Zhou Youguang Buat Bahasa Mandarin Lebih Mudah Dipahami

Google Doodle Zhou Youguang

GAMBAR Zhou Youguang terpampang di tampilan Google Doodle hari ini untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-112. Di antara gambar buku-buku, tulisan Gǔgē dibolak-balik dengan penulisannya dalam aksara Tionghoa.

Ahli bahasa yang dikenal dengan "Bapak Pinyin" ini dirayakan Google karena perannya yang besar membuat bahasa Mandarin menjadi lebih mudah dipahami.

Pinyin adalah penggabungan bunyi atau romanisasi aksara dalam bahasa Mandarin. Sedangkan aksara adalah sistem simbol visual pada suatu media yang mengekspresikan suatu bahasa.

Zhou Youguang mengabdikan dirinya selama tiga tahun penuh hanya untuk mengutak-atik aksara Tionghoa. Ini sesuai dengan permintaan pemerintah pada 1955 yang menunjuk Zhou sebagai Kepala Komite Reformasi Bahasa Mandarin. Hasil kerja kerasnya membuat romanisasi aksara-aksara Tionghoa itu dinikmati sejak 1958 hingga sekarang.

Tanpa Zhou Youguang, terjemahan fonetik huruf Tionghoa tidak akan terjadi. Tanpa dia, 'Beijing' akan tetap ditulis 'Peking' dan 'Chungking' akan tetap menjadi 'Chongqing'. Upaya Youguang yang membuat mudah pengucapan bahasa ini membuat karyanya menjadi standar internasional bahasa Mandarin.

Zhou Youguang dan angka buta huruf

Secara signifikan, melek huruf di Tiongkok pun menanjak. Soalnya, ribuan karakter dalam bahasa Mandarin menjadi mudah dipahami dan diucapkan. Hingga kini, anak-anak mempelajari sistem pinyin sebelum mengenal aksaranya.

Bahasa ini juga sudah dapat digunakan dalam sistem teknologi. Berkat Zhou, kini upaya memasukkan karakter pada telefon seluler dan komputer menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya. 

Bukti kecintaan Zhou pada bahasa tidak berhenti sampai di situ. Dia menulis lebih dari 40 buku. Ia bahkan menerjemahkan Encyclopedia Britannica ke dalam bahasa Mandarin.

Sangat tepat jika Zhou Yaoping yang lahir  di Changzhou, Provinsi Jiangsu pada 13 Januari 1906 ini, eksis dengan nama 'Yougang' yang berarti cahaya/terang. Dia menggenapi namanya dengan "membawa terang" pada dunia dan membuat banyak orang melek huruf.***

Baca Juga

Begini Sistem Pinyin Buatan Zhou Youguang

TAK terasa, hampir genap setahun Zhou Youguang meninggalkan kesedihan bagi dunia setelah kepergiannya pada 14 Januari 2017. Ekonom, bankir, sekaligus ahli bahasa ternama asal Tiongkok itu meninggal sehari setelah berulang tahun ke-111.

Zhou Youguang, Musuh Negara yang Penuh Jasa

ZHOU Youguang adalah penyelamat bagi warga Tiongkok berkat penemuannya di bidang linguistik yang disebut Pinyin. Sistem linguistik itu diciptakan guna memudahkan aksara Tionghoa untuk ditulis ke dalam huruf Latin.