Ribuan Pohon Albasiah di Tasik Terserang Virus

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM),- Ratusan petani Kabupaten Tasikmalaya yang menanam sekitar 730.000 pohon albasiah mengeluh, karena tanamannya terserang hama penyakit karat puru, yang menyebabkan batang atau ranting pohon terlihat bisul-bisul. Kerugan yang diderita petani diperkirakan mencapai Rp 4 miliar.

Keberadaan virus itu berpotensi menimbulkan kerugian besar bagi para petani, sebab pohon yang telah terkena virus itu biasanya tak kunjung berkembang, bahkan banyak yang mengalami kematian. Solusi yang dilakukan para petani agar hama tersebut tidak menyebar yakni memotong ranting atau cabang pohon yang sudah terkena kemudian membakarnya.
“Kami masih bingung membasminya, jalan terbaik membakar batang atau ranting yang terkena,” ujar Amur (55), seorang petani asal Tasikmalaya Selatan.

Menurut Amur, penyebaran virus tersebut terjadi sejak setahun ini, dan virus itu menyerang tanaman segala umur, dan biasanya bagian pohon yang sudah terkena sulit diobati hingga akhirnya berujung pada kematian tanaman. Bahkan beberapa pupuk serta pengobatan dengan semprotan pernah dilakukan oleh para petani, namun hasilnya belum terlihat. Diduga hama pohon itu awalnya dibawa dari daerah Jawa, karena sebagian besar bibit tanaman yang di pakai berasal dari sana. “Saya dengar katanya awalnya dari Jawa,” ujar Amur.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tasikmalaya, H Kundang Sodikin Kamis (25/3) membenarkan, di wilayahnya terjadi serangan penyakit pohon tersebut. "Bahkan akibat menyebarnya penyakit tersebut, kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp 4 miliar,” ujar H Kundang. (A-14/A-120)***

Baca Juga

Jelang Mudik, Muraz Bingung Terkait Mobil Dinas

JAWA BARAT

SUKABUMI (PRLM).- Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Jumat (3/7/2015) masih kebingungan untuk mengambil kebijakan soal mobil dinas (mobdin) yang digunakan pegawai negeri sipil (PNS) untuk keperluan mudik.

RSUD Sumedang Intensifkan IGD Menjelang Lebaran

JAWA BARAT
RSUD Sumedang Intensifkan IGD Menjelang Lebaran

SUMEDANG, (PRLM).- Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang akan mengintensifkan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

Pencetakan KTP Terhambat Ketiadaan Tinta

JAWA BARAT
PEMOHON Kartu Tanda Penduduk di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Majalengka mengantre di depan loket pendaftaran, Selasa (7/7/2015). Namun para pemohon terpaksa kembali tanpa membawa KTP-nya karena ketiadaan tinta.*

MAJALENGKA, (PRLM).- Pencetakan Kartu Tanda penduduk di Kabupaten Majalengka kembali terhenti sementara akibat ketiadaan tinta. Para pemohon KTP yang setiap hari membeludak harus rela menunggu hingga hingga tinta kembali tersedia, Selasa (7/7/2015).

Penyidik Kejari Batal Periksa Wakil Ketua DPRD

JAWA BARAT

MAJALENGKA,(PRLM).- Wakil Ketua DPRD Majalengka Ali Surahman batal diperiksa penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Majalengka sebagai tersangka dugaan kasus korupsi dana CSR yang dikeluarkan oleh PT Sanghiang Sri tahun 2011/2012.