Empat Otak Pembunuhan Kim Jong-nam Jadi Buronan

Awak media berkumpul di luar Rumah Sakit Umum Kuala Lumpur, Malaysia tempat jenazah Kim Jong-nam diautopsi 17 Februari2017/REUTERS

KUALA LUMPUR, (PR).- Otoritas kepolisian Malaysia masih terus menginvestigasi kasus pembunuhan Kim Jong-nam (46), kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un. Lima hari usai kematian Kim Jong-nam, sejumlah fakta mulai terungkap.

Seperti dilaporkan The Star Malaysia, Jumat 17 Februari 2017, ada dugaan bahwa tiga tersangka yang telah ditangkap pada Rabu dan Kamis lalu, bukan pelaku sebenarnya. Tersangka pertama, Doan Thi Huong (28), perempuan berpaspor Vietnam dan tersangka kedua asal Indonesia, Siti Aisyah (25), kemungkinan dikelabui otak pembunuhan tersebut. Hal itu terungkap dari hasil wawancara aparat setempat dan hasil rekaman CCTV di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA 2).

Hasil investigasi sementara menunjukkan ada empat pria yang diduga otak pembunuhan tersebut. Mereka saat ini masih diburu aparat Malaysia.

Keterkaitan keempat pria itu dengan kasus Kim Jong-nam terdeteksi saat polisi memeriksa hasil rekaman CCTV di KLIA 2 tanggal 12 Februari dan 13 Februari.

Dalam rekaman tersebut, tampak bahwa sehari sebelum Kim Jong-nam dibunuh dengan racun ricin, keempat pria beserta dua wanita asal Vietnam dan Indonesia, tampak sedang bermain semprotan air di dekat terminal salah satu maskapai berbujet murah di KLIA 2. Kekasih Siti, Muhammad Farid (26), asal Malaysia, tak ada di lokasi pembunuhan saat insiden itu terjadi. Dia ditangkap karena mengantarkan Siti ke salah satu hotel di Kuala Lumpur usai insiden itu terjadi.

Laporan The Star menyebutkan bahwa dalam rekaman tersebut tampak enam orang, termasuk dua perempuan yang saat ini ditahan. Mereka tampak bermain-main sambil saling menyemprotkan cairan.

Polisi menduga, keempat pria tersebut sedang memilih lokasi yang dinilai tepat untuk menyerang Kim Jong-nam di terminal keberangkatan maskapa berbujet murah.

Kim Jong-nam diserang pada 13 Februari 2017 saat dia hendak melakukan check in lewat mesin otomatis yang disediakan maskapai tersebut. Akhirnya dia meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Selain dari rekaman CCTV, dugaan polisi bahwa empat pria yang kini buronan tersebut adalah otak pembunuhan didapat setelah mewawancarai perempuan Vietnam dan Indonesia. Tersangka pertama yang berasal dari Vietnam dan saat kejadian memakai kaus bertuliskan "LOL" tersebut mengaku kepada polisi bahwa dia ditipu empat pria untuk mengerjai Kim Jong-nam yang saat itu dia pun tak tahu kalau korban adalah Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un.

Doan juga tak mengira aksinya itu adalah hal yang sangat berbahaya karena merupakan pembunuhan. Doan mengira yang dilakukannya dalah bagian dari lelucon.***

Baca Juga

Korea Utara Akhirnya Luncurkan Rudal Melewati Jepang

TOKYO, (PR).- Korea Utara telah meluncurkan rudal melewati teritori udara Jepang. Rudal tersebut diluncurkan pada Selasa 29 Agustus 2017 dan terbang melewati pulau Hokkaido sebelum meledak di lautan.