RRI, RTB, dan RTM Lestarikan "Berbalas Pantun"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", merupakan program siaran bersama antara Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Radio Televisi Brunei Darussalam (RTB) dan Radio Televisi Malaysia (RTM) dalam rangka pelestarian seni budaya bersama negara serumpun. Kegiatan diselenggarakan sebagai bentuk pertanggungjawaban bersama terhadap seni budaya, khususnya budaya pantun.

"Puluhan tahun lalu program ini sudah dilaksanakan, namanya "Salam Muhibah" dan seiring dengan perubahan zaman nama program diubah. Awalnya program dibuat dalam rangka menjalin hubungan antar warga Indonesia yang ada di Malaysia dan Brunei yang belakangan sudah menetap dan menjadi warga negara dengan kerabat yang ada di Indonesia," ujar Kepala RRI Bandung, R.H. Gun Sukma Gunadi, di sela-sela pegelaran "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", bertempat di Gedung Lokantara Budaya RRI Bandung, Jalan Diponegoro, Rabu (26/5).

Berkenaan budaya berbalas pantun yang dijadikan kegiatan program bersama RRI dengan RTM dan RTB, Gun mengatakan bahwa baik RRI, RTM dan RTB mempunyai kesepakatan dalam pelestarian seni budaya Melayu, yang salah satunya adalah budaya berbalas pantun. Selain itu kegiatan diselenggarakan karena budaya berbalas pantun dikalangan generasi muda sudah sangat pudarn padahal selain memiliki tutur bahasanya begitu halus berbudi serta sangat jujur, juga memiliki kandungan nilai filosofi warisan orang tua terdahulu.(A-87/A-147)***

Baca Juga

60 Tokoh Agama se-Asia Serukan Stop Kekerasan Ekstrim

BANDUNG RAYA
SEJUMLAH tokoh agama yang mewakili 20 negara Asia menggelar pertemuan di rumah dinas Wali Kota Bandung (Pendopo) Alun-alun Bandung.*

BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 60 peserta dari 20 negara di Asia yang tergabung dalam Asian Conference of Religion for Peace (ACRP) menggelar pertemuan di rumah dinas Wali Kota Bandung (Pendopo) Alun-alun Bandung.

Iwa, "WTP Adalah Buah dari Strategi yang matang"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Plt Sekda Jabar Iwa Karniwa menyatakan raihan opini WTP yang diraih Pemprov Jawa Barat untuk yang keempat kalinya adalah buah dari sejumlah strategi penyusunan laporan keuangan 2014 yang makin matang dan siap.

Kota Cimahi Berharap SPAM Regional Cepat Terealisasi

BANDUNG RAYA

‪CIMAHI, (PRLM).- Kota Cimahi berharap proyek Sistem penyediaan air minum (SPAM) regional bisa segera terealisasi. Hal itu dinilai sangat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat akan air minum.

Pergizi Pangan dan GAPPMI Berikan Penghargaan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Dalam rangka memberikan apresiasi terhadap peran swasta (industri pangan) dalam penyediaan pangan dan perbaikan gizi bangsa, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) bersama Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPPMI) mengadakan penganugerahan penghargaa