Kapal Tempur Prancis Hancurkan Kapal Induk Perompak Somalia

LUAR NEGERI

NAIROBI, (PRLM).- Kapal tempur Prancis telah menghancurkan kapal induk perompak, sekitar 480 mil laut sebelah timur pantai Somalia. Demikian dilaporkan Angkatan Laut Uni Eropa, Jumat (30/4).

Jurubicaa Angkatan Laut Uni Eropa, John Harbour, mengatakan kapal tempur Prancis, Nivose, Kamis (29/4), berlayar dan melakukan pencarian kapal-kapal perompak tersebut, namun para perompak ditemukan telah membuang perlengkapan perompakan mereka.

"Kapal tempur Nivose menemukan satu kapal induk dan dua perahu skoci pendukung, di sekitar 480 mil laut dari pantai Somalia. Semua 11 awak di dalam kapal perompak itu telah diangkut ke kapal Nivose, sementara dua perahu penyerang dan kapal induk itu ditenggelamkan," kata Habour dalam satu pernyataan.

Ia mengatakan Angkatan Laut Uni Eropa akan terus melancarkan pengejaran terhadap para perompak dan berusaha membendung aktivitas para perompak tersebut.

Angkatan laut Spanyol pada akhir pekan lalu juga menangkap delapan orang yang diduga perompak di lepas pantai Somalia, sebagai bagian dari misi anti-perompakan Eropa di kawasan itu.

Operasi perompak di lepas pantai Somalia telah meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden dalam beberapa bulan belakangan, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan, meskipun puluhan kapal angkatan laut asing berpatroli di kawasan itu. Harbour mengatakan lebih dari 40 kelompok perompakan yang terganggu dalam dua bulan terakhir tersebut menunjukkan bahwa strategi baru itu sedang berjalan.

Menurut Organisasi Anti-Perampokan Internasional, Biro Maritim Internasional, perompak Somalia telah menyerang kapal asing sebanyak 217 kali pada 2009, meningkat dua kali lipat dibanding pada 2008, yang tercatat 111 kali serangan. (das)***

Baca Juga

Tokyo Peringati 20 Tahun Serangan Gas Sarin

LUAR NEGERI

TOKYO, (PRLM).- Sebuah upacara diadakan di sebuah stasiun kereta bawah tanah Tokyo, Jumat (20/3/2015), guna memperingati serangan gas sarin oleh sekte Aum Shinrikyo.

Polisi Tangkap Pengancam Bunuh Diri Palsu

LUAR NEGERI

CALIFORNIA, (PRLM).- Seorang lelaki yang memampang ancaman palsu untuk bunuh diri di Facebook, telah ditahan dan dikirim ke rumah sakit jiwa selama hampir tiga hari.

Pemberontak Houthi Kuasai Kota Taiz

LUAR NEGERI

SANAA, (PRLM).- Sejumlah daerah di kota ketiga terbesar Yaman, Taiz, dikuasai pemberontak Syiah, demikian sejumlah laporan yang mengutip beberapa pejabat keamanan.

Bandara kota adalah salah satu daerah yang dikuasai pemberontak Houthi.

Masa Berkabung Singapura Sepekan

Jasad Lee akan Dikremasi di Mandai

LUAR NEGERI

SINGAPURA, (PRLM).- Untuk memberi penghormatan terakhir terhadap sang legenda Asia Lee Kuan Yew, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong telah mengumumkan masa berkabung nasional selama tujuh hari untuk ayahnya itu, yang dimulai Senin ini sampai Minggu (29/3/2015).