Negara Ini Jadi yang Pertama Merayakan Tahun Baru 2018

SUASANA pesta kembang api menghiasi langit kawasan Gedung Sate pada malam pergantian tahun baru 2012-2013  Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (1/1) dini hari.  Ribuan warga berkumpul di Lapangan Gasibu untuk menikmati kemeriahan pergantian tahun terseb
Tahun Baru/Dok. PR

KETIKA sebagian besar penduduk dunia masih menunggu menghabiskan malam tahun baru, Samoa menjadi negara pertama merayakan Tahun Baru 2018.

Samoa, sebuah negara di Kepulauan Pasifik ini menjadi negara pertama yang merayakan kedatangan 2018 seiring datangnya tengah malam di pulau-pulau itu. 

Menariknya, jika berada di Samoa, seseorang bisa berkesempatan merayakan dua kali perayaan tahun baru dalam satu hari. Bagaimana bisa? Dikutip dari The Guardian, dari Samoa, seseorang bisa menempuh perjalanan selama satu jam dengan peswat terbang menuju Samoa Amerika. Pulau ini merupakan wilayah terpisah milik Amerika Serikat yang berada di bagian selatan Samudra Pasifik, tepatnya di timur tenggara Samoa.

Perayaan paling akhir

Jika Samoa menjadi negara yang pertama merayakan Tahun Baru 2018, Samoa Amerika akan menjadi negara yang paling akhir merayakan Tahun Baru 2018. Negara ini baru merayakan malam perganian tahun 12 jam setelah Samoa atau pada jam 11.00 siang waktu London atau pukul 18.00 WIB.

Pada 2011, pejabat di Samoa memutuskan untuk merayakan malam tahun baru di sisi timur tangga internasional ke sisi barat. Mereka memilih menjadi menjadi negara pertama yang merayakan tahun baru ketimbang menjadi yang terakhir. Banyak pengunjung yang berdatangan ke Samoa untuk menjadi orang pertama yang menyaksikan pergantian tahun. 

Tempat-tempat yang paling akhir merayakan tahun baru diantaranya pulau-pulau terpencil di Amerika Serikat seperti Pulau Baker dan Pulau Howland. Pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni. Sementara pulau berpenghuni terakhir yang merayakan tahun baru ialah Samoa Amerika.***

Baca Juga