Obama Sudah Tiga Kali Diundang Jokowi

Berbincang/ANTARA
Presiden Joko WIdodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama (kiri) di beranda Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 30 Juni 2017. Barack Obama memenuhi undangan Presiden Joko Widodo ke Istana Bogor disela liburannya bersama keluarga di Indonesia sejak 23 Juni lalu.

BOGOR, (PR).- Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama setidaknya telah tiga kali menerima undangan dari Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Indonesia. Undangan itu disampaikan Jokowi semasa dan sesudah Obama menjabat sebagai kepala negara AS. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, undangan Presiden Jokowi kepada Obama sudah mulai disampaikan sejak awal 2015. "Undangan berlibur ke Indonesia diulang kembali pada saat Presiden Jokowi berkunjung ke Washington DC Oktober 2015," ucap Retno dilansir dari Biro Pers Setpres, Jumat, 30 Juni 2017. 

Setelah Obama tidak menjabat lagi sebagai presiden, Jokowi lagi-lagi kembali mengundang Obama untuk berlibur ke Indonesia. "Presiden mengirim undangan tertulis kepada Obama untuk berlibur ke Indonesia," ujar Retno.

Sebelum tiba di Jakarta dan bertemu Jokowi di Istana Bogor, Obama terlebih dahulu menghabiskan waktunya di Indonesia dengan mengunjungi Pulau Bali pada tanggal 23-28 Juni 2017, dan Yogyakarta selama tiga hari pada 28-30 Juni 2017.

Esok hari, Sabtu 1 Juli 2017, rencananya Obama akan menjadi pembicara dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4. 

Menikmati jajanan pasar

Sementara itu, Awan mendung yang mengitari Kota Bogor, Jawa Barat, tidak mengurangi kehangatan pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat sore, 30 Juni 2017.

Obama yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru muda dipadukan dengan celana panjang berwarna gelap, tiba di Istana Kepresidenan Bogor pada pukul 15.30 WIB. Kedatangan Obama disambut langsung oleh Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta putra Presiden, Kaesang Pangarep. 

Saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor, Obama terlebih dahulu mengisi buku tamu dan kemudian memasuki ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor untuk kemudian berbincang santai di beranda belakang.

Setelahnya, Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih kemudian mengajak Obama menuju Cafe Grand Garden, yang berjarak sekitar 1 kilometer dari kawasan Istana Bogor dengan menggunakan _golf cart_.

Tiba di Cafe Grand Garden yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor, Presiden Jokowi dan Obama kemudian menikmati hidangan teh dan beragam jajanan pasar, seperti onde-onde, talam ubi, kue mangkok, panada cakalang, dan lemper ayam.

Saat tengah berbincang selama 10 menit, hujan pun turun, sehingga keduanya berpindah ke ruangan balkon cafe. Kali ini, bakso kuah menjadi jamuan yang menemani perbincangan keduanya di tengah hujan yang mengguyur kawasan Bogor.

Setelah berbincang cukup lama, Presiden Jokowi dan Obama pun mengakhiri pertemuan tersebut dengan berfoto bersama dan pada pukul 16.30 WIB, Obama meninggalkan cafe tersebut untuk kembali ke Jakarta dengan berkendaraan mobil.***

Baca Juga

Obama Tiba di Istana Bogor Tanpa Penyambutan Khusus

BOGOR, (PR).- Presiden Amerika ke 44 Barack Obama datang ke Istana Bogor sekitar pukul 15.30 WIB. Tidak ada penyambutan khusus kenegaraan ketika Barack Obama sampai ke Istana Bogor. 

Jokowi Kritik Peraturan Menteri yang Hambat Investasi

JAKARTA, (PR).- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) disinggung Presiden Joko Widodo terkait penerbitan peraturan menteri (Permen) yang menghambat investasi.

Jokowi Akan Tolak Hasil Hak Angket Jika...

JAKARTA, (PR).- Staf Khusus Bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak khawatir sikap pemerintah yang tidak akan intervensi Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi bisa memunculkan citra yang negatif di publik.