20 Kereta Api Tambahan Lebaran Bisa Dipesan Mulai 16 April 2018

Ilustrasi Kereta Api/CANVA

JAKARTA, (PR).- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan 20 kereta api tambahan dengan total 40 perjalanan dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2018. Tiket kereta api tambahan yang memiliki kapasitas 23.752 tempat duduk per hari itu akan serentak dijual mulai 16 April 2018 pukul 00.01 WIB. 

"Bagi masyarakat yang sudah menanti untuk membeli tiket kereta api tambahan Lebaran 2018, silakan bersiap-siap. Kereta tambahan ini akan kami jual mulai 16 April pukul 00.01 WIB," ucap Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat 13 April 2018.

Sebagian besar kereta api tambahan mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Namun, ada beberapa nama kereta api yang beroperasi lebih awal, misalnya Kertajaya Lebaran, Brantas Lebaran, dan Mataram Premium yang sudah mulai dioperasikan mulai 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018.

"Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket kereta api tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI," kata Edi.

Berikut ini daftar kereta api tambahan Lebaran 2018:

1. Argo Lawu Fak, tujuan Gambir - Solo
2. Argo Dwipangga Fak, tujuan Gambir - Solo
3. Taksaka Leb, tujuan Gambir - Yogyakarta
4. Sawunggalih Leb, tujuan Pasarsenen - Kutoarjo
5. Argo Sindoro Leb, tujuan Gambir - Semarang Tawang
6. Argo Muria Leb, tujuan Gambir - Semarang Tawang
7. Gajayana Leb, tujuan Gambir - Malang
8. Sembrani Leb, tujuan Gambir - Surabaya Pasarturi
9. Purwojaya Leb, tujuan Gambir - Cilacap
10. Lodaya Leb, tujuan Bandung - Solo
11. Sancaka Leb, tujuan Yogyakarta - Surabaya Gubeng
12. Tawang Jaya Premium Leb, tujuan Pasarsenen - Semarang Poncol
13. Pasundan Leb, tujuan Kiaracondong - Surabaya Gubeng
14. Kutojaya Utara Tamb, tujuan Pasarsenen - Kutoarjo
15. Kutojaya Selatan Leb, tujuan Kiaracondong - Kutoarjo
16. Matarmaja Leb, tujuan Pasarsenen - Malang
17. Kertajaya Leb, tujuan Pasarsenen - Surabaya Pasarturi
18. Brantas Leb, tujuan Pasarsenen Semarang Poncol - Blitar
19. Taksaka Pagi Leb, tujuan Gambir - Yogyakarta
20. Mataram Premium, tujuan Pasarsenen – Lempuyangan

PT KAI, pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, akan memperbesar kapasitas bandwidth jaringannya dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. 

Di sisi lain, PT KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meningkatkan sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem teknologi informasi serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket kereta api.

Sementara itu, sampai 13 April 2018, dari jumlah total tempat duduk kereta api reguler jarak jauh dan menengah (tidak termasuk kereta api lokal) sebanyak 2.257.904 kursi atau 42,91 persen telah terjual. 

Sehingga, masih banyak tiket kereta api reguler yang masih tersedia dengan berbagi rute dan tanggal tertentu.

"PT KAI akan membuka posko Angkutan Lebaran 2018 selama 22 hari mulai tanggal 5 Juni sampai 26 Juni 2018. Selama masa pembukaan posko tersebut, seluruh pegawai PT KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan," tutur Edi Sukmoro.***

Baca Juga

Kisruh Garuda, Jangan Korbankan Hak Konsumen

JAKARTA, (PR).- Serikat Karyawan (Sekarga) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG) mengancam industrial action terkait dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dinilai tidak memberikan harapan perbaikan bagi kondisi mask

Digitalisasi Sektor Transportasi Terus Berjalan

JAKARTA,(PR).- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, digitalisasi di sektor transportasi harus dapat dimanfaatkan untuk menunjang penerapan kebijakan berbagai isu strategis.

MUI: Masyarakat Harus Selalu Bijak Bermedsos

JAKARTA, (PR).-  Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk lebih bijak dan tabayun dalam menyikapi informasi yang beredar di Media Sosial (medsos).