RRI, RTB, dan RTM Lestarikan "Berbalas Pantun"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", merupakan program siaran bersama antara Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Radio Televisi Brunei Darussalam (RTB) dan Radio Televisi Malaysia (RTM) dalam rangka pelestarian seni budaya bersama negara serumpun. Kegiatan diselenggarakan sebagai bentuk pertanggungjawaban bersama terhadap seni budaya, khususnya budaya pantun.

"Puluhan tahun lalu program ini sudah dilaksanakan, namanya "Salam Muhibah" dan seiring dengan perubahan zaman nama program diubah. Awalnya program dibuat dalam rangka menjalin hubungan antar warga Indonesia yang ada di Malaysia dan Brunei yang belakangan sudah menetap dan menjadi warga negara dengan kerabat yang ada di Indonesia," ujar Kepala RRI Bandung, R.H. Gun Sukma Gunadi, di sela-sela pegelaran "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", bertempat di Gedung Lokantara Budaya RRI Bandung, Jalan Diponegoro, Rabu (26/5).

Berkenaan budaya berbalas pantun yang dijadikan kegiatan program bersama RRI dengan RTM dan RTB, Gun mengatakan bahwa baik RRI, RTM dan RTB mempunyai kesepakatan dalam pelestarian seni budaya Melayu, yang salah satunya adalah budaya berbalas pantun. Selain itu kegiatan diselenggarakan karena budaya berbalas pantun dikalangan generasi muda sudah sangat pudarn padahal selain memiliki tutur bahasanya begitu halus berbudi serta sangat jujur, juga memiliki kandungan nilai filosofi warisan orang tua terdahulu.(A-87/A-147)***

Baca Juga

Pengalihan Pekerjaaan Bisa Hentikan Pertambangan Karst Rajamandala

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Pengalihan pekerjaan masyarakat perlu dilakukan untuk menghentikan aktivitas pertambangan di karst Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat.

Satu Tersangka Baru Penipuan CPNS

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Tim gabungan dari Polda Jabar dan Polrestabes Bandung masih mengembangkan kasus penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang terungkap pekan lalu. Setelah menetapkan tiga tersangka, polisi mengamankan satu tersangka baru dari daerah Kabupaten Garut.

Kawasan Industri Cimahi Rawan Kebakaran

BANDUNG RAYA
KASUS kebakaran di Kota Cimahi, seringkali diperparah karena minimnya alat pemadam kebakaran. Bahkan di kawasan industri  penyediaan air bawah tanah pun kadang terlupakan.*

CIMAHI, (PRLM).- Minimnya pabrik yang memiliki tempat penyimpanan air bawah tanah (ground tank) dan alat pemadam kebakaran yang memadai membuat kawasan industri di Kota Cimahi rawan kebakaran.

Pemulung Kumpulkan Sisa Material Bangunan

BANDUNG RAYA
PEMULUNG berangkal mengumpulkan berbagai material bangunan sisa pembongkaran rumah warga yang masih bisa dimanfaatkan, di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (5/8/2015). Sisa bahan material bangunan di lahan Pemkot Bandung itu, menjadi berkah tersendiri bag