Begini Sistem Pinyin Buatan Zhou Youguang

Kaligrafi Tionghoa/BBC

TAK terasa, hampir genap setahun Zhou Youguang meninggalkan kesedihan bagi dunia setelah kepergiannya pada 14 Januari 2017. Ekonom, bankir, sekaligus ahli bahasa ternama asal Tiongkok itu meninggal sehari setelah berulang tahun ke-111.

Ya, 13 Januari 1906 merupakan hari kelahiran sang pencipta sistem aksara Tionghoa yang disederhanakan ke dalam alfabet Romawi. Sistem yang kita kenal sebagai pinyin itulah yang membuat bahasa Mandarin menjadi mudah dipelajari oleh semua orang dari berbagai latar belakang bangsa yang menggunakan huruf latin, termasuk Indonesia.

Jasa Zhou Youguang sangat besar bagi dunia, karena aksara Tionghoa memang tak mudah dipelajari. Seorang anak asli Tiongkok pun membutuhkan pengorbanan yang besar selama berbulan-bulan untuk bisa menguasai karakter-karakter aksara dalam bahasa ibunya itu.

Tingkat kesulitan dalam aksara Tionghoa adalah tidak adanya alfabet seperti tulisan Romawi. Setiap kata dalam bahasa Mandarin diwakili oleh satu, dua, atau tiga gabungan karakter aksara.

Dalam kamus literasinya, ada sekitar 85.000 karakter aksara Tionghoa. Namun, hanya sekitar 7.000 karakter yang bisa dihafal karena memang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Tak hanya menghafal, menulis karakter aksara Tionghoa pun bukan hal sepele seperti yang dibayangkan. Setiap titik, garis, dan entakan saat menggoreskannya harus tepat agar tak mengubah arti.

Bisa dibayangkan bagaimana bisa karakter aksara Tionghoa bisa diterapkan dalam teknologi. Untuk menulis dalam komputer misalnya, ribuan karakter yang harus diletakan pada keyboard. Repot tentunya.

Sistem pinyin buatan Zhou Youguang

Meskipun demikian, terciptanya sistem pinyin ciptaan Zhou Youguang mengubah seketika dilema itu. Menulis karakter aksara Tionghoa di layar komputer kini pun bisa dilakukan dengan keyboard QWERTY yang sudah umum digunakan. Juga sama mudahnya saat digunakan pada telefon seluler zaman sekarang.

Pada dasarnya, sistem pinyin mengkategorikan aksara Tionghoa ke dalam karakter awal yang berdiri sendiri dan karakter akhir berupa gabungan dua atau lebih karakter.

Ada sekitar 23 karakter awal (initial) yang umum dikenal dalam sistem pinyin:

b 波, p 破, m 摸, f 佛, d 大, t 他, n 那, l 拉, g 哥, k 科, h 哈, j 機, q氣, x 西, zh 之, ch 吃, sh 是, r 日, z 子, c 此, s 四, y 意, w 為

Selain itu ada 33 karakter gabungan (final) yang umum dikenal:

a 大, ai 帶, an 單, ang 幫, ao 刀, e 德, ei 給, en 本, eng 風, er 兒, i 一, ia 家, ian 年, iang 良, iao 了, ie 烈, in 林, ing 冰, iong 窮, iu牛, o 佛, ong 東, ou 否, u 不, ua 瓜, uai 怪, uan 管, uang 光, ue決, ui 對, un 均, uo 多, uu/v 旅.***

Baca Juga

Zhou Youguang Buat Bahasa Mandarin Lebih Mudah Dipahami

GAMBAR Zhou Youguang terpampang di tampilan Google Doodle hari ini untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-112. Di antara gambar buku-buku, tulisan Gǔgē dibolak-balik dengan penulisannya dalam aksara Tionghoa.

Zhou Youguang, Musuh Negara yang Penuh Jasa

ZHOU Youguang adalah penyelamat bagi warga Tiongkok berkat penemuannya di bidang linguistik yang disebut Pinyin. Sistem linguistik itu diciptakan guna memudahkan aksara Tionghoa untuk ditulis ke dalam huruf Latin.