Setelah Temui Jokowi, Mike Pence Akan Kunjungi Masjid Istiqlal

Tiba di Bandara Halim/ANTARA FOTO
WAKIL Presiden Amerika Serikat (AS) Michael R. Pence (kiri) melambaikan tangan saat tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 19 April 2017 malam. Agenda utama kunjungan perdana Michael R. Pence ke Indonesia yaitu berkaitan dengan kepentingan Indonesia dan Amerika Serikat di bidang ekonomi dan politik.*

JAKARTA, (PR).- Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Pence tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu 19 April 2017 malam pukul 23.30 WIB. Mike Pence akan bertemu Presiden Joko Widodo dan mengunjungi Masjid Istiqlal Kamis 20 April 2017.

Ia didampingi istrinya Karen Pence dan dua putrinya, tiba menggunakan pesawat kepresidenan United States Of America bernomor 80002.

Pence disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Hadir pula Duta Besar RI untuk AS Bowo Leksono dan Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan dalam penyambutan tersebut.

Mike Pence bertolak dari Jepang pada Rabu, setelah mengakhiri kunjungannya di Tokyo pada pukul 17.45 waktu setempat.

Dalam kunjungannya di Indonesia, Mike Pence dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Kemudian ke pertemuan bilateral dengan Wapres Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, 20 April 2017.

Selanjutnya, Mike Pence akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan melakukan dialog dengan pemuka lintas agama.

Dari Masjid Istiqlal, Mike Pence akan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN dalam rangkaian peringatan 40 tahun hubungan AS-ASEAN.

Pada Jumat , 21 April 2017 Wapres Jusuf Kalla dan Mike Pence dijadwalkan menyaksikan penandatanganan MoU tersebut, setelah membuka dan memberikan sambutan dalam Pertemuan Bisnis AS-Indonesia di Hotel Shangrila, Jakarta.

Apa agenda penting Mike Pence di Indonesia? Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, masalah stabilitas kawasan Semenanjung Korea akan dibahas oleh Pemerintah Indonesia dan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Pence.

"Tentu mengenai itu isunya masih terbuka, pertemuan belum dimulai, tapi kita bisa prediksi dalam pertemuan Presiden dan Mike Pence. Selain masalah bilateral juga akan bicara soal isi-isu kawasan dan internasional uang menjadi kepentingan bersama," kata Retno.

Menlu Retno menjelaskan bahwa fokus kunjungan Pence ke Indonesia adalah penguatan kerja sama bilateral strategis, antara lain bidang ekonomi, energi dan pendidikan.

"Kita sudah punya kemitraan strategis antara AS dan Indonesia yang menuntun kerja sama dalam konteks bilateral, ada beberapa pilar prioritas," kata dia seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.***

Baca Juga

Aher Tawarkan Peluang Investasi ke Rusia

GUBERNUR Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memimpin delegasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam lawatan kerja ke Rusia untuk memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia.

Xinjiang Diguncang Gempa Setelah Sichuan

MAKAU, (PR).- Wilayah otonomi khusus Xinjiang, Tiongkok, diguncang gempa bumi berkekuatan 6,6 pada skala Richter, Rabu, 9 Agustus 2017 pagi waktu setempat.