Kapal Tempur Prancis Hancurkan Kapal Induk Perompak Somalia

LUAR NEGERI

NAIROBI, (PRLM).- Kapal tempur Prancis telah menghancurkan kapal induk perompak, sekitar 480 mil laut sebelah timur pantai Somalia. Demikian dilaporkan Angkatan Laut Uni Eropa, Jumat (30/4).

Jurubicaa Angkatan Laut Uni Eropa, John Harbour, mengatakan kapal tempur Prancis, Nivose, Kamis (29/4), berlayar dan melakukan pencarian kapal-kapal perompak tersebut, namun para perompak ditemukan telah membuang perlengkapan perompakan mereka.

"Kapal tempur Nivose menemukan satu kapal induk dan dua perahu skoci pendukung, di sekitar 480 mil laut dari pantai Somalia. Semua 11 awak di dalam kapal perompak itu telah diangkut ke kapal Nivose, sementara dua perahu penyerang dan kapal induk itu ditenggelamkan," kata Habour dalam satu pernyataan.

Ia mengatakan Angkatan Laut Uni Eropa akan terus melancarkan pengejaran terhadap para perompak dan berusaha membendung aktivitas para perompak tersebut.

Angkatan laut Spanyol pada akhir pekan lalu juga menangkap delapan orang yang diduga perompak di lepas pantai Somalia, sebagai bagian dari misi anti-perompakan Eropa di kawasan itu.

Operasi perompak di lepas pantai Somalia telah meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden dalam beberapa bulan belakangan, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan, meskipun puluhan kapal angkatan laut asing berpatroli di kawasan itu. Harbour mengatakan lebih dari 40 kelompok perompakan yang terganggu dalam dua bulan terakhir tersebut menunjukkan bahwa strategi baru itu sedang berjalan.

Menurut Organisasi Anti-Perampokan Internasional, Biro Maritim Internasional, perompak Somalia telah menyerang kapal asing sebanyak 217 kali pada 2009, meningkat dua kali lipat dibanding pada 2008, yang tercatat 111 kali serangan. (das)***

Baca Juga

Konferensi Asia Afrika 2015

PM Mesir Tanya Pengalihan Subsidi BBM

LUAR NEGERI

JAKARTA,(PRLM).- Setelah membuka Konferensi Parlemen Asia Afrika, di DPR-RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melanjutkan agenda pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) ke-60, di ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), J

Konferensi Asia Afrika 2015

Negara Asia Afrika Gelorakan Kembali Selatan-Selatan

LUAR NEGERI
jokowi,konferensi,asia afrika,south south, selatan selatan

JAKARTA, (PRLM).- Negara-negara Asia Afrika sepakat menggelorakan kembali inti perjuangan Selatan-Selatan, yaitu kesejahteraan, solidaritas, dan stabilitas negara-negara Asia Afrika.

Armenia Peringati 100 Tahun Pembantaian Massal

LUAR NEGERI

YEREVAN, (PRLM).- Presiden Armenia Serge Sarkisian memimpin upacara ulang tahun ke-100 peringatan pembunuhan satu setengah juta penduduk Armenia dalam Perang Dunia I.

Sekjen PBB Desak Myanmar Tentukan Status Penduduk Rohingya

LUAR NEGERI

NEW YORK, (PRLM).- Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mendesak pemerintah Myanmar, menentukan status kewarganegaraan Muslim Rohingya menjelang pemilu yang direncanakan berlangsung akhir tahun ini.