Kapal Tempur Prancis Hancurkan Kapal Induk Perompak Somalia

LUAR NEGERI

NAIROBI, (PRLM).- Kapal tempur Prancis telah menghancurkan kapal induk perompak, sekitar 480 mil laut sebelah timur pantai Somalia. Demikian dilaporkan Angkatan Laut Uni Eropa, Jumat (30/4).

Jurubicaa Angkatan Laut Uni Eropa, John Harbour, mengatakan kapal tempur Prancis, Nivose, Kamis (29/4), berlayar dan melakukan pencarian kapal-kapal perompak tersebut, namun para perompak ditemukan telah membuang perlengkapan perompakan mereka.

"Kapal tempur Nivose menemukan satu kapal induk dan dua perahu skoci pendukung, di sekitar 480 mil laut dari pantai Somalia. Semua 11 awak di dalam kapal perompak itu telah diangkut ke kapal Nivose, sementara dua perahu penyerang dan kapal induk itu ditenggelamkan," kata Habour dalam satu pernyataan.

Ia mengatakan Angkatan Laut Uni Eropa akan terus melancarkan pengejaran terhadap para perompak dan berusaha membendung aktivitas para perompak tersebut.

Angkatan laut Spanyol pada akhir pekan lalu juga menangkap delapan orang yang diduga perompak di lepas pantai Somalia, sebagai bagian dari misi anti-perompakan Eropa di kawasan itu.

Operasi perompak di lepas pantai Somalia telah meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden dalam beberapa bulan belakangan, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan, meskipun puluhan kapal angkatan laut asing berpatroli di kawasan itu. Harbour mengatakan lebih dari 40 kelompok perompakan yang terganggu dalam dua bulan terakhir tersebut menunjukkan bahwa strategi baru itu sedang berjalan.

Menurut Organisasi Anti-Perampokan Internasional, Biro Maritim Internasional, perompak Somalia telah menyerang kapal asing sebanyak 217 kali pada 2009, meningkat dua kali lipat dibanding pada 2008, yang tercatat 111 kali serangan. (das)***

Baca Juga

Unik: Bayi Anjing Berkaki Delapan, Dua Ekor, Satu Kepala

LUAR NEGERI
Unik: Bayi Anjing Berkaki Delapan, Dua Ekor, Satu Kepala

PRLM - Seekor bayi anjing memiliki dua badan yang menempel di dadanya. Ada dua pasang kaki belakang, dua ekor, dengan satu kepala. Sementara dua kaki depan ada di dada, dan dua kaki lagi di punggung.

Padang Akan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Tertinggi IORA

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).- Pada Pertemuan the 5thIndian Ocean Rim Association (IORA) Bi-Annual Committee of Senior Officials (Bi-Annual CSO V) di Mauritius (29/5/2015), Indonesia mengumumkan bahwa rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri IORA ke-15 akan diselenggarakan di Jakarta dan Padang, Sumatera Barat pad

Mahkamah Tertinggi AS Berpihak pada Perempuan Berjilbab

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Mahkamah tertinggi Amerika Serikat telah memutuskan untuk berpihak pada perempuan Amerika yang ditolak untuk bekerja di sebuah toko karena mengenakan jilbab.

Sidang Mursi Ditunda 16 Juni 2015

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Sidang akhir untuk mengukuhkan vonis hukuman mati terhadap eks Presiden Mesir Muhammad Mursi ditunda. Dilansir Reuters, seharusnya sidang digelar Selasa (2/6/2015), tetapi jaksa memutuskan sidang ditunda selama dua pekan.