Kualitas Beras Bulog Rendah

Endang Srikarti Handayani/SJAFRI ALI/PR

JAKARTA, (PR).- Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani mengungkapkan, kualitas beras yang ada di gudang-gudang Bulog berkualitas rendah. Setiap kali sidak ke Bulog, Endang kerap menemukan beras yang sudah menghitam, bahkan berkutu, kata Anggota F-PG DPR itu , Rabu 11 Januari 2017. Kualitas beras Bulog rendah, karena Bulog sendiri tak mampu membeli beras dengan kualitas tinggi. Akhirnya, ada beras yang mengendap sampai tiga bulan di Gudang, sehingga berubah warna kehitaman dan berkutu,” ucap Endang.

Politisi dari Dapil Jateng V itu, kerap kali sidak sendiri ke Bulog. Terakhir, ia sidak ke Bulog di Boyolali, Endang mengaku miris melihat kualitas beras yang begitu rendah. Dia banyak mengambil sampel beras dari Bulog. Ada yang butirannya sudah pecah, ada pula yang sudah berubah warna.

Bulog membeli gabah petani, sambung Endang, biasanya hanya Rp 3.000-Rp 4.000 per kg. Sementara tengkulak membelinya dari petani bisa Rp 4.100-Rp 4.300 secara tunai. Para tengkulak memberi harga jauh lebih tinggi daripada harga yang dipatok Bulog. Akhirnya, Bulog hanya kebagian gabah dan beras kualitas rendah.

Namun, kini keberadaan BUMDes cukup membantu petani dan masyarakat miskin di pedesaan. Masyarakat sudah tak berharap lagi beras murah dari Bulog. Mereka kini berharap dari BUMDes yang memberi layanan kebutuhan masyarakat dengan baik, termasuk beras dengan kualitas baik.***

Baca Juga

Pameran Keris, Upaya Lestarikan Keris Indonesia

JAKARTA, (PR).-Dewan Perwakilan Rakyat menyelenggarakan Pameran dan Bursa Keris Nasional, bertajuk “Pesona Keris Bali dan Lombok”, di Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta, dari 15 hingga 17 Maret 2017.

DPR Janji Bantu Tenaga Honorer Perawat

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh P Daulay mengatakan akan meneruskan semua aspirasi dan pengaduan yang disampaikan para tenaga honorer perawat yang merasa dianaktirikan pemerintah. Pasalnya mereka tidak diangkat menjadi PNS seperti Bidan PTT.

Percepat Pembahasan, Baleg Bentuk Panja RUU Penyiaran

JAKARTA, (PR).- Badan Legislasi (Baleg) DPR RI membentuk Panja Revisi Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penyiaran. Diharapkan dalam tingkat Panja, pembahasan tidak terlalu lama agar segera di Paripurnakan untuk dibahas bersama Pemerintah.

Ketua DPR Kutuk Aksi Teror di Parlemen Inggris

JAKARTA, (PR).- Ketua DPR Setya Novanto mengutuk aksi teror di kawasan padat wisatawan Jembatan Westminster yang berada pusat kota London, Rabu, 22 Maret 2017 waktu setempat. Data sementara tercatat telah menewaskan 4 orang warga dan melukai sedikitnya 40 orang lainnya.