Percakapan di Facebook Messenger bisa Dibaca Orang Lain

Ilustrasi/reuters

BRUSSELS, (PR).- Peretas menemukan cacat yang memungkinkan siapa saja melihat tautan pribadi yang dikirim menggunakan aplikasi Facebook Messenger

Anda mungkin mengira pesan pribadi yang dikirim melalui Facebook Messenger aman dari siapa pun. Namun, hal itu terbantahkan.

Seorang peretas baru-baru ini menyatakan, pesan yang secara pribadi dikirim melalui aplikasi Facebook Messenger dapat dilihat oleh siapa saja melalui tautan percsakapan Anda.

Meski metode ini membutuhkan skrip kode komputer yang reltif sulit, namun tergolong mudah untuk dilakukan dengan memakai suatu aplikasi.

Hal ini menjadi kekurangan dalam aplikasi Facebook Messenger yang ditemukan peretas ramah di Belgia bernama Inti De Ceukelaire. Ia menggambarkan cara kerjanya dalam satu artikel di sebuah laman

Setiap kali Anda mengirim tautan ke halaman web di Facebook, jika itu adalah tautan yang pertama kalinya Anda bagi dari sebuah laman, ketika tautan tersebut diklik, akan disimpan menggunakan sesuatu yang dinamakan ‘crawler' dan hal itu memang sudah dijelaskan pada halaman pengembang Facebook.

“Ketika pertama kali seseorang berbagi tautan, crawler Facebook akan mengikis HTML pada URL yang mengumpulkan cache dan menampilkan info tentang konten di Facebook seperti judul, deskripsi, dan gambar thumbnail, "kata De menjelaskan seperti dilaporkann dailymail, 30 Juni 2016.

Ketika tautan tersebut dibuka lagi, dibutuhkan informasi yang sama dari database Facebok. Database inilah yang bisa dibobol menggunakan aplikasi. (Tito Rohmatulloh)***

Baca Juga

Tiga Demonstran Iran Tewas di Penjara

TEHERAN, (PR).- Lembaga HAM PBB dan juga aktivis HAM di Iran khawatir dengan kondisi ribuan warga Iran yang ditahan, usai otoritas setempat menangkap massal para pemrotes selama demonstrasi terbesar di negara tersebut sejak 2009.

400.000 Anak di Yaman Kurang Gizi Akibat Perang

SANAA, (PR).- Perang saudara di Yaman telah membunuh atau melukai lebih dari 5.000 anak-anak dan membuat 400.000 lainnya kekurangan gizi dan berjuang untuk hidup mereka.