Kim Jong-un Sebut Pertemuan dengan Donald Trump Gerbang Awal Perdamaian

Pertemuan Bersejarah/REUTERS
PRESIDEN Amerika Serikat dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan sebelum pertemuan bilateral mereka di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018.*

SINGAPURA, (PR).- Pertemuan bersejarah dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah gerbang awal menuju perdamaian. Hal ini diutarakan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat ia untuk pertama kalinya bertemu dengan Trump, Selasa, 12 Juni 2018, di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura.

Hal tersebut diutarakan Kim saat tatap muka pertama dengan Donald Trump, sesaat sebelum memasuki ruang pertemuan bilateral mereka. Seperti dilaporkan Reuters, Kim terdengar positif dengan prospek pertemuan tersebut.

"Kami dapat mengatasi semua skeptisme dan spekulasi terkait KTT ini. Saya percaya pertemuan ini baik untuk perdamaian. Saya percaya ini adalah awal yang baik untuk perdamaian," ujar Kim.

Kim juga terdengar mengatakan kepada Trump melalui penerjemahnya, "Saya pikir seluruh dunia sedang menyaksikan momen ini. Banyak orang di dunia akan menganggap ini sebagai adegan fantasi. Film fiksi ilmiah," tuturnya.

Keduanya duduk bersama dengan latar belakang bendera Korea Utara dan Amerika Serikat. Kim berseri-seri lebar saat Donald Trump memberinya acungan jempol.

Kim Jong-un mengakui akan ada banyak tantangan kedepan yang harus mereka hadapi. Namun ia berjanji untuk bekerja sama dengan Trump.

Sementara itu Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, dengan KTT tersebut ia telah menjalin hubungan baik dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Seperti diketahui, dalam KTT tersebut akan dibahas kemungkinan mengakhiri kebuntuan nuklir di semenanjung Korea.

Reuters melaporkan, jika mereka berhasil membuat terobosan diplomatik, itu akan memberikan perubahan yang langgeng pada lanskap keamanan Asia Timur Laut. Seperti kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon ke Tiongkok pada 1972 silam yang menyebabkan transformasi Tiongkok.

"Sangat bagus. Sangat sangat baik. Pertemuan ini adalah hubungan baik," ujar Trump.

Sebelum bertemu untuk pertama kalinya, baik Trump maupun Kim terlihat tampak serius ketika keluar dari limusin mereka. Namun ketika keduanya bertemu, Trump dan Kim segera tersenyum dan berpelukan satu sama lain sebelum kemudian berjalan menuju perpustakaan di Capella Hotel, tempat mereka mengadakan KTT.***

Baca Juga