Pasar Tradisional Kian Terdesak

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Sepuluh provinsi berkomitmen menjaga dan melindungi keberadaan pasar tradisional yang saat ini kian terdesak oleh pasar modern. Sebagai salah satu langkah strategis, mereka akan mengusulkan adanya kajian revisi Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional.

Komitmen itu merupakan hasil pertemuan Mitra Praja Utama (MPU) di Bandung, belum lama ini. Kesepuluh pemprov yang tergabung dalam MPU itu yakni Jawa Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta, Jatim, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

”Perkembangan pasar modern dan minimarket saat ini cukup mengkhawatirkan kelangsungan pasar tradisional. Oleh karena itu, kami berkomitmen melakukan upaya perlindungan dan pemberdayaan pasar tradisional, walaupun pengembangan pasar merupakan kewenangan pemerintah pusat,” ujar Kepala Biro Administrasi Perekonomian Jabar, Ir. H. M. Taufiq Budi Santoso.

Sejauh ini, kata dia, belum ada peraturan perundang-undangan yang mampu mengakomodasi permasalahan yang menimbulkan keterpurukan pasar tradisional di hadapan pasar modern. Di sisi lain, pertumbuhan dan perkembangan pasar modern terbilang sangat pesat.

Selain akan mengusulkan pengkajian PP, kesepuluh provinsi juga sepakat untuk meminta kejelasan mengenai tugas pokok dan fungsi serta peranan pemerintah pusat, provinsi, dan kab./kota. Hal itu akan dituangkan dalam pedoman penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan toko modern. (A-150/A-147)***

Baca Juga

Menghasilkan Lima Juta Pekerjaan

Indonesia Bela Penebangan Hutan untuk Kelapa Sawit

EKONOMI

WASHINGTON, (PRLM).- Pembukaan hutan untuk perkebunan kelapa sawit adalah masalah "teknis" yang seharusnya tidak dikaitkan dengan pembicaraan perdagangan, menurut seorang pejabat dalam konferensi lahan dan kemiskinan.

Harga Bahan Makanan Pokok di Kuningan Relatif Stabil

EKONOMI
NURYAMAN/PRLM

KUNINGAN, (PRLM).-Harga pasaran berbagai komoditas bahan makanan pokok di Kabupaten Kuningan pascakenaikan harga bahan bakar minyak jenis solar dan premium, dalam dua hari terakhir relatif masih stabil.

Indonesia Tegaskan Tingkatkan Green Jobs

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Indonesia menegaskan kembali komitmen untuk memperbanyak pekerjaan yang ramah lingkungan (green jobs) di semua sektor pekerjaan untuk mewujudkan perbangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.