Jokowi Mimpikan Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon Seoul

sungai ciliwung.jpg
Kering/BAMBANG ARIFIANTO/PR
WARGA melintasi badan Sungai Ciliwung yang mengering di kawasan Jembatan Grand Depok City, Kota Depok, Minggu 24 September 2017. Menyusutnya Ciliwung diiikuti meningkatkan pencemaran akibat aktivitas warga.*

SEOUL, (PR).- Presiden Joko Widodo bermimpi Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta bisa sebersih Sungai Cheongyecheon, Seoul, Korea Selatan.

"Ini sebuah sungai di kota yang bersih sekali, Sungai Cheongyechoen, sebuah inspirasi bagus. Kalau di Jakarta ada Ciliwung jadi bersih seperti ini, wooo...dan itu bisa," kata Presiden usai menyusuri Sungai Cheongyecheon di seoul, Korea Selatan, Selasa, 11 September 2018, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Kepala Negara mengungkapkan bahwa Sungai Cheongyechong pada 2003 kondisinya kurang lebih sama dengan Sungai Ciliwung.

"Tetapi dikerjakan dalam waktu dua tahun tiga bulan sungainya jadi sangat bersih lagi seperti jaman dahulu kala," katanya.

Presiden mengungkapkan bahwa panjang Sungai yang membelah ibukota Korea Selatan ini sepanjang 8 kilometer dan 5,8 km sudah dalam kondisi jernih.

"Saya kira sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan kita bisa mengerjakan menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau bisa," kata Presiden.

Jokowi mengatakan jika ada kemauan maka bisa langsung dibangun tanpa ada peraturan yang untuk mengaturnya.

"Ini hanya 2,3 tahun jaman Walikota Lee Myung-bak sungai bersih seperti ini, sehingga walikotanya jadi presiden," katanya.

Ilmu membersihkan sungai

Jokowi mengaku sejak 2017 menjadi warga kehormatan Seoul, sehingga bisa minta apa saja, termasuk minta ilmu cara membersihkan sungai.

"Kalau jadi warga kehormatan di sini minta apa saja diberi. Saya minta resepnya bangun apa ini sungai Chongyesheon ini ke Mayor Park (Won-soon)," kata Presiden yang didampingi Walikota Seoul Park Won-soon ini.

Park Wo-soon sangat terkesan dengan kehadiran Presiden Jokowi di Sungai Cheongyecheon ini dan dirinya siap membantu permasalahan sungai di Jakarta.

"Jakarta dan Seoul adalah 'sister city', apapun yang bapak perlukan kami siap karena bapak (Presiden Jokowi) warga kehormatan Seoul," kata Park Wo-soon.***

You voted 'senang'.

Baca Juga

Menkominfo: Iklan di Bioskop Bukan Iklan Politik Jokowi

JAKARTA, (PR).- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meluruskan kabar iklan politik Presiden Joko Widodo yang muncul di bioskop. Dia menyatakan iklan tersebut merupakan capaian program pemerintah.

Terpal Barang Langka di Lombok

MATARAM, (PR).- Warga terdampak gempa bumi 6,9 Skala Richter (SR) di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, kesulitan mendapatkan terpal di pasaran untuk tenda darurat.