Selain Fridtjof Nansen, 5 Penjelajah Ini Juga Berambisi Taklukkan Kutub Utara

Jade Hameister penakluk Kutub Utara termuda/NG

MENCAPAI Kutub Utara rupanya jadi obsesi banyak penjelajah. Tak terkecuali ilmuwan, penjelajah, dan pejuang kemanusiaan Fridtjof Nansen.

Nansen yang lahir 10 Oktober 1861 ini berambisi untuk jadi orang pertama yang menginjakkan kakinya di Kutub Utara. Tahun 1893 ia pun mengembangkan taktik yang cukup cerdik dalam membuat kapal. Teknologi inilah yang mempelopori pelayaran melintasi Arktik dan Antartika hingga kini.

Namun siapa orang pertama yang benar-benar mencapai Kutub Utara pertama kali masih menjadi kontroversi di Amerika Serikat. Guiness World Book of Records mencantumkan rekor ini sebagai kontroversi. Antara nama Robert Peary dann Matt Henson, yang mengklaim ke Kutub Utara 6 April 1909 atau Frederick Cook pada 21 April 1908.

Namun inilah beberapa orang dengan ambisi menaklukkan Kutub Utara yang terinspirasi dari Fridtjof Nansen, pria yang ulang tahun ke-156 nya dirayakan Google Doodle hari ini.

1. Sir Wally Herbert

Pria asal Inggris ini mencapai Kutub Utara 6 April 1969 bersama anjing-anjingnya.  Bersama sekelompok anjingnya, ia mengendarai kapal terbuka dengan jarak lebih dari 25.000 mil. Ia melalui daerah-daerah yang tak terjamah sehingga tidak ada makhluk hidup yang menginjakkan kaki di tempat itu sebelumnya.

2. Borge Ousland dan Erling Kagge

Pada tanggal 4 Mei 1990, Børge Ousland dan Erling Kagge mencapai Kutub Utara di atas ski tanpa persediaan. Ousland asal Norwegia, akhirnya berjalan sendirian tanpa alat pendukung di Kutub Utara pada tahun 1994.

3. Avery dan McNair

Pada tahun 2005, Tom Avery (Inggris) dan Matty McNair (Amerika Serikat) meniru perjalanan Peary tahun 1909. Mereka bahkan mengalahkan perjalanan 37 hari Peary. Ini tidak harus membuktikan klaim Peary lebih dapat diandalkan, karena Avery dan McNair diterbangkan dari Kutub, sehingga memungkinkan mereka melakukan perjalanan dengan persediaan seadanya.

4. Jade Hameister

Jade menjadi orang termuda yang menginjakkan kaki dan bermain ski di Kutub Utara. Ia masih 14 tahun. Gadis Australia itu bahkan menamatkan petualangan epiknya, dengan julukan ‘polar hat-trick’. Ia ke Kutub Utara, Kutub Selatan, dan menyeberangi gletser Greenland.

5. Sir David Attenborough

Jika Jade jadi yang termuda, mungkin Sir David jadi yang tertua mencapai Kutub Utara. Perjalanannya ditempuh saat ia berusia 84 tahun untuk syuting program Frozen Planet. BBC melansir penyiarnya itu memiliki ambisi seumur hidup untuk tiba di Kutub Utara. Sebelumnya pria asal Polandia ini juga pernah ke Kutub Selatan.***

Baca Juga

Fridtjof Nansen, "Orang Gila" yang Menyeberangi Kutub Utara

Sepanjang menempuh studi di Bergen pada 1887, Fridtjof Nansen selalu memikirkan proyeknya untuk bisa menyeberangi es di Greenland. Rencananya sungguh berani. Namun bagi banyak orang, itu adalah rencana gila.