PSI dan Perindo Lolos Verifikasi Faktual Pemilu 2019

Verifikasi acak sederhana/USEP USMAN NASRULLOH/PR
PETUGAS verifikator KPU dan panitia pengawas Pemilu Kabupaten Bandung dan Kecamatan Soreang mengecek administrasi saat verifikasi faktual anggota partai politik peserta Pemilu 2019 di Kompleks Gading Tutuka 1, Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa 19 Desember 2017. Verifikasi faktual di Kabupaten Bandung dilakukan untuk dua partai politik, Perindo dan PSI, bagi anggotanya secara acak sederhana. Hari kedua verifikasi faktual ditemukan ketidakcocokan data anggota parpol dan atau tidak mendukung partai yang tercantum.*

JAKARTA, (PR).- Dua partai politik baru yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dinyatakan lolos verifikasi faktual pendaftaran calon peserta Pemilu 2019. Keduanya dinyatakan lolos dan memenuhi tiga poin penilaian yakni kepengurusan inti, keterwakilan perempuan, dan penggunaan kantor.

Ketua KPU Arief Budiman menyebut, syarat keterwakilan perempuan PSI sudah memenuhi tapi masih dengan catatan karena KPU masih menunggu satu orang yang tak hadir dalam proses verifikasi. Satu nama yang masih belum diverifikasi adalah Tsamara Amany.

"Karena yang dicantumkan itu kan nama enam orang harusnya kan setara dengan 66% tetapi karena yang satu belum hadir, kami masih menunggu," kata Arief di Jakarta, Rabu 20 Desember 2017.

Adapun untuk Perindo, Arif menyebut keterwakilan perempuan dalam struktur pengurus partai justru melebihi ketentuan, yakni delapan dari 25 pengurus atau 32%. Setelah ini, tim verifikator akan membuat dokumen dan akan disampaikan kepada DPP Perindo dan PSI yang menyatakan verifikasi faktual telah selesai.

"Di DPP memenuhi syarat, nah kita tinggal menunggu di 34 provinsi memenuhi syarat atau tidak," kata dia.

Hary Tanoe bersyukur

Melalui siaran persnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perindo Hary Tanoesoedibjo mengaku bersyukur telah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU. Proses verifikasi di kantor sekretariat DPP Partai Perindo Jalan Abdul Muis, Gambir, Jakarta Pusat, berjalan mulus.

"Para pengurus lengkap hadir, kepengurusan kantor pusat, kemudian keterwakilan 30 persen perempuan, semua berjalan dengan baik dan kami dinyatakan lolos oleh KPU," ujar Hary.

Dia optimistis seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo di seluruh Indonesia bakal lolos proses verifikasi faktual. Perindo telah mempersiapkan proses pemeriksaan oleh KPU tersebut dengan maksimal.

“Pengurus Partai Perindo tidak hanya mempersiapkan sesuai ketentuan saja, bahkan melebihi persyaratan minimum yang ditetapkan. Perindo telah menyiapkan 100% secara serentak hingga kepengurusan tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan, untuk menghadapi verifikasi faktual,” ucapnya.***

Baca Juga

Golkar Tetap Usung Jokowi di Pilpres 2019

JAKARTA, (PR).- Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menegaskan akan tetap mendukung Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019 nanti. Penegasan ini dilakukan seiring pergantian ketua dari Setya Novanto ke Airlangga Hartarto.