Ketua Majelis Syura Arab Saudi Kunjungi Indonesia

Kunjungan ketua majelis syuro Arab Saudi/ANTARA
KETUA DPR Setya Novanto (kanan) bersama Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (kiri) mendampingi Ketua Majelis Syuro Arab Saudi Syeikh Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al-Syeikh (tengah) saat menerima kunjungan bilateral di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Februari 2017. Pertemuan tersebut merupakan kunjungan bilateral antara dua lembaga negara dan tindak lanjut rencana investasi Arab Saudi di Indonesia di bidang pertanian dan infrastruktur maritim.*

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo, Kamis 16 Februari 2017, menerima kunjungan kehormatan Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi, Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan kesiapan pemerintah Indonesia untuk menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, 1 hingga 9 Maret 2017 mendatang.

"Kunjungan ini (merupakan) kunjungan bersejarah setelah terakhir Sri Baginda Raja Faisal ke Indonesia 46 tahun yang lalu," ucap Presiden.

Presiden meyakini bahwa kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Indonesia akan membawa dampak positif bagi kedua negara. Ia pun menyebut hubungan yang akan terjalin ke depannya akan menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Pertemuan dengan Ketua DPR RI juga menjadi agenda lain Ketua Majelis Syura Arab Saudi selama berada di Indonesia. Oleh karena itu, Jokowi berharap pertemuan penting tersebut dapat memperkuat hubungan kedua negara.

"Agar kerja sama antara Dewan Syura Arab Saudi dan DPR RI dapat mendukung hubungan bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia," kata Presiden.

Menanggapi hal tersebut, Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh menyampaikan bahwa kunjungan Raja Salman ke Indonesia menunjukkan perhatian besar Raja Salman kepada Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Meskipun ada berapa sektor yang perlu dimajukan antara dua negara, sesungguhnya hubungan sejarah antara Arab Saudi dan Indonesia akan terus berlanjut. Kunjungan ini juga untuk memperkuat kerja sama antara parlemen Indonesia dan parlemen Arab Saudi, termasuk juga membahas sektor yang potensial untuk dimajukan kedua negara," ucap Abdullah.

Turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M Fachir.***

Baca Juga

Jokowi: Hak Angket KPK Jangan Dibawa-bawa ke Saya

JAKARTA, (PR).- Pansus Hak Angket KPK sebelumnya menginginkan konsultasi dengan Presiden Joko Widodo. Namun demikian, Jokowi menyatakan penolakannya atas permintaan konsultasi tersebut. 

Jokowi: Jika Persoalan K/L Belum Teratasi, Hubungi Saya

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo menegaskan posisinya sebagai pimpinan tertinggi pemerintahan dan militer ketika mengakhiri sambutan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin, 2 Oktober 2017.

Indonesia-Laos Sepakati Kerja Sama Alutsista

BOGOR, (PR).- Kunjungan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith ke Indonesia menghasilkan sejumlah kesepakatan kerja sama. Pemerintah juga menyanggupi penyediaan pesawat dan alutsista untuk Laos. 

Pemerataan Pembangunan Terapkan Prinsip Indonesiasentris

JAKARTA, (PR).- Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla memfokuskan kinerja di tahun ketiganya untuk melakukan pemerataan pembangunan. Yakni melalui prinsip Indonesiasentris, bukan lagi Jawasentris.