Jabar Kirim 271 Atlet ke Popnas

BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 271 atlet dan ofisial yang memperkuat kontingen Jabar pada Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) X/2009 dikukuhkan dan diberi pembekalan oleh Dinas Olah Raga dan Pemuda (Disorda) Jabar, Senin (26/10), di Hotel Trio, Jln. Gardujati, Kota Bandung. Mereka akan membela Jabar pada event dua tahunan tersebut, yang akan berlangsung di Yogyakarta, 1-11 November mendatang.

Kepala Seksi Pembinaan dan Bakat Disorda Jabar Nandang Saptari mengemukakan, pemusatan latihan para atlet telah dilakukan sejak Sabtu (24/10) lalu, direncanakan sampai Jumat (30/10). Menurut Nandang, ditargetkan mereka dapat memperbaiki perolehan medali dari Popnas IX/2007 lalu. Pada Popnas 2007 yang berlangsung di Kaltim tersebut, Jabar menempati posisi ketiga, dengan perolehan medali 22 emas, 23 perak, dan 33 perunggu.

"Jabar selalu masuk 'Tiga Besar" di setiap Popnas. Jika pada 2007 berada di urutan ketiga, pada Popnas kali ini diharapkan bisa runner up, dengan peningkatan raihan medali," kata Nandang yang juga Wakil Kontingen Popnas Jabar.

Dari 18 cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan, Jabar berpartisipasi pada 17 cabor, yaitu angkat besi (11 atlet), pencak silat (22), tenis lapangan (12), sepak takraw (20), tenis meja (11), basket (29) putra dan putri, voli (29) putra dan putri, bulutangkis (13), judo (11), senam (15), gulat (13), atletik (17), dayung (19), panahan (15), renang (16), voli pasir (6), dan taekwondo (12). Khusus untuk cabor voli pasir dan taekwondo, sifatnya hanya eksibisi, karena tahun depan akan diajukan sebagai program inti. Sementara cabor yang tidak diikuti adalah sepak bola, karena Jabar mengundurkan diri dari babak kualifikasi.

Sementara itu, Kepala Disorda Jabar Amung Ma'mun mengatakan, kontingen Jabar harus bisa mengkaji persentase perolehan medali, antara nomor yang dipertandingkan dengan perolehan medali. Idealnya, menurut Amung, bisa mengusai sekitar 15 sampai 20 persen perolehan medali.

"Bukannya tidak mengutamakan urutan, tapi akan lebih baik kalau ada peningkatan prestasi dari Popnas sebelumnya," kata Amung. (A-187/A-26)***

Baca Juga

PON XIX Jawa Barat, jabar, PON XIX,

Data Atlet Diundur, KONI Jabar Pertanyakan Keputusan Pusat

BANDUNG, (PR).- Komite Olahraga Nasional Indoneisa (KONI) Jawa Barat kembali melakukan pemantauan ulang baik untuk nomor pertandingan ataupun atlet yang akan diturunkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016.

Inilah Lima Pemain Muda yang Bersinar di Euro 2016

PARIS, (PR).- Tidak terasa, Euro 2016 telah menyentuh babak semiinal. Portugal, Wales, Jerman, dan Prancis menjadi empat tim yang tersisa untuk berebut trofi Henri Delaunay di Stade de France pada 10 Juli mendatang.

Prancis Miliki Rekor Lebih Baik Ketimbang Portugal

PARIS, (PR).- Di final, apa pun bisa terjadi. Prinsip klise itu kiranya dipegang teguh oleh Portugal saat menghadapi tim favorit sekaligus tuan rumah Prancis dalam final Euro 2016, Senin 11 Juli 2016 dini hari WIB, di Stade de France.