Dengan Bantuan Donald Trump, Abbas Siap Bertemu Netanyahu

Perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) dan Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat James Mattis/REUTERS

WASHINGTON, (PR).- Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas menyatakan kesiapannya bertemu Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu kapan saja. Dia siap termasuk jika Netanyahu hadir dalam pertemuan antara dia dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Washington, 3 Mei 2017.

"Saya siap bertemu Netanyahu kapan saja di bawah dukungan dan bantuan Presiden Trump," ujar Abbas seperti dilaporkan Jerusalem Post, Jumat 21 April 2017.

Abbas mengatakan,dia juga terbuka untuk bertemu Benyamin Netanyahu agar proses perdamaian Palestina-Israel yang saat ini buntu bis segera terwujud. Abbas menegaskan Israel harus berkomitmen dengan solusi dua negara jika ingin rekonsiliasi antara Palestina dan Israel tercapai.

"Kami senang pemerintahan AS saat ini mendengar kami langsung dari kami sendiri, bukan dari pihak ketiga. Presiden Trump tahu bahwa kami sangat berkomitmen dengan perdamaian di Timur Tengah yang didasarkan pada solusi dua negara, legitimasi internasional dan inisiatif perdamaian Arab," ujar Abbas.

Dilaporkan BBC sebelumnya, Donald Trump akan menerima pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas, di Gedung Putih pada 3 Mei 2017 saat Abbas berkunjung ke Amerika Serikat.

"Kedua pemimpin akan menggunakan kesempatan itu untuk meneguhkan kembali komitmen mencari solusi atas konflik Israel-Palestina," kata juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer, di Washington, seperti dilaaporkan BBC, Kamis 20 April 2017.

Spicer juga mengatakan kerangka besar pertemuan Trump-Abbas adalah upaya menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah.

Bagi Donald Trump, sejak dia dilantik, kali ini akan menjadi pertemuan pertamanya dengan Mahmoud Abbas setelah sebelumnya dijalin kontak antara pejabat-pejabat senior Amerika dan Abbas.***

Baca Juga