Pensiun dari Polri, Kepala BIN Budi Gunawan Urus Masjid

Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia/ANTARA
WAKIL Presiden yang juga Ketua DMI Jusuf Kalla (kanan) melantik Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia, Budi Gunawan (kiri), HM Natsir Zubair (kedua kiri) dan Aksa Mahmud, di Jakarta, Jumat,12 Januari 2018. Pengurus hasil muktamar di Asrama Haji pada 10-12 November 2017 tersebut diharapkan dapat menjalankan tujuannya untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.*

NAMA Budi Gunawan atau sering pula disingkat BG, sudah lazim di telinga masyarakat Indonesia. Budi Gunawan yang pernah pula menjadi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) itu sudah pensiun dari kepolisian. Kini, BG yang menjabat Kepala Badan Intelijen Negara ini, ditunjuk menjadi Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) periode 2017-2022.

"Masjid menjadi salah satu tempat untuk mencerdaskan dan membangun kekuatan ekonomi umat," kata Budi saat pelantikan Pimpinan Pengurus DMI periode 2017-2022 di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat, 12 Januari 2018, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Dalam kepengurusan DMI, Budi duduk sebagai Wakil Ketua Majelis Pakar. Budi pun meminta dukungan seluruh rakyat Indonesia agar DMI mampu mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.

Dia juga ingin DMI dioptimalkan untuk meningkatkan keimanan, akhlak mulia, kecerdasan umat, dan tingkat kesejahteraan. Purnawirawan polisi jenderal bintang empat itu menegaskan DMI harus tetap berjalan sesuai jalurnya dan tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis.

BG bertekad DMI membantu kesejahteraan umat dan pemersatu umat di Indonesia. Muktamar DMI membentuk jajaran kepengurusan DMI yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur pada 10-12 November 2017.

Memelihara dengan amanah

Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Pengurus Harian DMI mengukuhkan kepengurusan Dewan Masjid Indonesia periode 2017 - 2022 di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat.

"Masjid di Indonesia merupakan masjid dengan jumlah terbesar di dunia ini, yang tentunya disebabkan oleh jumlah penduduk muslim Indonesia terbanyak di dunia," kata Kalla.

Wapres berpesan kepada para pengurus Dewan Masjid Indonesia untuk memelihara tempat ibadah umat Islam di seluruh Indonesia dengan amanah.

"Selalu saya tekankan bahwa tugas kita ialah memakmurkan dan dimakmurkan oleh masjid. Masjid sebagai tempat ibadah, berdakwah, silaturahim, pendorong ekonomi umat dan pusat pendidikan umat di sekitarnya harus kita jalankan untuk mencapai tujuan amanah itu tadi," katanya.

Dalam kepengurusan DMI yang baru tersebut, Wakil Kepala Polri Brigjen (Pol) Syafruddin bertindak sebagai Wakil Ketua Umum, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Anggota Majelis Pakar. Selain itu, beberapa menteri kabinet kerja juga ikut menjadi pengurus DMI.***

Baca Juga

Gunung Agung Erupsi Lagi, Asap Kelabu Kehitaman

JAKARTA, (PR).- Gunung Agung kembali erupsi, mengeluarkan asap berwarna kelabu kehitaman. Intensitas tebalnya bertekanan sedang dengan tinggi kolom 2.500 meter dari puncak kawah pada 11 Januari 2018 pukul 17.54 WITA.