Kolomnis

  • T Bachtiar

    Anggota Masyarakat Geografi Indonesia dan Kelompok Riset Cekungan Bandung
  • Mencatat Ingatan

    SESEORANG dapat menulis tentang peristiwa yang dirasakannya, dipikirkan, dilihat, dan didengarnya. Pembaca catatan itu dapat membandingkan keadaan tempat pada masa lalu dengan keadaan pada masa kini. Demikian juga kebiasaan dalam setiap peristiwa, kemungkinan ada yang sudah berubah, bahkan mungkin ada yang sudah ditinggalkan, atau melanjutkan tradisi masa lalu dengan pengembangan yang lebih baik. Seperti tentang makanan, karena di dalam makanan itu terekam begitu banyak kenangan lezatnya masakan ibu.

  • Sempur

    PADA tahun 1970-1980-an, batu sempur pernah naik daun. Pecahan-pecahan tipis batu sempur sekitar 10x15 cm, banyak dijadikan pelapis dinding depan rumah. Di beberapa negara, batu sempur yang utuh banyak dijadikan tiang-tiang rumah bergaya alami. Batu sempur yang berkualitas batu mulia, dapat menjadi hiasan dan beragam aksesori. Ketika batu akik meledak penggemarnya, batu akik dari batu sempur hitam, menunjukkan kelasnya, sehingga harganya pada saat itu terus melesat.

  • Kampus Sebagai Taman Hutan Kecil

    KEINGINAN untuk hidup nyaman, untuk menghirup udara segar, tidak terbakar matahari, tidak terkena bencana, dapat menikmati keindahan, pastilah masih ada dalam hati warga Cekungan Bandung

  • Picung Membuat Mabuk Kepayang

    KALAU ada orang yang sedang jatuh cinta, tergila-gila karena cinta, sampai terasa pening, sering disebut sedang mabuk kepayang. Lalu apa hubungannya dengan nama sungai di Bandung, Ci Kapayang, dan nama kawasan di sana?

  • Cijawura Bukan Berasal dari Cijawara

    PEMUDA berpakain hitam hitam, dengan ikat kepala batik warna gading, berapi-api menceritakan tentang asa-usul nama geografi. Sesi tanya-jawab ini lebih memaparkan pengetahuannya tentang asa-usul nama geografi Cijawura di Kota Bandung. Menurutnya, nama Cijawura, berasal dari kata jawara, karena pada masa lalu, di sana ada tokoh ahli usik, ahli silat, yang menjadi guru silat yang melahirkan banyak murid di sana.

  • Jatinangor

    PADA tahun 1841, di Jatinangor dibuka perkebunan teh Cultuur Ondernemingen van Maatschappij Baud yang dipimpin seorang administratur W.A. Baron Baud. Tuan Baud bertangan dingin, ia sukses membuka 14 perkebunan teh lainnya seperti di Pamegatan, Garut Selatan. Dikemudian hari perkebunan teh di Jatinagor ini diubah menjadi perkebunan karet, dan saat ini menjadi kampus perguruan tinggi yang dibangun tidak dengan imaji-imaji.

  • Balubur dan Kopi

    PARA bupati dan para kepala pribumi di setiap kabupaten, dengan segala kekuasaannya, mempunyai kekuatan untuk memerintah bawahan dan penduduk yang berada di wilayahnya untuk membuka lahan yang akan menjadi milik Bupati dan para kepala pribumi. Letak lahan yang sangat luas itu dicari yang tidak terlalu jauh dari ibu kota kabupaten dan rumah kediamannya. Lahan itulah yang disebut balubur, yang digarap dalam bentuk kerja paksa, atau bahasa halusnya kerja pengabdian.

  • Berkuda ke Gunung Tambora

    LETUSAN Gunung Tambora kekuatannya 7 dari 8 Volcanic Explosivity Index (VEI), setara dengan 171.000 kali bom atom Hirosima–Nagasaki, atau 4 kali lebih besar dari letusan Gunung Krakatau 1883. Ledakannya terdengar seperti suara meriam sampai di Padang, Sumatra Barat, terdengar jelas di Pulau Bangka, dan gempa buminya terasa di Surabaya.

  • Pulau Gunung Api Ternate

    PULAU Ternate adalah Gunung Gamalama. Pulau penghasil cengkih ini identik dengan gunung yang menjadi titik pusatnya. Gunung api yang sudah puluhan kali meletus, melelerkan lava, dan menyemburkan abu dan pasir, menyusun perlapisan yang saling bertumpuk antara batu pejal dan lahar yang membentuk lereng dan tubuh gunung. Begitu keluar dari Bandar Udara Sultan Babullah, akan langsung dihadapkan pada potongan batu pejal yang terpotong. Sekelilingnya tubuh gunung ini dilapisi material letusan gunung api.

  • 35 Tahun Letusan Galunggung

    ANTARA 5 April 1982 hingga Januari 1983 Gunung Galunggung meletus. Abu gunung apinya melayang ke udara. Sejak itu dunia penerbangan menaruh perhatian pada abu gunung api yang melayang-layang di udara. Abu letusan gunung api dari Galunggung telah menyebabkan pesawat British Airways nomor penerbangan 9 dengan pilot Kapten Eric Moody, pada 24 Juni 1982 terbang dari Inggris menuju Australia. Pesawat Boeing 747-200 yang membawa 263 penumpang itu menembus abu Gunung Galunggung di ketinggian 11.000 meter. 

  • 40 Tahun Jantera

    JANTERA itu tumbuh di lingkungan terkecil, di ceruk terdalam dari lembaga Pendidikan Tinggi. Organisasi mahasiswa pencinta alam di Departemen Geografi IKIP Bandung ini dibentuk dan dikukuhkan pada tahun 1977 di puncak Gunung Tangkubanparahu, gunung yang banyak menginspirasi warga kota Bandung. Departemen Geografi sebelum tahun 1977 merupakan departemen yang tidak populer di kalangan siswa SMA/MA, sehingga mereka tidak memilih Geografi pada saat melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

  • Pulosari

    JANGAN keliru menulis nama tempat yang berlaku di suatu daerah, sebab artinya bisa jauh berbeda. Di Jawa Barat, kata palasari berbeda artinya dengan kata pulosari. Kata pulosari dibentuk dari dua kata, yaitu pulo yang berarti pulau, dan sari yang berarti indah atau bunga. Jadi, nama geografi Pulosari bermakna pulau yang indah atau pulau yang berbunga.