Peternakan Ayam Sentul Kembali Meningkat

EKONOMI
MINAT masyarakat terhadap ayam kampung kembali meningkat. Hal tersebut, mendorong sejumlah peternak kembali bergairah menggeluti budidaya ayam kampung.*
KODAR SOLIHAT/PRLM
MINAT masyarakat terhadap ayam kampung kembali meningkat. Hal tersebut, mendorong sejumlah peternak kembali bergairah menggeluti budidaya ayam kampung.*

CIAMIS, (PRLM).- Usaha peternakan ayam Sentul kembali diminati masyarakat peternak di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka sejak setahun terakhir, seiring meningkatnya kembali minat konsumen mengkonsumsi ayam kampung. Karena perkembangan ini, stok bibit ayam Sentul Umur Sehari (day old chicken/DOC) dan telur ayam Sentul menjadi cepat habis.

Kepala Balai Pengembangan Perbibitan Ternak (BPPT) Unggas Jatiwangi Kab. Majalengka, Dinas Peternakan Jabar, Endang Wahyudin, didampingi Kasi Pengembangan, Djuhaeli, di Majalengka, Senin (10/5) mengatakan, karena besarnya pesanan dibandingkan stok, BPPT Unggas Jatiwangi baru dapat memenuhi pesanan sebanyak 60 persen. Sisanya, para peternak mencari dari sejumlah sesama peternak lagi, namun mereka pun menyimpan untuk kebutuhan sendiri.

Disebutkan, peternakan ayam Sentul merupakan produk plasma nutfah unggas ayam kampung Jabar. Ayam Sentul dapat dimanfaatkan untuk daging maupun telurnya, di mana peningkatan pesanan sangat terlihat dari sejumlah usaha rumah makan di Bandung dan jalur-jalur yang menghubungkan. (A-81/A-147) ***

Baca Juga

Indonesia Berharap Gabung Kembali dengan OPEC di Akhir Tahun

EKONOMI

WINA, (PRLM).- Indonesia berharap dapat bergabung kembali dengan kelompok produsen minyak, OPEC, dalam pertemuan berikut kelompok tersebut enam bulan lagi, menurut Menteri ESDM Sudirman Said.

Anggota OPEC Setujui Indonesia Kembali Bergabung

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Rencana Indonesia untuk bergabung kembali ke dalam kelompok eksportir minyak OPEC telah mendapat persetujuan dari semua anggota OPEC.

27 Perusahaan Raih Predikat Best Insurance 2015

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Media Asuransi memberikan penghargaan Insurance Award 2015 kepada 27 perusahaan asuransi terbaik berdasarkan kinerja keuangan tahun 2014. Kali ini merupakan penyelenggaraan Insurance Award yang ke-9, semenjak Media Asuransi mengadakan acara tahunan ini pada tahun 2007.

Investasi Tiongkok Didorong Serap Pengangguran di Indonesia

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Indonesia menyambut baik masuknya arus investasi dari negara Tiongkok. Diharapkan investasi yang berasal dari perusahaan-perusahaan asal Tiongkok itu dapat membantu penyerapan angkatan kerja baru, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.