15 Januari, KPK Panggil Ajudan Setya Novanto

Setya Novanto/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil ajudan Setya Novanto, Reza Pahlevi. Pemanggilan itu sebagai saksi dengan tersangka advokat Fredrich Yunadi dan dokter dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo pada Senin 15 Januari 2018. 

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan pengacara dan mantan dokter Setya Novanto, yakni Fredrich Yunadi dan Bimanesh Sutarjo ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu 10 Januari 2018.

"Penyidik telah menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap saksi Reza Pahlevi yang tidak hadir dalam agenda pemeriksaan 10 Januari 2017 lalu," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Sabtu 13 Januari 2018.

KPK telah menetapkan Fredrich Yunadi --mantan pengacara Setya Novanto-- dan Bimanesh Sutarjo --mantan dokter Setya Novanto-- sebagai tersangka. Keduanya diduga bersekongkol merintangi penyidikan korupsi proyek KTP elektronik dengan tersangka Setya Novanto.

"Surat panggilan telah dibuat dan disampaikan pada yang bersangkutan Selain itu, KPK juga surati Kapolri Up. Kadivpropam Polri untuk meminta bantuan menghadirkan saksi ke KPK pada 15 Januari 2018," ungkap Febri seperti dikutip Antara.

Dicegah ke luar negeri

Untuk diketahui, Reza Pahlevi yang juga anggota Polri dan ajudan Setya Novanto telah dicegah ke luar negeri selama enam bulan ke depan terhitung sejak 8 Desember 2017 untuk penyidikan kasus tersebut.

Reza Pahlevi juga ikut dalam mobil saat peristiwa kecelakaan lalu lintas yang menimpa Setya Novanto pada 16 November 2017.

Fredrich Yunadi dan Bimanesh Sutarjo telah resmi ditahan KPK untuk kepentingan penyidikan selama 20 hari ke depan. Bimanesh Sutarjo terlebih dahulu ditahan sejak Jumat 12 Januari 2018 malam di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Sedangkan Fredrich Yunadi ditahan sejak Sabtu 13 Januari 2018 siang di Rutan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang Rutan KPK.***

Baca Juga

KPK Periksa Tb Hasanuddin Sebagai Saksi Kasus Bakamla

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memeriksa mantan anggota Komisi I DPR Tb Hasanuddin sebagai saksi kasus suap pembahasan dan pengesahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) dalam APBN Perubahan 2016 u

Terlibat Penganiayaan, Kapolri Copot Kapusdikmin Lemdikpol

JAKARTA, (PR).- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mencopot Kombes Polisi Ekotrio Budhiniar dari jabatannya sebagai Kepala Pusat Pendidikan Administrasi Lembaga Pendidikan Polri (Kapusdikmin Lemdikpol) menyusul kasus penganiayaan yang