Kecanggihan Pesawat R80 Buatan BJ Habibie

BJ Habibie/ANTARA

Presiden Indonesia ke-3 BJ Habibie kini telah memasuki usia senja, 78 Tahun. Namun di usia senjanya, ia tetap membuat inovasi-inovasi baru di dunia dirgantara. Salah satu inovasinya adalah Pesawat R80, yang ia konsep dan dibuat.

Mantan Menteri Riset dan Teknologi (1978-1998) pada kabinet pembangunan 3 hingga 4 itu, berencana membuat suksesor pesawat N250 produksi IPTN yang sekarang bernama PT Dirgantara Indonesia.

“Saya menyampaikan bahwa Airbus atau Boeing itu bypass rationya 12, makin tinggi bypass ratio makin sedikit konsumsi bahan bakar dan lebih cepat, ini (R80) bypass rationya 40, kami perhitungkan pesawat terbang ini sasarannya lebih sedkit 30 persen (penggunaan bahan bakar),” kata Habibie.

Dikutip dari laman kemenperin.go.id, BJ Habibie mengklaim pesawat ini mampu bersaing dengan boeing 777. Salah satu kelebihan pesawat R80 lebih hemat bahan bakar dan perawatannya terbilang lebih murah.

Produk pesawat dalam negeri, the Regioprope atau R-80 yang digunakan untuk penerbangan antarkota dan pulau. Pemasarannya cukup dari dalam negeri saja, sudah bisa menutup biaya produksi atau break event point (BEP).

 
Berikut adalah fakta-fakta menarik R80: 
 
1.   Pesawat R80 mampu mengangkut 80-90 penumpang. Pesawat ini juga didesain dengan desain kokpit yang modern dan menjamin kenyamanan penumpang selama mengudara.
 
2.   Pesawat R80 ini sepenuhnya di kembangkan oleh anak bangsa Indonesia yang desainnya dikerjakan oleh 50 ahli, termasuk dari PT Dirgantara Indonesia.

3.   Kabarnya akan di terbangkan secara perdana dan sekaligus menjajalnya di bandara baru Majalengka pada tahun 2018 tepatnya di bulan Agustus. Kemungkinan besar di Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat.
 
4.   Sudah ada peminat di pasaran. Terdapat kurang lebih 3 maskapai penerbangan yang sudah menandatangani LOI (Letter of Intent) pembelian pesawat R80. Ketiga maskapai tersebut diantaranya Nam Air(Group Sriwijaya) dan Kalstar Aviation.

Hingga kini harga pesawat R80 belum dipastikan oleh BJ Habibie. (Idris Ramadhan)***

Baca Juga

Amerika Serikat Mulai Beralih ke Tenaga Angin

BANDUNG, (PR).- Terkait dengan komitmen dunia untuk mengurangi emisi gas buang (CO2), pakar jurnalisme lingkungan, Prof Matthew Frank mengatakan, jurnalis punya peranan penting untuk mewujudkan hal tersebut.

MA Kekurangan Hakim Agung

JAKARTA, (PR).- Kekosongan kursi jabatan hakim agung menjadi salah satu fokus pembahasan dalam Rapat Konsultasi antara Komisi III DPR RI dengan Ketua Mahkamah Agung beserta jajaran di Ruang Kusuma Atmaja, Gedung MA, Jakarta, Senin 4 Septem