Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji Jateng Capai 109.248 Orang

NASIONAL

PURWOKERTO,(PRLM).- Daftar tunggu peserta haji di Jawa Tengah yang terekam pada bank-bank sampai Senin (1/3) pagi tercatat sudah mencapai 109.248 orang. Padahal kuota haji untuk 2010 hanya 29.435 orang calon.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kkementrian Agama Kabupaten Banyumas Drs.Purwanto Hendro, menjelaskan, dari data tersebut, untuk prediksi kuota haji Jawa Tengah sampai dengan tahun 2013 masih tersisa sekitar 8.400 orang calon.

Sedangkan hasil monitoring tabungan haji sampai Senin pagi, di Kabupaten Banyumas tercatat sudah terdaftar sebanyak 4.202 penabung aktif. "Padahal kuota untuk tahun ini hanya 1.057 orang, sehingga terdapat 3.152 calon haji yang masuk dalam daftar tunggu," kata Purwanto.

Diprediksi calon haji yang masuk dalam daftar tunggu hingga 2011 mencapai 1.086 calon jemaah haji, tahun berikutnya 2012 membengkak hingga 1.060 calon jemaah haji.

Sementara calon jemaah haji daftar tunggu hingga 2013 sampai hari Senin pagi tadi sudah mencapai 1006 calon jemaah haji. "Jumlah tersebut, kemungkinan akan terus bertambah, karena masih banyak calon jemaah haji yang datang ke kantor kementrian Agama Kabupaten Banyumas untuk berkonsultasi sebelum mendaftarkan diri ke bank-bank tertentu," katanya.

Saat ini kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, masih menunggu keputusan pemerintah tentang ketentuan setoran awal bagi calon jemaah haji. Sementara untuk kegiatan administrasi, saat ini, tengah dilakukan pemeriksaan kelengkapan, termasuk pas foto calon jemaah haji.(A-99/A-50)***

Baca Juga

Hotman Pertanyakan Kedalaman Kuburan Angeline

NASIONAL
DENPASAR, (PRLM).- Hotman Paris Hutapea, kuasa hukum Agustinus Tae, tersangka pembunuhan Angeline Margriet Megawe (8) mengaku bertanya kepada penyidik seberapa dalam kuburan korban di tempat kejadian perkara, di Jalan Sedap Malam, Denpasar, Bali.

Peran Penting Air Sering Terabaikan

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Ketika pertumbuhan penduduk bumi sudah mencapai 7 miliar orang, tentu membutuhkan pasokan air dan pangan dalam jumlah besar. Air memiliki peranan strategis untuk mengairi pertanian dan untuk konsumsi langsung manusia.

Gatot Nurmantyo Dilantik Jadi Panglima TNI Rabu Besok

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (8/7/2015), di Istana Negara, Jakarta, dijadwalkan akan melantik Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (saat ini Kepala Staf TNI AD) sebagai Panglima TNI, dan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Purn.

Pembentukan DOB Bukan Untuk Bagi-bagi Jabatan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Adanya pembentukan daerah otonomi baru (DOB) seharusnya bukan untuk bagi-bagi jabatan. Tujuan adanya DOB hanya satu, yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat.