Seniman Lukis Bandung Galang Pengumpulan Dana

BANDUNG,(PRLM),- Untuk membantu 145 orang rekan-rekan seniman tari asal Jawa Barat yang akan mengikuti ajang World Dance Day 2010 di Surakarta, Solo, 28-30 April mendatang, sejumlah pelukis asal Bandung mengalang pengumpulan dana. Selain sebagai rasa solidaritas sesama seniman asal Jawa Barat, penggalangan dana juga sebagai wujud kepedulian akan upaya pelestarian seni budaya yang dilakukan seniman dan seniwati tari asal Jawa Barat.

“Kita merasa prihatin, akhir-akhir ini perhatian pemerintah (Jawa Barat) terhadap seni budaya, khususnya seni tradisi sangat minim. Karenanya, begitu kami mendengar para seniman tari akan ambil bagian dalam event internasional yang dipusatkan di Surakarta tidak mendapat bantuan apapun, kami langsung bersimpati dan turut melakukan penggalangan dana,” ujar pelukis yang juga kurator lukisan Zulkifli, saat ditemui di Galeri Teh, Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat.

Dikatakan Zulkifli, nilai nominal yang diberikan memang sangat kecil dari yang dibutuhkan. “Namun jangan dilihat dari besar kecilnya uang yang diberikan, tapi lihat dari niat tulus kami untuk membantu rekan-rekan sesama seniman yang sudah dengan tulus karena profesi yang selama ini digeluti pergi dengan uang sendiri,” ujar Zulkifli.

Hal yang membuat para seniman lukis Kota Bandung terenyuh dan bersimpati, meurut Zulkifli, adalah saat diketahui kalau yang pergi ke Surakarta sebagian besar adalah anak-anak usia belasan bahkan ada yang masih berusia lima tahun. “Mereka pergi ke Surakarta dengan semangat yang begitu tinggi, kita jangan mematikan semangat mereka dengan tidak memberikan perhatian secuilpun,” ujar Zulkifli yang diamini sejumlah rekannya. (A-87/kur)***

Komentari di Facebook !