Indonesia Jadi Negara yang Pertama Dikunjungi, Perdana Menteri Australia Scott Morrison Fokus Kerja Sama Ekonomi

MUHAMMAD ASHARI/PR
PERDANA Menteri Australia Scott Morrison dan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat 31 Agustus 2018.*

BOGOR, (PR).- Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Perdana Menteri Australia Scott Morrison semenjak dilantik pada 24 Agustus 2018 lalu. Australia menganggap Indonesia sebagai mitra yang penting dan berupaya mengembangkan kerjasama di bidang strategis ke depannya. 

Kunjungan kenegaraan Scott Morrison ke Indonesia berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat 31 Agustus 2018. Presiden Joko Widodo menerima Scott seusai salat Jumat atau lebih tepatnya pukul 14.30. Agenda kenegaraan kedua kepala negara saat itu diisi oleh pertemuan bilateral, penandatanganan kerjasama dan pernyataan pers bersama. 

Jokowi mengatakan, Indonesia mendapatkan kehormatan menjadi negara pertama yang dikunjungi PM Scott Morisson. Menurutnya, hal ini dapat dimaknai sebagai komitmen kuat pemerintah baru Australia untuk terus membangun sebuah hubungan yang kuat, saling menghormati dan saling menguntungkan.

"Dalam pertemuan tadi saya juga menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Australia. Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia di kawasan. Australia juga merupakan salah satu mitra penting bagi Asean," tuturnya.

Jokowi mengatakan, dalam pertemuan dengan Scott, dibahas beberapa topik, yakni mengenai peningkatan hubungan Australia-Indonesia dari komprehensif partnership menjadi comprehensive strategic partnership. Selain itu, tentang pentingnya keterbukaan ekonomi dan upaya memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan. 

Ia menambahkan, kedua negara juga  menekankan pentingnya penghormatan hukum internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan masing-masing negara. Indonesia dan Australia juga dikatakannya sepakat bekerjasama di bidang keamanan, termasuk di dalamnya bidang cyber security.

"Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia, termasuk di dalamnya pemberantasan terorisme dan melanjutkan komunikasi mengenai pengembangan konsep indopasifik. Serta mengenai isu Palestina," katanya.

Lngkah besar menciptakan peluang ekonomi

PM Scott Morrison mengatakan, Indonesia merupakan mitra yang penting bagi Australia. Dirinya juga menekankan adanya peningkatan kerjasama di antara kedua negara ke depannya. 

Ia menambahkan, sebelum melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, sempat mengunjungi sebuah sekolah. Kunjungan tersebut dikatakannya mengingatkan akan pentingnya sebuah kerjasama antar kedua negara, utamanya kerjasama di bidang ekonomi. 

"Komitmen kami hari ini dalam meningkatkan kerjasama ekonomi merupakan langkah yang besar bagi kedua negara untuk menciptakan peluang-peluang ekonomi," katanya. 

Menurut dia, suksesnya perekonomian Indonesia, memiliki arti penting bagi Australia dan juga kawasan. "Dan tentu penting bagi perekonomian global karena itu menunjukkan pertumbuhan di berbagai sektor dan kami ingin menjadi bagian dari kesuksesan itu," ujarnya. 

Selain itu, Indonesia dikatakannya menjadi mitra pilihan bila menyangkut persoalan kerjasama di bidang keamanan. Menurutnya, kerjasama dengan Indonesia di bidang itu berperan untuk menciptakan keamanan di kawasan Australia-Indonesia dan juga global. ***

Baca Juga