasib para korban longsor di Perumahan Asabri Griya Utari, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, semakin tidak jelas.

545 Rutilahu di Kabupaten Bandung Diperbaiki Tahun Ini

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).-Sebanyak 545 rumah tidak layak huni di Kabupaten Bandung akan segera diperbaiki tahun ini secara bertahap. Pemerintah Kabupaten Bandung telah mengalokasikan dana untuk perbaikan rutilahu sekitar Rp 4 miliar.

Prostitusi Daring

Terungkap Berkat Laporan Warga

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Mokhamad Ngajib, mengatakan, pengungkapan kasus prostitusi daring (online) di Kota Bandung berdasarkan informasi dari masyarakat.

Polda Tetapkan Kabid Dinas Bina Marga Sebagai Tersangka

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Seorang Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Bina Marga dan Pengairan Bogor berinisial C ditetapkan menjadi tersangka.