Pelantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Delapan Kepala Daerah Lain Diwarnai Kirab

Kirab/ANTARA FOTO
PRESIDEN Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih mengikuti prosesi kirab di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 5 September 2018.*

JAKARTA, (PR).- Setelah adanya perubahan jadwal berkali-kali, pelantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta pasangan Uu Ruzhanul Ulum terlaksana. Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur terpilih, di Istana Negara Jakarta, Rabu 5 September 2018. Satu di antaranya Ridwan-Uu.

Penyerahan petikan kepada sembilan pasangan kepala daerah terpilih ini sebagai awal prosesi pelantikan kepala daerah pada pukul 09.30 WIB.

Penyerahan petikan keppres ini secara berurutan kepada Gubernur Sulawesi Selatan terpilih Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sudirman Sulaiman, Gubernur Sumatera Utara terpilih Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Gubernur Sulawesi Tenggara terpilih Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen.

Selanjutnya Gubernur Bali terpilih I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Gubernur Kalimantan Barat terpilih Sutarmidji dan Wakil Gubernur Ria Norsan, Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe dan Wagub Klemen Tinal, Gubernur Nusa Tenggara Timur terpilih Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub Josef Nae Soi.

Usai menerima petikan keppres pengangkatan, kesembilan pasangan gubernur-wakil gubernur terpilih ini diarak oleh pasukan drumband Paspampres. Mereka berjalan menuju Istana Merdeka untuk melakukan prosesi sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo.

Pelantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta pasangannya Uu Rizhanul, dihadiri oleh banyak tamu. Antara lain, kepala lembaga negara, menteri Kabinet Kerja serta undangan lainnya.

Pelantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan 8 pasang kepala daerah diwarnai arak-arakan

Pelantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan 8 kepala daerah mulanya diawali dengan prosesi penyerahan petikan keputusan presiden (keppres) di Istana Merdeka. Terdapat arak-arakan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, diikuti sembilan pasang gubernur-wakil gubernur terpilih menuju ke Istana Negara.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD RI 1945, dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Presiden Joko Widodo memimpin sumpah jabatan.

Sembilan pasang kepala daerah itu dilantik berdasarkan Keppres Nomor: 152/P sampai dengan 156/P/2018 tertanggal 28 Agustus 2018, Keppres Nomor: 158/P tahun 2018 tertanggal 29 Agustus 2018, dan Keppres Nomor: 159/P sampai dengan 162/P tertanggal 4 September 2018.

Pelantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapatkan urutan ketiga.

Pasangan M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) memperoleh suara sah sebanyak 7.226.254 (32,88 persen) mengungguli tiga pasangan lain. Pasangan Rindu itu, diusung empat parpol yaitu Partai NasDem, PPP, PKB, dan Hanura.***

Baca Juga

Jalan Terjal Rindu Menuju Jabar Satu

PASANGAN Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum secara resmi dinobatkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018-2023 oleh Komisi Pemilihan Umum awal Juli lalu.