#KlipingPR Ucapan Natal dan Perayaan Global di Bulan Desember 1974

Pikiran Rakyat Edisi 26 Desember 1974

25 Desember 1974. Perayaan Natal 1974 lebih spesial dari biasanya. Soalnya, Pintu Suci di Gereja St Petrus, Vatikan dibuka. Pintu suci ini dibuka setiap 25 tahun. Momentum tersebut terdokumentasikan dalam Pikiran Rakyat edisi 26 Desember 1974.

Upacara di St Petrus diikuti oleh ribuan umat Katolik dari berbagai belahan dunia. Mereka memenuhi halaman gereja.

Upacara pembersihan gerbang suci dimulai dengan doa yang disampaikan Sri Paus. Sri Paus berdoa dan memohon didatangkannya kedamaian dunia. Isi doa tersebut sesuai dengan tema untuk tahun 1975, yakni tentang perdamaian antara keluarga, masyarakat, dan dunia berdasarkan perdamaian dengan Allah.

Gerbang Suci dibuka tiap 25 tahun sekali sebagai tahun rahmat dan anugerah yang disampaikan ke dunia.

Usai upacara pembersihan Gerbang Suci, Sri Paus Paulus VI berlutut dan berdoa sebelum memasuki altar St Petrus dengan didahului suatu prosesi. Rangkaian perayaan Natal di Vatikan ini juga disiarkan langsung ke seluruh Indonesia oleh stasiun televisi nasional, TVRI.

Ucapan dari 1974

Ucapan selamat merupakan hal kaprah di setiap hari besar. Tak terkecuali dengan perayaan Natal di tahun 1974. Media cetak saat itu ramai menampilkan ucapan-ucapan Natal di lembar demi lembar koran terbitannya. Berikut beberapa di antaranya ucapan Natal yang terbit di Pikiran Rakyat edisi 23 Desember 1974:

Baca Juga