Ribuan Pohon Albasiah di Tasik Terserang Virus

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM),- Ratusan petani Kabupaten Tasikmalaya yang menanam sekitar 730.000 pohon albasiah mengeluh, karena tanamannya terserang hama penyakit karat puru, yang menyebabkan batang atau ranting pohon terlihat bisul-bisul. Kerugan yang diderita petani diperkirakan mencapai Rp 4 miliar.

Keberadaan virus itu berpotensi menimbulkan kerugian besar bagi para petani, sebab pohon yang telah terkena virus itu biasanya tak kunjung berkembang, bahkan banyak yang mengalami kematian. Solusi yang dilakukan para petani agar hama tersebut tidak menyebar yakni memotong ranting atau cabang pohon yang sudah terkena kemudian membakarnya.
“Kami masih bingung membasminya, jalan terbaik membakar batang atau ranting yang terkena,” ujar Amur (55), seorang petani asal Tasikmalaya Selatan.

Menurut Amur, penyebaran virus tersebut terjadi sejak setahun ini, dan virus itu menyerang tanaman segala umur, dan biasanya bagian pohon yang sudah terkena sulit diobati hingga akhirnya berujung pada kematian tanaman. Bahkan beberapa pupuk serta pengobatan dengan semprotan pernah dilakukan oleh para petani, namun hasilnya belum terlihat. Diduga hama pohon itu awalnya dibawa dari daerah Jawa, karena sebagian besar bibit tanaman yang di pakai berasal dari sana. “Saya dengar katanya awalnya dari Jawa,” ujar Amur.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tasikmalaya, H Kundang Sodikin Kamis (25/3) membenarkan, di wilayahnya terjadi serangan penyakit pohon tersebut. "Bahkan akibat menyebarnya penyakit tersebut, kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp 4 miliar,” ujar H Kundang. (A-14/A-120)***

Baca Juga

Satu Karung tak Layak Konsumsi

Bulog Langsung Ganti Raskin yang Rusak

JAWA BARAT
SURATNO/PRLM

INDRAMAYU, (PRLM),- Kepala Sub Bulog Divre Indramayu, M.Attar Rizal mengatakan, pihaknya telah mengganti sekarung beras miskin (raskin) yang dinilai tidak layak konsumsi karena kondisinya rusak, pergantian raskin itu berkat adanya informasi yang didapat.

Pelajar SMK Tenggelam di Kolam Saat Kegiatan Pramuka

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).-Seorang pelajar SMK Al Fatma Cianjur tewas didalam kolam Solemat diareal Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, Sabtu (28/3/2015).

Dewan Prihatin Silpa Cukup Besar

JAWA BARAT
ANI NUNUNG/PRLM

CIREBON, (PRLM).- Besarnya sisa lebih perhitungan anggaran atau silpa APBD 2014 yang mencapai Rp 148 miliar, membuat prihatin kalangan dewan.

Produksi Gabah Majalengka Lampaui Target

JAWA BARAT
TATI PURNAWATI/KC

MAJALENGKA, (PRLM).- Kabupaten Majalengka dinyatakan over produksi gabah kering giling sebanyak 7.200 ton di tahun 2014 lalu, target produksi tersebut melebihi target nasional sebesar 6.750 ton.