Uni Eropa Bantu Dana Hibah untuk Pendidikan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Uni Eropa memberikan bantuan hibah dana tahap pertama sebanyak 200 juta Euro atau sekitar Rp 2,4 triliun kepada pemerintah Indonesia, untuk mendukung program di sektor pendidikan. Dana hibah ini disalurkan untuk meningkatkan akses, kualitas, dan tata kelola dalam layanan pendidikan dasar secara nasional yang mengacu pada rencana
strategis (renstra) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) 2010-2014.

Penandatanganan perjanjian pendanaan dilakukan Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Rahmat Waluyanto, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh, dan Komisioner Urusan Pembangunan Komisi Eropa Andris Piebalgs, di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional Senayan, Jakarta, Selasa (25/5).

Seusai acara penandatanganan, Mendiknas mengatakan, dana hibah ini akan digunakan untuk penguatan program pendidikan, meliputi akses, kualitas, dan tata kelola pendidikan. ”Ini grant bukan loan. Kami berterima kasih banyak kepada Uni Eropa yang telah memberikan hibah,” ujarnya.

Menurut M. Nuh, pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang sangat jelas terhadap masalah pendidikan, yakni dengan
mengalokasikan anggaran dua puluh persen dari anggaran belanja negara. Selain itu, pemerintah Indonesia pada 2009-2014 meletakkan pendidikan sebagai salah satu prioritas di antara prioritas pembangunan yang lain.

”Konsekuensinya, seluruh sumber daya yang kita miliki harus diarahkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab, pendidikan termasuk salah satu program prioritas yang harus kita rampungkan 2009-2014,” katanya menjelaskan.

Komisioner Urusan Pembangunan Komisi Eropa Andris Piebalgs mengatakan, hibah ini merupakan dukungan anggaran yang pertama untuk Indonesia dan terbesar kedua di Asia. ”Dukungan ini menandai tahapan baru dalam memperkuat dan memperluas kemitraan antara Uni Eropa dan Indonesia,” katanya.

Program ini, menurut Piebalgs, didukung oleh Australia (Aus Aid) dan Bank Pembangunan Asia (ADB). Hibah dibagi 180 juta euro untuk dukungan anggaran (budget support) dan 20 juta euro untuk kerja sama analisis dan pengembangan kapasitas. (A-94/A-147)***

Baca Juga

Pangarmatim Beri Reward Prajurit yang Berprestasi

NASIONAL

SURABAYA, (PRLM).- Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H, M.A.P memberikan penghargaan (reward) kepada 23 prajurit Koarmatim mulai pangkat tamtama, bintara, perwira dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berprestasi di bidang olah raga dan profesiona

Sidang Mahkamah Konstitusi, KPK Lepas Tangan Terkait Bukti Rekaman Kriminalisasi

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Pemberantasan Korupsi lepas tangan terkait keberadaan bukti kriminalisasi lembaga antirasuah tersebut.

Sikap lepas tangan KPK terlihat dalam sidang judicial review (uji materi) pasal 32 ayat (2) Undang - Undang KPK di Mahkamah Konstitusi, Selasa (30/6/2015).

Evakuasi Puing-puing Hercules Ditargetkan Selesai Hari Ini

NASIONAL
MEDAN, (PRLM).- Proses evakuasi jenazah dan pemindahan puing-puing pesawat Hercules C-130 di Jalan Jaming Ginting, Medan, Sumatra Utara, ditargetkan sel

Alutsista Tua Ancaman Kader Bangsa Terbaik

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) tua semacam pesawat Hercules yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6/2015) menjadi ancaman keselamatan bagi kader-kader bangsa terbaik di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).