Peternakan Ayam Sentul Kembali Meningkat

MINAT masyarakat terhadap ayam kampung kembali meningkat. Hal tersebut, mendorong sejumlah peternak kembali bergairah menggeluti budidaya ayam kampung.*
KODAR SOLIHAT/PRLM
MINAT masyarakat terhadap ayam kampung kembali meningkat. Hal tersebut, mendorong sejumlah peternak kembali bergairah menggeluti budidaya ayam kampung.*

CIAMIS, (PRLM).- Usaha peternakan ayam Sentul kembali diminati masyarakat peternak di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka sejak setahun terakhir, seiring meningkatnya kembali minat konsumen mengkonsumsi ayam kampung. Karena perkembangan ini, stok bibit ayam Sentul Umur Sehari (day old chicken/DOC) dan telur ayam Sentul menjadi cepat habis.

Kepala Balai Pengembangan Perbibitan Ternak (BPPT) Unggas Jatiwangi Kab. Majalengka, Dinas Peternakan Jabar, Endang Wahyudin, didampingi Kasi Pengembangan, Djuhaeli, di Majalengka, Senin (10/5) mengatakan, karena besarnya pesanan dibandingkan stok, BPPT Unggas Jatiwangi baru dapat memenuhi pesanan sebanyak 60 persen. Sisanya, para peternak mencari dari sejumlah sesama peternak lagi, namun mereka pun menyimpan untuk kebutuhan sendiri.

Disebutkan, peternakan ayam Sentul merupakan produk plasma nutfah unggas ayam kampung Jabar. Ayam Sentul dapat dimanfaatkan untuk daging maupun telurnya, di mana peningkatan pesanan sangat terlihat dari sejumlah usaha rumah makan di Bandung dan jalur-jalur yang menghubungkan. (A-81/A-147) ***

Baca Juga

KCIC Yakinkan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Aman

BANDUNG, (PR).- PT Kereta Cepat Indonesia China meyakinkan kereta cepat Bandung-Jakarta yang bekerja sama dengan Tiongkok aman digunakan. Tiongkok sudah sejak lama membeli teknologi dari Jerman dan Jepang, lalu mengembangkannya sendiri.

Tarif Angkot Belum Turun, Warga Diminta Maklum

BANDUNG, (PR).- Organisasi Angkutan Daerah Jawa Barat memohon masyarakat untuk mengerti jika masih menemukan penurunan tarif angkot yang bervariasi. Khusus angkot, tarif angkutan hanya turun berkisar sekitar Rp 90-100. Menurut Ketua Organda Jabar, Dede T.

Combine Corn Harvester, Permudah Panen dan Memipil Jagung

SOREANG, (PR).- Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengembangkan mesin yang dapat memanen dan memipil jagung secara sekaligus. Sebabnya, mesin tersebut sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses panen dan memipil jagung.

Blok Cepu Dongkrak Hasil Produksi Minyak Mentah Indonesia

JAKARA, (PR).- Rata-rata keluaran minyak mentah harian di Indonesia naik dalam kuartal pertama menjadi sekitar 835.000 per hari (bph), menurut seorang pejabat kementerian energi, sebagai hasil dari peningkatan produksi yang lama dinanti di blok Cepu yang dikelola Exxon Mobil Corp.