Empat RPH Ilegal Resahkan Warga Bekasi

JAWA BARAT

BEKASI, (PRLM).-Sebanyak empat Rumah Pemotongan Hewan (RPH) babi dan anjing tak berizin di kampung Rawa Kalong, Desa Setia Mekar, RT 05 RW21, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi meresahkan warga. Pasalnya, RPH tersebut berada di tengah permukiman penduduk.

"Kami khawatir atas dampak dari RPH tersebut. Penduduk di sini sudah sangat terganggu oleh limbah sisa pemotongan. Kami khawatir hewan ternaknya mengandung virus," ujar Dani (30), salah seorang warga Kampung Rawa Kalong ketika ditemui "PRLM", Kamis (18/3).

Menurutnya, RPH tersebut sudah ada sejak sepuluh tahun lalu. Awalnya, warga tidak berkeberatan, namun setelah diselidiki ternyata RPH tersebut tidak mempunyai izin. "Kalau tidak punya izin berarti kan tidak punya standar pemotongan hewan dan keamanan dari kegiatan tersebut, termasuk limbah yang dibuang," ucapnya.

Kepala Desa Setia Mekar, M. Sebih, mengatakan hampir setiap hari didatangi oleh warga yang menanyakan tindak lanjut penutupan RPH tersebut. "Warga sudah sangat resah dengan aktivitas RPH. Sebab hewannya berisik dan baunya sangat menyengat, belum lagi bahaya penyakit yang ditimbulkan," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Bekasi, Asep Adid Kusnadit, mengatakan keberadaan RPH tersebut telah menyalahi aturan karena tidak mempunyai surat-surat perizinan, dan sistem pengolahan produksi yang tidak layak.

"Salah satu syarat mendirikan RPH, tempatnya minimal berjarak 100 meter dari permukiman penduduk untuk menghindari pencemaran lingkungan. Sementara para pengsaha itu membangun di tengah pemukiman penduduk," katanya.(A-186/A-50)***

Baca Juga

Bupati Garut Akan Evaluasi PNS tak Disiplin

JAWA BARAT

GARUT, (PRLM).- Bupati Garut, Rudy Gunawan, akan lakukan evaluasi terhadap para PNS yang tidak berdisiplin saat mengikuti upacara-upacara yang diadakan untuk memperingati dan menghormati perjuangan bangsa Indonesia.

Polda Jabar Buka Kantor Samsat Baru di Kawali Ciamis

JAWA BARAT

CIAMIS,(PRLM).- Memenuhi keinginan masyarakat untuk memudah pelayanan pembayaran pajak kendaraan, kepolisian daerah membuka kembali satu Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) unit Kawali di Kabupaten Ciamis.

Polres Tasikmalaya Amankan Sepasang Konsumen Karaoke

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Hanya berselang beberapa saat setelah Pemkot Kota Tasikmalaya menyatakan Tempat Karaoke Reyhan’s ditutup sementara, satu pasang konsumen di tempat karaoke lainnya mesti diamankan pihak kepolisian karena salah satunya berada dalam kondisi mabuk berat dan tidak dapat menunjuka

Tasim Terkubur Longsor dalam Sumur

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Seorang penggali sumur, Tasim (48) warga Kampung Pangadungan Desa Sindangsari Kecamatan Ciakum Kabupaten Subang tewas tertimbun longsor saat menggali sumur milik Parni di Desa Kawunganten, Kecamatan Cikaum.