Serapan Anggaran Tinggi, Jokowi Puji Empat Daerah Ini

Presiden Joko Widodo/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo menyebutkan daerah-daerah yang penyerapan anggarannya tinggi saat mengumpulkan kepala daerah di Istana Negara, Selasa, 24 Oktober 2017. Tiga daerah di Jawa Barat termasuk ke dalam lima besar yang penyerapan anggarannya tinggi. 

Daerah pertama yang penyerapannya tinggi adalah Kota Pariaman, Sumatera Barat, dimana penyerapan anggarannya mencapai 87 persen. Jokowi saat itu memuji Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman. "Ini berarti kerjanya ngebut," ujarnya. 

Kemudian Jokowi menyebutkan daerah kedua yang penyerapannya tinggi, yakni Kabupaten Tasikmalaya sebesar 76 persen. Lalu diikuti oleh Kabupaten Garut (65 persen), Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (62 persen) dan Kabupaten Ciamis (60,6 persen).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyebutkan masih ada daerah yang penyerapannya masih sangat kecil, yakni di kisaran 10 sampai 13 persen. Namun demikian, Jokowi tidak menyebut nama kabupaten/kotanya. "Tidak usah dibaca. Nanti kaget. Lebih baik saya geleng-geleng sajalah," tuturnya. 

Dana Parkir

Selain itu, Jokowi juga menyebutkan beberapa daerah yang dana kasnya mengendap di bank daerah. Hal itu menandakan uang yang tersimpan di bank tidak terserap dengan baik. 

Jokowi menyebutkan daerah-daerah yang dana kasnya masih terparkir di bank daerah. Beberapa di antaranya, yakni Kabupaten Tangerang (38 persen), Kabupaten Jember (36 persen), Kota Tangerang (32 persen), Kabupaten Sidoarjo (31 persen). 

Terkait dana terparkir ini, Jokowi mengatakan, tak boleh diikuti oleh banyak daerah. Jangan sampai dana yang ditransfer oleh pemerintah pusat itu akhirnya mengendap tidak digunakan apa-apa. Uang, menurutnya, harus berputar di masyarakat agar perekonomian bisa tumbuh. "Kejar dinas-dinas yang tidak menggunakan uang itu," katanya.

Jokowi menambahkan, akan mencari sistem agar uang pemerintah daerah tidak banyak terparkir di bank. "Kita akan cari sistem agar kelihatan dana parkirnya nol terus," tuturnya.***

Baca Juga

Jokowi: Semua TKI Harus Punya Paspor

KUCHING, (PR).- Presiden Joko Widodo bertemu dengan masyarakat Indonesia di Sarawak yang digelar di Stadium Perpaduan, Kuching Sarawak, Malaysia pada Rabu, 22 November 2017.

Dapat Piringan Hitam dari Metallica, Jokowi Lapor KPK

JAKARTA, (PR).- Drumer Metallica Lars Ulrich memberikan cinderamata berupa album Master Of Puppets (MOP) berformat piringan hitam kepada Presiden Joko Widodo. Uniknya, cinderamata itu tidak diserahkan langsung, melainkan melalui perantara Perdana Menteri Denmark Lars Løkke Rasmussen.

Gatot Nurmantyo: Segera Sahkan Usulan Presiden

BOGOR, (PR).- Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengharapkan DPR segera mengesahkan usulan Presiden Joko Widodo mengenai pergantian Panglima TNI. Hal itu agar tidak terjadi dualisme kepemimpinan.