Stephen Hawking, Fisikawan Peneliti Lubang Hitam Meninggal Dunia

STEPHEN Hawking.*
Stephen Hawking/REUTERS
STEPHEN Hawking.*

LONDON, (PR).- Stephen Hawking, ilmuwan peletak dasar kosmologi modern, meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Pihak keluarga menyampaikan, Stephen Hawking menghembuskan napas terakhirnya di kediamannya di Cambridge, Inggris. "Kami sangat sedih ayah tercinta kami telah meninggal dunia hari ini. Dia adalah ilmuwan hebat dan pria luar biasa yang pekerjaan dan warisannya akan hidup selama bertahun-tahun," demikian bunyi pernyataan anak-anak Hawking, Lucy, Robert, dan Tim seperti dikutip dari The Guardian, Rabu, 14 Maret 2018.

Bagi keluarga dan rekan-rekannya, Stephen Hawking merupakan sosok yang tekun dan memiliki selera humor yang tinggi. Keberanianya telah mengilhami banyak orang. 

Ia juga pria yang mencintai keluarganya. "Dia pernah berkata, 'Alam semesta tidak akan berarti jika bukan menjadi rumah bagi orang-orang yang Anda cintai.' Kami akan merindukannya selamanya," demikian bunyi pernyataan keluarga. 

Buku dan film

Pria kelahiran 8 Januari 1942 ini dianggap sebagai ilmuwan yang mampu menangkap imajinasi publik dan disenangi oleh orang-orang di seluruh dunia. "Tidak ada yang demikian sejak Albert Einstein," kata Michio Kaku, seorang profesro fisika di Universitas New York City dalam wawancaranya dengan New York Times.

Stephen Hawking menulis buku laris "A Brief History of Time: From the Big Bang to Black Holes" dari kursi rodanya. Buku yang terbit pada 1988 itu telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar. Buku itu pula yang menginspirasi film dokumenter karya Errol Morris.

Kisah hidup Stpehen Hawking sendiri telah difilmkan pada 2014. Film berjudul "The Theory of Everything" itu mendapat sejumlah nominasi di ajang Academy Awards. Bahkan pemeran Hawking, Eddie Redmayne memenangkan Piala Oscar untuk aktor proa terbaik.

Stephen Hawking mengidap sklerosis lateral amyottophic saat menjadi mahasiswa pascasarjana pada 1963. Ia divonis hanya akan bertahan hidup beberapa tahun saja. Penyakit itu membuatnya kehilangan kontrol menggerakkan bagian tubuhnya, Namun penyakit itu tak menyentuh kemampuan mentalnya.***  

Baca Juga

Rusia Menuding Israel Tembakkan Rudal ke Suriah

DAMASKUS, (PR).- Militer Rusia dan Suriah menuding jet tempur Israel melakukan serangan rudal ke pangkalan udara rezim Suriah di sebelah timur kota Homs, Senin 9 April 2018 dini hari. 

Aher Sebut Pengelolaan Sampah dan Limbah di Jabar Bisa Tiru Swedia

MALMO, (PR).- Pada Kunjungan Kerjanya ke Swedia, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) bersama sejumlah delegasi Jawa Barat lainnya berkunjung ke perusahaan pengelolaan sampah Sysav, di Malmo, Skane Region, Senin 26 Maret 2018 siang wa