Terkait Peta Politik, Presiden Joko Widodo Akan Rombak Kabinet

Jokowi-Ma'ruf Amin/REUTERS

JAKARTA, (PR).- Dinamika partai koalisi pemerintahan pada akhir-akhir ini berdampak kepada susunan kabinet Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla. Penggantian menteri sebagai konsekuensi dari perubahan komposisi partai koalisi, kemungkinannya terbuka lebar. 

Sebagaimana diketahui, Partai Amanat Nasional saat ini menjadi partai yang tidak masuk ke dalam koalisi pemerintahan. PAN telah menjadi partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019. Sementara dalam kabinet Jokowi-JK saat ini, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Asman Abnur merupakan representasi PAN dalam koalisi pemerintahan. 

Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno menyatakan kemungkinan besar akan ada perombakan dalam kabinet, khususnya untuk jabatan Menpan-RB, karena perubahan komposisi parpol koalisi itu. Ia menekankan bahwa pertimbangan perombakan kabinet itu merupakan konsekuensi dari perubahan komposisi partai koalisi. 

"Ada kemungkinan itu sebagai konsekuensi dari pencapresan. Koalisi siapa di dalam (kabinet), siapa di luar," katanya di Gedung Kementerian Sekretaris Negara, Selasa 14 Agustus 2018.

Politis

Menurut keterangan Pratikno, perombakan kabinet kali ini lebih didasari oleh pertimbangan politik daripada pertimbangan kinerja. Pratikno menilai, Asman sejauh ini sangat bagus bila dilihat dari sisi kinerja. Presiden Jokowi pun, klaim Pratikno, sangat puas terhadap kinerja Asman selama ini. 

"Jadi, masalahnya adalah koalisi partai. Siapa yang ada di dalam koalisi, siapa yang ada di luar koalisi. Kalau ada pertanyaan kemudian, 'oh apa akan ada reshuffle dalam waktu dekat?', ya mungkin saja. Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," ujarnya.

Meskipun telah ada sinyal reshuffle, namun Pratikno belum bisa memastikan pelaksanaannya. Begitu juga dengan pengganti Asman. Menurutnya, hal itu tergantung kepada Presiden Joko Widodo. "Pak Presidan akan memutuskan secepatnya," ujar dia. ***

You voted 'tidak peduli'.

Baca Juga