Giring Nidji Daftar Jadi Caleg dari Partai Solidaritas Indonesia

Giring Nidji/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan vokalis Band Nidji, Giring Ganesha akan mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari PSI.

"Betul, hari ini Mas Giring akan mendaftarkan diri sebagai caleg dari PSI," ujar Grace Natalie seperti dilansir dari Kantor Berita Antara di Jakarta, Rabu, 6 September 2017.

Grace mengatakan dengan mendaftarkan diri sebagai caleg PSI otomatis, maka Giring juga menjadi kader dari PSI.

Nantinya saat mendaftarkan diri sebagai caleg di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Giring akan melampirkan kartu keanggotaannya selaku kader PSI. Hal itu sebagai salah satu persyaratan menjadi caleg.

"Otomatis dia jadi kader PSI. Karena ketika mendaftar ke KPU syaratnya kan harus melampirkan kartu anggota partai," jelas Grace.

Sejauh ini, kata Grace, sudah terdapat puluhan orang yang mendaftarkan diri sebagai caleg melalui PSI. Menurut Grace, profil para bakal caleg itu sangat baik.

Tanggung jawab partai politik

Partai politik memang bertugas memastikan kualitas caleg yang diusungnya agar kinerja anggota legislatif terlihat nyata bagi masyarakat. Seperti diberitakan Pikiran Rakyat sebelumnya, 

Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil di Jakarta, mengatakan  pembatasan terhadap artis untuk mencalonkan diri menjadi bakal caleg jelas tidak akan menjawab persoalan. Fadli menjelaskan pertanyaan kualitas anggota DPR selayaknya diajukan kepada partai politik yang mencalonkan. 

Soalnya, kata Fadli, dalam setiap penyelenggaraan pemilu, partai politiklah yang memiliki peran dominan di dalam proses pencalonan anggota legislatif. Dia juga mengatakan persyaratan bagi calon anggota legislatif, juga sudah diatur di dalam UU 8/2012 tentang Pemilu Legislatif.***

Baca Juga