RRI, RTB, dan RTM Lestarikan "Berbalas Pantun"

BANDUNG, (PRLM).- "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", merupakan program siaran bersama antara Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Radio Televisi Brunei Darussalam (RTB) dan Radio Televisi Malaysia (RTM) dalam rangka pelestarian seni budaya bersama negara serumpun. Kegiatan diselenggarakan sebagai bentuk pertanggungjawaban bersama terhadap seni budaya, khususnya budaya pantun.

"Puluhan tahun lalu program ini sudah dilaksanakan, namanya "Salam Muhibah" dan seiring dengan perubahan zaman nama program diubah. Awalnya program dibuat dalam rangka menjalin hubungan antar warga Indonesia yang ada di Malaysia dan Brunei yang belakangan sudah menetap dan menjadi warga negara dengan kerabat yang ada di Indonesia," ujar Kepala RRI Bandung, R.H. Gun Sukma Gunadi, di sela-sela pegelaran "Program Bersama Berbalas Pantun 3 Negara Serumpun", bertempat di Gedung Lokantara Budaya RRI Bandung, Jalan Diponegoro, Rabu (26/5).

Berkenaan budaya berbalas pantun yang dijadikan kegiatan program bersama RRI dengan RTM dan RTB, Gun mengatakan bahwa baik RRI, RTM dan RTB mempunyai kesepakatan dalam pelestarian seni budaya Melayu, yang salah satunya adalah budaya berbalas pantun. Selain itu kegiatan diselenggarakan karena budaya berbalas pantun dikalangan generasi muda sudah sangat pudarn padahal selain memiliki tutur bahasanya begitu halus berbudi serta sangat jujur, juga memiliki kandungan nilai filosofi warisan orang tua terdahulu.(A-87/A-147)***

Baca Juga

Keberangkatan Umrah Tertunda Akibat Kelangkaan Stiker Visa

BANDUNG, (PR).-Biro-biro perjalanan umrah mengeluhkan kelangkaan stiker visa umrah yang dikeluarkan Kedubes Arab Saudi di Jakarta. Kelangkaan stiker visa umrah ini sudah terjadi sejak Kamis 31 Maret 2016 lalu. Akibatnya biro perjalanan menjadwalkan kembali keberangkatan jemaahnya.

banjir, banjaran,

Cisangkuy Meluap, Jalan Banjaran-Soreang Terendam Lagi

SOREANG, (PR).- Diguyur hujan selama beberapa jam pada Selasa sore, 5 April 2016, Jalan Banjaran-Soreang dan Jalan Raya Banjaran menuju Pangalengan, kembali terendam air luapan Sungai Cisangkuy.

Baru Satu Hari Dipasang, Jaring Penahan Sampah Jebol

SOREANG, (PR).-Jaring penahan sampah yang dipasang di aliran Sungai Citepus di Kampung Leuwimelang RT 1 RW 6 Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, jebol dihantam air deras dan tumpukan sampah kiriman Kota Bandung pada Selasa (5/4/2016) malam.