Tiga Balon Walikota Depok dari PKS Dimunculkan

DEPOK, (PRLM).- Tiga nama bakal calon (balon) Walikota Depok dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akan bertarung pada Pemilukada 2010 akhirnya dimunculkan. Namun nama ketiga balon walikota tersebut hingga saat ini masih diinisialkan. Di antaranya P, NMI dan MA. ”Ketiga nama itu akan diluncurkan minggu depan untuk dilakukan survei,” ujar Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Depok, Mujtahid Rahman Yadi di sela acara Aksi Donor Darah Pandu Keadilan di Sekretariat DPD PKS, Margonda Raya, Depok, Minggu (11/4).

Menurut Yadi, nama ketiga balon tersebut adalah nama yang telah mendapat rekomendasi dari Dewan Syuro DPP PKS. Minggu depan atau pada Rabu tiga nama tersebut akan segera diputuskan Dewan Syuro DPP, selanjutnya akan dilakukan uji lapangan. “Ketiga nama ini akan dilakukan survey, siapa yang paling unggul di tingkat internal atau eksternal,” ujarnya.

Ia menambahkan, rencananya akan dilakukan survey di lapangan untuk menentukan siapa yang kuat di antara tiga nama tersebut. Siapa yang paling unggul, lanjutnya, tingkat popularitas maupun elektabilitasnya akan diusung. Teknisnya, survey dilakukan secara internal pada 1.768 kader yang memiliki hak suara dari 10 ribu kader PKS di Kota Depok.

Yadi menegaskan, pihaknya akan menyiapkan lembaga Survey yang ditunjuk secara internal. Hanya saja, tutur Yadi, untuk penentuan bobot berapa persen internal dan eksternal tetap dari dewan syuro.

Ketika ditanya siapa untuk calon Wakil Walikota, Yadi menjelaskan, sampai saat ini sudah banyak beberapa nama yang melamar untuk bergabung dengan PKS. Pelamar yang datang untuk mendaftar posisi wakil walikota ada dari independent yang sudah memasang baliho dan dari kalangan artis.

Menurut Yadi, mekanisme penentuan calom Wakil Walikota bisa melalui konvensi dari nama yang masuk atau penunjukkan langsung yang biasa berlaku di PKS. Penunjukan, lanjutnya, bisa terjadi pada mereka yang telah melakukan komunikasi secara intens. (A-163/das)***

Baca Juga

302 Pendaftar Lolos Seleksi PPK

CIKARANG, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mengumumkan 302 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2017, Senin 27 Juni 2016. Nama-nama tersebut berhasil lolos penelitian administrasi.

KPU Serahkan Penambahan Anggota Kepada Presiden

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan keputusan penambahan anggota baru selepas meninggalnya Husni Kamil Manik kepada Presiden. Berdasarkan aturan, anggota KPU harus berjumlah 7 orang.

DPR Beri Sinyal Penolakan Sistem Proporsional Terbuka

JAKARTA, (PR).- Muncul wacana penolakan terhadap rancangan undang-undang usulan pemerintah untuk menerapkan sistem proporsional daftar terbuka dalam pemilihan calon legislatif. Penolakan terutama muncul terkait dengan persoalan "unjuk kekuatan" modal di antara caleg.