Diplomasi Menu Makan Siang Donald Trump dan Kim Jong-un

Pertemuan Bersejarah/REUTERS
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjalan bersama Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un seusai makan siang di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018. Menu makan siang yang dihidangkan pada pertemuan bersejarah tersebut menggabungkan citarasa timur dan barat.*

SINGAPURA, (PR).- Pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sarat akan diplomasi. Termasuk diplomasi dalam menu makan siang yang disantap keduanya pada pertemuan di di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018.

Seperti dilaporkan Reuters, menu makan siang Trump dan Kim menggabungkan cita rasa timur dan barat. Iga Sapi dan babi asam manis menjadi menu utama makan siang kedua kepala negara tersebut.

Gedung Putih merilis menu makan siang. Trump dan Kim akan mengawali makan siang dengan menu pembuka koktail udang dan salad alpukat. Kemudian juga dihidangkan menu khas Asia Tenggara yakni salad mangga hijau dengan saus madu jeruk nipis. Ada juga gurita segar, dan juga Oisen yakni santapan khas korea berupa mentimun isi.

Untuk menu utama, keduanya akan menyantap daging iga sapi yang disajikan dengan kentang dauphinois dan brokoli kukus. Kemudian juga ada daging babi renyah asam manis, serta nasi goreng dengan saus caba 'XO'. Tidak lupa hidangan korea yang disebut 'daegu jorim' yang merupakan ikan kod rebus kedelai dengan lobak dan beragam sayuran khas Asia.

Untuk hidangan penutup, ada beragam pilihan mulai dari cokelat tartlet ganache, es krim vanilla Haagen-Dazs dengan ceri, dan tropezienne yakni kue kering yang diisi krim.

Dalam pertemuan bilateral keduanya, Amerika Serikat menginginkan Korea Utara melucuti senjata nuklir mereka. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menawarkan Kim Jong-un lebih dari perjanjian tahun 2005.

Tetapi masih belum jelas apa yang mungkin diajukan sebagai “keinginan” Pyongyang.​ Dilaporkan, Kim Jong-un akan membahas "mekanisme pengawasan permanen" dengan Presiden Donald Trump.***

Baca Juga

Donald Trump dan Kim Jong-un Ingin Saling Menonjol

SINGAPURA, (PR).- Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat percaya diri saat keduanya bertemu untuk pertama kali, Selasa, 12 Juni 2018.