Cukai Rokok Diusulkan Dipakai untuk Membantu BPJS Kesehatan

Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Iqbal/SJAFRI ALI/PR

JAKARTA, (PR).- Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Iqbal menilai usulan agar dana cukai rokok digunakan untuk dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang Kesehatan adalah hal wajar karena anggaran BPJS Kesehatan masih mengalami defisit.

“Cukai rokok merupakan salah satu sumber penerimaan negara terbesar dari sektor pajak, dimana pada tahun 2017, targer cukai rokok sebesar Rp 150 triliun, yang dialokasikan untuk belanja termasuk anggaran BPJS Kesehatan ” kata Iqbal dalam pernyataan persnya Senin 20 Maret 2017.

Karena itu, kalau ada usulan dana cukai rokok untuk dana BPJS Kesehatan, menurut Iqbal adalah hal wajar, meski demikian harus tetap melalui mekanisme yang sesuai dengan aturan perundangan dan secara prosedural. “Usulan dana cukai rokok ini merupakan solusi untuk meningkatkan anggran program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang penyelenggaranya adalah BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Di sisi lain, agar anggarannya tidak defisit, Politisi PPP itu mengusulkan BPJS Kesehatan harus memperbanyak kepesertaan mandiri, sehingga dana yang disetorkan peserta mandiri dapat dimanfaatkan untuk membantu peserta tidak mampu atau subsidi silang.

“Kemenkes harus mengedepankan program pencegahan di masyarakat, untuk menekan defisit angggran BPJS Kesehatan,” katanya.***

Baca Juga

Pimpinan DPR Lantik Pengganti Sohibul Iman

JAKARTA, (PR).- Pimpinan DPR RI melantik dua anggota perggantian antar waktu (PAW) periode 2014-2019 di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa 30 Mei 2017.

Rumah Ketua Fraksi PKS Ditembak

JAKARTA, (PR).-Rumah Kediaman Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Jazuli Juwaini ditembak. Rumah Jazuli terletak di Ciputat, Tangerang Selatan. Rumahnya ditembak orang tidak dikenal sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu 3 Mei 2017.

Alasan Fadli Zon Menilai Pembubaran HTI tidak Tepat

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai pembubaran ormas HTI oleh pemerintah tidak tepat. Fadli Zon pun mengungkapkan alasannya pasca menerima kunjungan Pengurus Pusat Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Rabu, 10 Mei 2017.

Rusia Ingin Tingkatkan Investasi Di Indonesia

JAKARTA, (PR).- Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang atau OSO menerima Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin di Gedung MPR/DPD RI Jakarta, Rabu, 3 Mei 2017. Dalam pertemuan tersebut dibahas hubungan dan kerja sama ekonomi Rusia-Indonesia.