Peternakan Ayam Sentul Kembali Meningkat

MINAT masyarakat terhadap ayam kampung kembali meningkat. Hal tersebut, mendorong sejumlah peternak kembali bergairah menggeluti budidaya ayam kampung.*
KODAR SOLIHAT/PRLM
MINAT masyarakat terhadap ayam kampung kembali meningkat. Hal tersebut, mendorong sejumlah peternak kembali bergairah menggeluti budidaya ayam kampung.*

CIAMIS, (PRLM).- Usaha peternakan ayam Sentul kembali diminati masyarakat peternak di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka sejak setahun terakhir, seiring meningkatnya kembali minat konsumen mengkonsumsi ayam kampung. Karena perkembangan ini, stok bibit ayam Sentul Umur Sehari (day old chicken/DOC) dan telur ayam Sentul menjadi cepat habis.

Kepala Balai Pengembangan Perbibitan Ternak (BPPT) Unggas Jatiwangi Kab. Majalengka, Dinas Peternakan Jabar, Endang Wahyudin, didampingi Kasi Pengembangan, Djuhaeli, di Majalengka, Senin (10/5) mengatakan, karena besarnya pesanan dibandingkan stok, BPPT Unggas Jatiwangi baru dapat memenuhi pesanan sebanyak 60 persen. Sisanya, para peternak mencari dari sejumlah sesama peternak lagi, namun mereka pun menyimpan untuk kebutuhan sendiri.

Disebutkan, peternakan ayam Sentul merupakan produk plasma nutfah unggas ayam kampung Jabar. Ayam Sentul dapat dimanfaatkan untuk daging maupun telurnya, di mana peningkatan pesanan sangat terlihat dari sejumlah usaha rumah makan di Bandung dan jalur-jalur yang menghubungkan. (A-81/A-147) ***

Baca Juga

Jokowi Ingatkan Pengusaha yang tak Ikut Pengampunan Pajak

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo mengingatkan pemilik uang di luar negeri yang tercatat 95 persen pengusaha untuk berhati-hati jika tidak ikut program pengampunan pajak. Soalnya, program itu hanya sekali dan terbatas dalam periode hingga Maret 2017.

Brexit Melemahkan Nilai Tukar Poundsterling

LONDON, (PR).- Nilai tukar mata uang poundsterling terhadap dolar Amerika Serikat mencapai titik terendah dalam 31 tahun seiring dengan terguncangnya pasar keuangan menyusul keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE) atau Brexit.

Pendapatan Pedagang Seragam Sekolah Meningkat

SUKABUMI, (PR).- Libur kenaikan kelas yang sebentar lagi usai dimanfaatkan para orangtua untuk berburu seragam sekolah. Hampir di setiap toko seragam para orangtua memilih seragam yang cocok untuk anak mereka. Mereka mencari seragam untuk anak SD hingga SMA.

Jumlah Direksi dan Anak Usaha PTPN Akan Dipangkas

JAKARTA, (PR).- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melakukan transformasi menyeluruh terhadap PT Perkebunan Nusantara (PTPN) sebagai holding. Transformasi itu mulai dari pemangkasan direksi, pengawasan intensif, dan fokus pada usaha hulu.