30 Persen Populasi Cina tak Bisa Bahasa Mandarin

BEIJING, (PRLM).-Pemerintah Cina saat ini mengalami masalah terkait dengan penggunaan bahasa Mandarin sebagai bahasa nasional. Ternyata, hasil survei terbaru yang dilakukan Kementrian Pendidikan Cina seperti dikutip laman globalpost.com, Minggu (8/9/13), menunjukkan kalau 30 persen dari total populasi Cina, tak bisa bercakap dalam bahasa Mandarin yang merupakan bahasa resmi di negara tersebut.

Ini artinya, dari jumlah populasi Cina sebanyak 1,3 miliar jiwa itu, 400 juta diantaranya tak bisa berbahasa Mandarin. Pejabat Kementerian Pendidikan Cina Xu Mei kepada wartawan mengatakan, temuan itu sangat memprihatinkan karena bisa memicu disintegrasi.

Apalagi etnis Cina itu sangat beragam. Dilaporkan, terdapat ribuan bahasa daerah di negara itu sehingg akeberadaan bahasa Mandarin sebagai bahasa persatuan sangat penting. (A-133/A-89)***

Baca Juga

Runtuhnya Era Mi Instan di Tiongkok

MI instan telah lama menjadi salah satu makanan favorit di Tiongkok. Mudah dibuat dan murah, selain itu juga bisa disantap sebagai kudapan ringan, atau pilihan terbaik saat lapar.