Kapal Tempur Prancis Hancurkan Kapal Induk Perompak Somalia

LUAR NEGERI

NAIROBI, (PRLM).- Kapal tempur Prancis telah menghancurkan kapal induk perompak, sekitar 480 mil laut sebelah timur pantai Somalia. Demikian dilaporkan Angkatan Laut Uni Eropa, Jumat (30/4).

Jurubicaa Angkatan Laut Uni Eropa, John Harbour, mengatakan kapal tempur Prancis, Nivose, Kamis (29/4), berlayar dan melakukan pencarian kapal-kapal perompak tersebut, namun para perompak ditemukan telah membuang perlengkapan perompakan mereka.

"Kapal tempur Nivose menemukan satu kapal induk dan dua perahu skoci pendukung, di sekitar 480 mil laut dari pantai Somalia. Semua 11 awak di dalam kapal perompak itu telah diangkut ke kapal Nivose, sementara dua perahu penyerang dan kapal induk itu ditenggelamkan," kata Habour dalam satu pernyataan.

Ia mengatakan Angkatan Laut Uni Eropa akan terus melancarkan pengejaran terhadap para perompak dan berusaha membendung aktivitas para perompak tersebut.

Angkatan laut Spanyol pada akhir pekan lalu juga menangkap delapan orang yang diduga perompak di lepas pantai Somalia, sebagai bagian dari misi anti-perompakan Eropa di kawasan itu.

Operasi perompak di lepas pantai Somalia telah meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden dalam beberapa bulan belakangan, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan, meskipun puluhan kapal angkatan laut asing berpatroli di kawasan itu. Harbour mengatakan lebih dari 40 kelompok perompakan yang terganggu dalam dua bulan terakhir tersebut menunjukkan bahwa strategi baru itu sedang berjalan.

Menurut Organisasi Anti-Perampokan Internasional, Biro Maritim Internasional, perompak Somalia telah menyerang kapal asing sebanyak 217 kali pada 2009, meningkat dua kali lipat dibanding pada 2008, yang tercatat 111 kali serangan. (das)***

Baca Juga

Israel Memburu Pembakar Bayi Palestina

LUAR NEGERI

DUMA, (PRLM).- Seorang bayi Palestina di kampung Duma, kota Nablus, tewas dalam aksi pembakaran yang diduga dilakukan pemukim Yahudi di Tepi Barat. Hal tersebut diungkapkan jubir kepolisian Israel, Luba Samri seperti dilaporkan BBC News, Jumat.

Jual Kapal Perang Batal, Prancis Siap Bayar Kompensasi ke Rusia

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM)- Prancis setuju membayar kompensasi kepada Rusia untuk pembatalan penjualan dua kapal perang, menurut pejabat Rusia.

Pembatalan penjualan itu terjadi sesudah pecah konflik di Ukraina timur, di mana Rusia dituduh mendukung kelompok separatis.

India dan Bangladesh Akhiri Konflik Wilayah Perbatasan

LUAR NEGERI

DHAKA, (PRLM).- India dan Bangladesh merayakan diakhirinya ketidakjelasan selama 68 tahun bagi puluhan ribu orang yang tinggal di sepanjang perbatasan yang dikuasai oleh kedua negara.

Inggris dan Prancis Blokir Migran yang Lewati Eurotunnel

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Inggris dan Prancis hari Minggu (2/8/2015) mengatakan "prioritas utama" mereka adalah memblokir arus besar ribuan migran yang akan masuk ke Inggris melalui Eurotunnel, atau terowongan bawah laut yang menghubungkan kedua negara tersebut.