LPSE Disosialisasikan di Lingkungan Pemkab Garut

GARUT, (PRLM).- Ratusan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut Rabu mendapatkan materi sosialisasi mengenai Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) atau "e-procurement".

"Layanan perangkat elektronik tersebut akan memfasilitasi proses pelelangan hingga penentuan pemenang," kata Kepala LPSE Provinsi Jawa Barat (Jabar), Karso seperti dikutip Antara, Eabu (18/11)..

Dia mengemukakan penanganan secara manual juga berlangsung pada kegiatan evaluasi meski dipastikan tak terdapat celah untuk merekayasa nilai lelang berikutnya karena akan terjadi perbedaan angka dengan data awal.

Menurut dia jasa layanan ini telah terbukti efektif, efisien, aman dan nyaman.

Sementara itu Wakil Bupati Garut R. Diky Candra saat ditemui secara terpisah mengemukakan apapun program dan kebijakan yang diterapkan, dipastikan pula terdapat kekurangan karena yang membuat serta melaksanakan peraturan sama-sama manusia.

"Karena itu diperlukan komitmen bersama yang jelas, untuk terus melakukan inovasi pembenahan serta perbaikan kearah yang lebih baik dan sempurna," katanya.

Dia mengingatkan LPSE juga merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir kebocoran maupun sebagai sarana pencegahan yang dinilai patut dijadikan proses pembelajaran yang baik.

Pendapat senada disampaikan asisten perekonomian dan pembangunan setda setempat H. Budiman yang menyatakan LPSE tersebut paling lambat diberlakukan di daerah mulai tahun anggaran 2010.

Kendati penerapannya masih perlu ditunjang aspek legalitas formal antara lain melalui penerbitan Peraturan Daerah maupun produk hukum lain.

"Terkait pemanfaatan LPSE yang juga memiliki aspek efisiensi waktu biaya serta banyak kemudahan bahkan aman dan nyaman termasuk aspek kejujurannya tinggi," katanya. (A-120) ***

Baca Juga

Lebih Rendah Mana, Upah Minimum Buruh atau PNS?

SETIAP November gubernur menetapkan upah minimum bagi buruh swasta baik di kota maupun kabupaten, yang berlaku per Januari tahun berikutnya. Upah Minimum Kota/Kabupaten mengacu pada  inflasi dan pertumbuhan ekonomi di tiap-tiap daerah.

KBM Belum Sepenuhnya Normal Pasca Pengukuran Lahan Ricuh

MAJALENGKA,(PR).- Kegiatan belajar mengajar di SD Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka mulai berangsur normal walaupun belum seluruhnya masuk sekolah, setelah pelaksanaan pengukuran lahan untuk perluasan Bandara Internasiolan Jawa Barat beberapa hari lalu.

Tim Saber Pungli Cirebon Terkendala Dana

CIREBON, (PR).- Pembentukan tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kota Cirebon terkendala pendanaan. Namun Pemkot Cirebon tetap akan mengusahakan agar dananya bisa dianggarkan di APBD 2017.

Tiga Bendungan Segera Dibangun di Jabar

JAKARTA, (PR).- Tiga bendungan yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat ditandangani kontraknya secara serentak dan segera dibangun. Selain untuk mengatasi kebutuhan air, pembangunan ketiga bendungan itu juga untuk mengendalikan banjir dan mendukung irigasi pertanian.