Merayakan Ulang Tahun ke-135 Max Born, Sang Fisikawan Perintis

www.google.com/doodles

GOOGLE merayakan ulang tahun ke-135 Max Born, seorang fisikawan Jerman dan matematikawan yang dianugerahi Hadiah Nobel atas kontribusinya terhadap bidang mekanika kuantum. Max Born menjadi tema Google Doodle hari ini, Senin, 11 Desember 2017.

Mekanika kuantum sendiri adalah salah satu bab fisika yang mempelajari materi pada tingkat yang sangat rinci. Bidang ini mendorong penemuan penting seperti komputer pribadi, laser, dan perangkat pencitraan medis (MRI). Matematika kuantum telah mengubah peta perkembangan teknologi.

Max Born meraih gelar Ph.D di Universitas Göttingen, Jerman. Di sana ia kemudian menjadi profesor fisika teoretis. Ia berkolaborasi dan menjadi mentor beberapa ilmuwan paling terkenal saat itu. 

Born rule berbuah Nobel

Pada tahun 1933 ia terpaksa melarikan diri dari Jerman ke Inggris. Di Inggris, ia menjabat sebagai Profesor Filsafat Alam di Universitas Edinburgh. Ia mengabdi di sana selama hampir dua dekade sampai ia pensiun pada tahun 1954. Pada tahun itu ia kembali ke Göttingen.

Ia mendapat Hadiah Nobel pada 18954 untuk Born Rule, yaitu sebuah teori kuantum yang menggunakan probabilitas matematis untuk memprediksi lokasi partikel gelombang dalam sistem kuantum. Teori sebelumnya mengemukakan, persamaan gelombang merupakan pengukuran yang tepat, yang melibatkan percobaan pengukuran fisik yang rumit. 

Max Born kemudian menemukan, matriks atau susunan angka dengan baris dan kolom dapat menghasilkan hasil yang serupa, bergantung pada prediksi probabilitas. Teori revolusioner ini sekarang memberikan dasar untuk hampir semua prediksi fisika kuantum.

Gambar Max Born dengan gelombangnya yang ada di Google doodle hari ini merupakan karya seniman tamu Kati Szilagyi. Sebuah penghormatan bagi Max Born, sang fisikawan perintis.***

Baca Juga

Puisi Indah Maya Angelou Hiasi Google Hari Ini

SOSOK Dr. Maya Angelou hadir di halaman utama Google, Rabu 4 April 2018 ini. Ia adalah seorang perempuan kulit hitam asal Amerika Serikat penulis cerita, penyair, penulis memoar, hingga aktivis.

5 Fakta Inspiratif dari Sosok Maya Angelou 

MAYA Angelou, sosok yang puisinya hadir di Google Doodle hari ini memiliki kisah kehidupan yang inspiratif.  Lahir Marguerite Johnson pada 4 April 1928, di St. Louis, Missouri. 

Aher Sebut Pengelolaan Sampah dan Limbah di Jabar Bisa Tiru Swedia

MALMO, (PR).- Pada Kunjungan Kerjanya ke Swedia, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) bersama sejumlah delegasi Jawa Barat lainnya berkunjung ke perusahaan pengelolaan sampah Sysav, di Malmo, Skane Region, Senin 26 Maret 2018 siang wa