Kapal Tempur Prancis Hancurkan Kapal Induk Perompak Somalia

LUAR NEGERI

NAIROBI, (PRLM).- Kapal tempur Prancis telah menghancurkan kapal induk perompak, sekitar 480 mil laut sebelah timur pantai Somalia. Demikian dilaporkan Angkatan Laut Uni Eropa, Jumat (30/4).

Jurubicaa Angkatan Laut Uni Eropa, John Harbour, mengatakan kapal tempur Prancis, Nivose, Kamis (29/4), berlayar dan melakukan pencarian kapal-kapal perompak tersebut, namun para perompak ditemukan telah membuang perlengkapan perompakan mereka.

"Kapal tempur Nivose menemukan satu kapal induk dan dua perahu skoci pendukung, di sekitar 480 mil laut dari pantai Somalia. Semua 11 awak di dalam kapal perompak itu telah diangkut ke kapal Nivose, sementara dua perahu penyerang dan kapal induk itu ditenggelamkan," kata Habour dalam satu pernyataan.

Ia mengatakan Angkatan Laut Uni Eropa akan terus melancarkan pengejaran terhadap para perompak dan berusaha membendung aktivitas para perompak tersebut.

Angkatan laut Spanyol pada akhir pekan lalu juga menangkap delapan orang yang diduga perompak di lepas pantai Somalia, sebagai bagian dari misi anti-perompakan Eropa di kawasan itu.

Operasi perompak di lepas pantai Somalia telah meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden dalam beberapa bulan belakangan, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan, meskipun puluhan kapal angkatan laut asing berpatroli di kawasan itu. Harbour mengatakan lebih dari 40 kelompok perompakan yang terganggu dalam dua bulan terakhir tersebut menunjukkan bahwa strategi baru itu sedang berjalan.

Menurut Organisasi Anti-Perampokan Internasional, Biro Maritim Internasional, perompak Somalia telah menyerang kapal asing sebanyak 217 kali pada 2009, meningkat dua kali lipat dibanding pada 2008, yang tercatat 111 kali serangan. (das)***

Baca Juga

Indonesia Kecam Serangan Teroris

LUAR NEGERI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Indonesia mengecam terjadinya beberapa serangan teroris pada tanggal 26 Juni 2015 di tiga negara yang menyebabkan banyaknya korban sipil.

PM Yunani Akan Hormati Hasil Referendum

LUAR NEGERI

ATHENA, (PRLM).- Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengatakan ia akan menghormati hasil referendum yang akan segera diadakan mengenai masa depan ekonomi negaranya, jika rakyat mendukung babak baru langkah penghematan usulan Eropa yang ia tentang.

Subsidi BBM Dicabut, Rakyat Mesir Semakin Tercekik

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Akibat pertumbuhan ekonomi rendah dan tingkat inflasi tinggi, ini membuat harga barang-barang di Mesir meroket. Sementara penghasilan warga tak juga bertambah.

Ebola Kembali Melanda Liberia

LUAR NEGERI

NEDOWEIN, (PRLM).- Ebola kembali menelan korban jiwa di Liberia setelah seorang remaja meninggal dunia karena virus tersebut pada Minggu, (28/6/2015). Padahal, negara itu telah dinyatakan bebas dari Ebola lebih dari tujuh pekan lalu.