Kemenag Susun Kode Etik Dakwah di Media Elektronik

Ilustrasi dakwah/DOK. PR

BOGOR, (PR).- Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama tengah menyusun kode etik siaran dakwah di media elektronik. 

Direktur Penerangan Agama Islam Khoiruddin berharap, draf kode etik tersebut dapat menjadi panduan bersama dalam berdakwah di media elektronik, sesuai nilai Islam dan prinsip-prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Khoiruddin, kode etik tersebut penting sebagai panduan bersama bagi dai pelaku dakwah, lembaga penyiaran dakwah, dan pembuat konten dakwah yang disiarkan melalui TV, radio, maupun film. 

Kode etik itu setidaknya akan mengatur empat pilar utama yaitu harus memiliki pemahaman (wawasan) tentang Alquran dan hadis, juga harus memiliki wawasan kebangsaan mencakup Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. 

”Sebaliknya, pelaku dakwah tidak diperkenankan berasal dari kelompok paham dan aliran bermasalah. Dai juga  bukan dari golongan penyeru kekerasan yang mengatasnamakan agama dan berideologi yang ingin mengganti asas bernegara,” kata Khoiruddin usai menjadi narasumber penyusunan Kode Etik Siaran Dakwah di Media Elektronik, di Bogor, Kamis 19 Oktober 2017 seperti dilaporkan resmi Kementerian Agama dn dikutip Prfmnews

Khoiruddin menyatakan,  kode etik itu juga mengatur adab berdakwah. Adab yang dimaksud, antara lain harus mampu membaca Alquran dan hadis dengan baik, tidak menafsirkan ayat atau hadis dengan penjelasan yang tidak pantas, serta tidak mengeluarkan kata-kata kotor dan keji. 

Dai tidak menyampaikan materi yang mengandung unsur kebencian kepada kelompok lain, serta tidak bermuatan kebohongan. Dai harus lebih kreatif dalam pengambilan diksi atau kosa kata.***
 

Baca Juga

Setya Novanto Tidak Hadir Lagi di Sidang e-KTP

JAKARTA, (PR).- Ketua DPR Setya Novanto kembali tidak menghadiri persidangan kasus e-KTP. Setya Novanto seharusnya datang sebagai saksi untuk terdakwa pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Begini Kondisi Mobil Setya Novanto yang Menabrak Tiang

JAKARTA, (PR).- Ketua DPR RI Setya Novanto mengalami kecelakaan dan dilarikan ke rumah sakit Permata Hijau setelah mobil yang dikendarainya menabrak tiang listrik di Jalan Permata Berlian, Jakarta, Kamis 16 November 2017 malam.

KPK Datangi Kediaman Setya Novanto

JAKARTA, (PR).- Tim penyidik KPK mendatangi rumah Ketua DPR Setya Novanto di Jalan Wijaya XIII, Jakarta Selatan usai ketidakhadirannya dalam pemeriksaan sebagai tersangka dugaan korupsi e-KTP.