Ini Daftar Tebing Karst yang Runtuh Akibat Tambang di Tiongkok

Penambangan batu kapur masih terus berlangsung di wilayah Karst Citatah, Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 27 Juni 2016.*/DEDEN IMAN/PR

RENCANA penambangan kawasan karst di Rembang, Pati, Blora, dan Grobogan oleh PT Semen Indonesia menuai protes dari berbagai kalangan. Petani, aktivis, dan simpatisan melakukan aksi cor kaki di depan Istana Negara sejak Senin, 13 Maret 2017. Lalu, apakah yang dimaksud dengan kawasan karst yang menjadi sumber konflik kedua belah pihak? Inilah ulasan tentang kawasan karst.

Kawasan karst adalah sebuah dataran yang terbentuk dari batuan gamping dan sedimen seperti limestone dan dolomite, batuan semacam ini adalah jenis batuan yang rapuh dan dapat hancur dengan mudah. Adapun ciri dari kawasan ini antara lain berupa cekungan-cekungan, terdapat bukit-bukit kecil, terdapat sungai di bawah permukaan tanah, adanya endapan batuan sedimen berwarna merah hasil pelapukan batu gamping.

Kawasan ini banyak mengandung akuifer atau sumber persediaan air yang melimpah, hingga di kawasan ini dapat dijumpai sungai yang mengalir di bawah tanah. Sungai bawah tanah ini menjadi pemasok persediaan air tanah bagi kawasan sekitarnya. Persediaan air tanah dari karst ini dapat digunakan untuk kelangsungan hidup manusia, baik keperluan sehari-hari, pertanian, maupun perkebunan.

Menurut karstwater.org, terhitung lebih dari 25 persen populasi dunia hidup di kawasan karst atau setidaknya mendapatkan sumber air dari akuifer kawasan itu. Amerika Serikat mendapatkan suplai air minum sebesar empat puluh persen dari kawasan karst.

Gongyu Li dan Wanfang Zhou peneliti teknologi batu bara membuat penelitian tentang dampak pertambangan yang dilakukan di kawasan karst di Tiongkok Utara. Mengutip Newton pada penelitiannya mereka menjelaskan adanya dua jenis keruntuhan pada runtuhnya sebuah struktur, yakni cover collapses dan rock collapses. Sepanjang sejarah yang tercatat dalam penelitian, cover collapses adalah jenis keruntuhan dengan frekuensi paling banyak terjadi, hal ini disebabkan oleh aktivitas manusia. Cover collapses akan berujung pada terjadinya lubang runtuhan atau sinkhole.

Salah satu tragedi runtuhnya karst terbesar terjadi di pertambangan Fangezhuang tahun 1984. Akibat runtuhnya bantalan pada karst, ketinggian air naik setinggi 27 meter diatas permukaan laut, dan menggenangi seluruh areal tambang seluas 21 hektare. Dampak serius yang muncul akibat kejadian ini meliputi kekeringan sumur bagi masyarakat sekitar, air bawah tanah yang terkontaminasi, dan bermunculan lubang-lubang runtuhan baru.

Berikut daftar runtuhnya kawasan karst akibat aktivitas pertambangan di Tiongkok Utara dalam rentang tahun 1965 – 2003:

1.      Pertambangan Tongyie, Anyuang tahun 1965

2.      Pertambangan Lifeng, Jiaozuo, tahun 1967

3.      Pertambangan Faghezuang, Kailuan tahun 1978, 1983, dan 1984

4.      Pertambangan Huoxian tahun 1967, dan 1984

5.      Pertambangan Wucun, Huixian tahun 1999

6.      Pertambangan Dongpang, Xingtai tahun 2003 (Fikri Arigi)***

Baca Juga

Donald Trump: Korea Utara di Ambang Bahaya Besar

BEIJING, (PR).- Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba di Tiongkok, Rabu 8 November 2017 setelah memberi peringatan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahwa senjata nuklir tidak membuat negaranya lebih aman.

Indonesia Tidak Mengakui Kemerdekaan Catalunya

JAKARTA, (PR).- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan tidak mengakui kemerdekaan Katalnia dan tidak mendukung pemisahan Catalunya dari Spanyol.

Madrid Resmi Ambil Kendali Pemerintahan Catalunya di Barcelona

MADRID, (PR).- Pemerintah Spanyol secara resmi mengambil alih kendali pemerintahan daerah Catalunya, Sabtu 28 Oktober 2017. Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy memegang kekuasaan atas fungsi-fungsi kepresidenan di Catalunya.