Pesawat Kargo Kim Jong-Un Bertolak ke Singapura

Mirip Kim Jong-un dan Donald Trump/REUTERS
Howard, seorang warga keturunan Australia-Tiongkok berwajah mirip Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, bertemu dengan Dennis Alan yang berparas mirip Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Keduanya bertemu di Merlion Park, Singapura, 8 Juni 2018 lalu. Kim Jong-un dan Donald Trump dijadwalkan akan bertemu di Singapura.*

SINGAPURA, (PR).- Sebuah pesawat kargo yang pernah digunakan untuk mengiringi kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke China baru-baru ini bertolak meninggalkan Pyongyang. Pesawat kargo diperkirakan menuju Singapura, Minggu, 10 Juni 2018, menjelang pertemuan Kim dan Presiden AS Donald Trump.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri Singapura, Kim juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Senin, 11 Juni 2018.

Sejak menjadi pemimpin tertinggi Korea Utara pada 2011, Kim hanya sekali melakukan perjalanan udara ke luar negeri. Adapun pesawat kargo jenis Ilyushin-76 ikut mendampingi Kim yang terbang dengan pesawat jet pribadi Ilyushin-62M ke Dalian, China pada Mei lalu.

Berdasarkan data penerbangan, pesawat kargo Ilyushin-76 tersebut bertolak meninggalkan Pyongyang pada Minggu pagi dan singgah di Guangzhou, selatan China. Sebelum kemudian melanjutkan perjalanan yang diperkirakan menuju Singapura.

Dilansir Kantor Berita Antara, Surat kabar Singapura Straits Times melaporkan, truk pendingin sudah menunggu di bandara Changi untuk mengangkut muatan di pesawat kargo tersebut.

Pesawat tersebut diyakini memuat bahan makanan dan beberapa mobil mewah untuk mengawal Kim Jong-un selama kunjungan di Singapura.

Pesawat kargo jenis Ilyushin-76 tidak bisa terbang lebih dari 3.000km tanpa mengisi bahan bakar jika mengangkut barang dengan kapasitas penuh. Jarak antara Pyongyang dan Singapura adalah sekitar 4.700km.

Ilyusin-76, yang dirancang untuk mengangkut peralatan berat ke daerah terpencil di era Uni Soviet, memiliki kapasitas angkut satu bus sekolah dan dua kontainer di dalamnya.***

Baca Juga

Donald Trump dan Kim Jong-un Ingin Saling Menonjol

SINGAPURA, (PR).- Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat percaya diri saat keduanya bertemu untuk pertama kali, Selasa, 12 Juni 2018.