Kapal Tempur Prancis Hancurkan Kapal Induk Perompak Somalia

LUAR NEGERI

NAIROBI, (PRLM).- Kapal tempur Prancis telah menghancurkan kapal induk perompak, sekitar 480 mil laut sebelah timur pantai Somalia. Demikian dilaporkan Angkatan Laut Uni Eropa, Jumat (30/4).

Jurubicaa Angkatan Laut Uni Eropa, John Harbour, mengatakan kapal tempur Prancis, Nivose, Kamis (29/4), berlayar dan melakukan pencarian kapal-kapal perompak tersebut, namun para perompak ditemukan telah membuang perlengkapan perompakan mereka.

"Kapal tempur Nivose menemukan satu kapal induk dan dua perahu skoci pendukung, di sekitar 480 mil laut dari pantai Somalia. Semua 11 awak di dalam kapal perompak itu telah diangkut ke kapal Nivose, sementara dua perahu penyerang dan kapal induk itu ditenggelamkan," kata Habour dalam satu pernyataan.

Ia mengatakan Angkatan Laut Uni Eropa akan terus melancarkan pengejaran terhadap para perompak dan berusaha membendung aktivitas para perompak tersebut.

Angkatan laut Spanyol pada akhir pekan lalu juga menangkap delapan orang yang diduga perompak di lepas pantai Somalia, sebagai bagian dari misi anti-perompakan Eropa di kawasan itu.

Operasi perompak di lepas pantai Somalia telah meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden dalam beberapa bulan belakangan, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan, meskipun puluhan kapal angkatan laut asing berpatroli di kawasan itu. Harbour mengatakan lebih dari 40 kelompok perompakan yang terganggu dalam dua bulan terakhir tersebut menunjukkan bahwa strategi baru itu sedang berjalan.

Menurut Organisasi Anti-Perampokan Internasional, Biro Maritim Internasional, perompak Somalia telah menyerang kapal asing sebanyak 217 kali pada 2009, meningkat dua kali lipat dibanding pada 2008, yang tercatat 111 kali serangan. (das)***

Baca Juga

Perundingan Damai Suriah di Swiss Terancam Buntu

LUAR NEGERI

RIYADH, (PRLM).- Oposisi Suriah masih belum mau memastikan kehadiran mereka dalam perundingan damai bersejarah yang akan digelar di Swiss, Jumat (29/1/2016) siang waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Ada Bukti Kuburan Massal di Burundi

LUAR NEGERI

BUJUMBURA, (PRLM).- Kelompok hak asasi manusia Amnesty International mengatakan foto-foto satelit dan saksi menunjukkan kemungkinan adanya kuburan massal di Burundi yang muncul, setelah pasukan keamanan membalas dendam terhadap pemberontak bersenjata di Bujumbura.

NASA Memperingati 30 Tahun Musibah Pesawat Ulang Alik Challenger

LUAR NEGERI

FLORIDA, (PRLM).- Selasa 28 Januari 1986, pesawat ulang alik Challenger meledak setelah 73 detik lepas landas. Akibatnya, tujuh awak astronaut tewas karena pesawat hancur di atas Samudera Atlantik, lepas pantai pusat Florida.

Pesawat Tempur Rusia Kembali Langgar Wilayah Udara

LUAR NEGERI

ISTANBUL, (PRLM).- Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan sebuah pesawat tempur Rusia Su-34 memasuki wilayah udara Turki hari Jumat (29/1/2016) sekitar jam 09.45 UTC, meskipun pejabat-pejabat Turki dan NATO mengatakan telah memberi peringatan berulangkali.